VACANCY ANNOUNCEMENT
PROJECT ASSISTANT
Latar Belakang
Jawa Tengah merupakan provinsi
yang memiliki jumlah penduduk miskin terbesar ke-3 di Indonesia. Pada satu
sisi, di Jawa Tengah juga menjadi provinsi dengan tingkat upah minimum regional
(UMR) terendah ke-2 di Indonesia setelah DI Yogyakarta. Dengan tingkat UMR yang
rendah, Jawa Tengah sangat menarik bagi para investor industri padat karya,
khususnya garmen, untuk berinvestasi di Jawa Tengah. Jumlah
investasi besar yang masuk tentu saja membawa konsekuensi pada permintaan atau
kebutuhan tenaga kerja yang besar. Namun ironisnya, di Jawa Tengah masih
memiliki tingkat pengangguran dan kemiskinan yang relatif tinggi. Kondisi ini
terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah adanya kesenjangan (gap)
antara kebutuhan/permintaan tenaga kerja dari industri dengan kualitas
ketrampilan kerja yang dihasilkan dari lulusan sekolah vokasi dan lembaga
pelatihan kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri
SINERGI (Strengthening
Coordination for Inclusive Workforce Development in Indonesia) merupakan sebuah proyek yang didanai oleh USAID yang
dilakukan oleh Konsorsium yang terdiri dari Rajawali Foundation (RF) dan Pusat
Transformasi Kebijakan Publik Indonesia (TRANSFORMASI). SINERGI bertujuan untuk
memperkuat koordinasi pembangunan ketenagakerjaan inklusif melalui pelibatan
pemerintah daerah, perusahaan, lembaga pendidikan dan
pemuda guna mempersiapkan kaum muda dari
golongan ekonomi kurang mampu dan rentan di Jawa Tengah untuk
mendapatkan pekerjaan yang lebih baik..
Untuk mendukung proyek SINERGI tersebut, Transformasi
membutuhkan seorang Project Assistant. Posisi ini akan bertempat di Semarang.
Tugas
Pokok Project Assistant adalah:
1.
Mengkompilasi data dan informasi yang terkait dengan
monitoring dan evaluasi;
2.
Mempersiapkan data berkualitas yang terkait dengan
pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V Youth) dan
ketenenagakerjaan inklusif berdasarkan tools
yang telah disediakan;
3.
Memberikan dukungan teknis kepada Youth Specialist sesuai dengan tugas yang diberikan
Rincian Tugas dan Tanggung Jawab:
·
Merekapitulasi dan mengkompilasi data dan informasi
yang terkait dengan monitoring dan evaluasi yang meliputi:
-
Rekapitulasi dan kompiliasi data seluruh peserta
kegiatan SINERGI;
-
Rekapitulasi dan kompilasi data pemuda dari kalangan
kurang mampu & rentan (P&V Youth) yang menjadi penerima manfaat
SINERGI;
-
Rekapitulasi dan kompilasi data Instansi Pemerintah,
Lembaga Pelatihan dan Perusahaan Swasta yang bekerjasama dalam kegiatan
SINERGI;
-
Rekapitulasi dan kompilasi hasil Pre dan Post test
dari seluruh kegiatan pelatihan yang dilakukan SINERGI;
·
Rekapitulasi dan tabulasi data baseline dan endline survey;
·
Membantu pekerjaan Monitoring dan Evaluasi selain
management data, terlibat dalam seperti; survey, assessment, rapat, pembuatan
laporan, event organizer dan pekerjaan-pekerjaan teknis lainya sesuai dengan
tugas yang diberikan.
·
Menjalankan fungsi dan memberikan dukungan
administratif di kegiatan-kegiatan yang melibatkan pemuda dari kalangan kurang
mampu & rentan (P&V Youth)- Perusahaan – Lembaga Pelatihan dan Pemuda
Rentan sebagaimana penugasan yang diberikan oleh Youth Specialist.
·
Melakukan koordinasi dengan
Monev Specialist terkait metode, tools,
teknis kegiatan pengumpulan data, serta pengolahan data;
·
Melakukan koordinasi dengan Youth Specialist dalam
mendukung pelaksanaan kegiatan SINERGI yang terkait dengan kegiatan-kegiatan
yang ditujukan bagi pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V
Youth).
·
Melakukan verifikasi dan
validasi data monitoring dan evaluasi kepada staff SINERGI;
·
Melakukan verifikasi dan
validasi data secara langsung kepada sumber data dengan terlebih dahulu
berkoordinasi kepada Monev Specialist, Youth Specialist dan Staff SINERGI
lainnya.
Output
yang diharapkan:
§ Memberikan update data monitoring dan evaluasi secara berkala (bulanan
dan kuartal) kepada Monev Specialist berdasarkan tools yang telah disediakan;
§ Memberikan laporan hasil kegiatan bulanan kepada Monev Specialist dan
Youth Specialist..
Kualifikasi dan kompetensi:
§ Berpendidikan D3/S1 atau
sederajat, dari disiplin ilmu sosial, ekonomi, humaniora, dan bidang keilmuan
lainnya yang relevan;
§ Menguasai Microsoft Office, khususnya Ms. Excel dan memahami
fungsi-fungsi pengolahan data (sort, filter dan tabel pivot);
§ Bersedia untuk melaksanakan kunjungan ke lokasi-lokasi proyek bila
diperlukan untuk memantau pelaksanaan proyek dan menyediakan laporan hasil
monitoring dan evaluasi secara tepat waktu;
§ Dapat beradaptasi di lingkungan kerja multi kultur dan bekerjasama
dengan tim;
§ Bersedia untuk bekerja dibawah tekanan dan sesuai dengan tenggat waktu
yang telah ditetapkan;
§ Memiliki kecakapan berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia secara baik dan lancar;
§ Memiliki kemampuan menulis
laporan kegiatan.
Silahkan kirimkan lamaran dan CV Anda ke hr@transformasi.org dengan subyek: Project Assistant, sebelum 29 April 2019.
Hanya kandidat terbaik yang akan dihubungi.
No comments:
Post a Comment