Wednesday, June 17, 2015

Lowongan Deputy of Finance & Operation ICCTF - Jakarta

Latar Belakang:
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan mendirikan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) pada  tahun 2009 untuk menarik, memfasilitasi dan mengkoordinasikan pendanaan kegiatan penanganan perubahan iklim di Indonesia. ICCTF, yang telah beroperasi sejak tahun 2010, merupakan mekanisme finansial terintegrasi pertama untuk pelaksanaan kebijakan dan program nasional terkait perubahan iklim.
Untuk mengakomodasi perannya yang terus berkembang, ICCTF saat ini akan merekrut seorang eksekutif senior dengan latar belakang di bidang keuangan dan/atau perubahan iklim, energy dan lingkungan untuk memimpin Sekretariat ICCTF, sebagai Deputy of Finance & Operation.  Deputy of Finance & Operation akan bertanggung jawab pada pengelolaan dan pengembangan organisasi ICCTF sebagai Lembaga Wali Amanat Nasional.
 
Tugas dan Pekerjaan:
Deputy of Finance & Operation akan membantu Executive Director dalam hal:
1.       Bidang Keuangan:
a.        Membantu untuk mengembangkan dan mengelola rencana kerja dan anggaran Sekretariat ICCTF untuk mendapatkan persetujuan MWA ICCTF;
b.        Memonitor pelaksanaan keuangan anggaran ICCTF dalam kaitannya dengan pengeluaran aktual, menganalisa dan memonitor kualitas dan kinerja dari kegiatan yang sedang berjalan, serta mempersiapkan dan menyampaikan laporan keuangan dan kinerja tepat waktu kepada Executive Director ICCTF;
c.         Berperan sebagai penasihat teknis utama kepada Executive Director dan pimpinan senior di pertemuan dengan anggota MWA mengenai anggaran, alokasi anggaran dan masalah pengelolaan keuangan ICCTF;
d.        Mewakili ICCTF dalam menjalin hubungan dengan Bappenas dan lembaga-lembaga yang lain mengenai pendanaan, kebutuhan sumber daya, laporan keuangan resmi, dan sistem keuangan
e.        Menganalisa komponen akuntansi, keuangan dan administrasi program, termasuk berbagai dana petty cash dan keuangan kantor, akuntansi dan kegiatan administrasi;
f.         Menerapkan kebutuhan tahunan untuk laporan keuangan yang telah diaudit dengan mempersiapkan anggaran tahunan;
2.       Operasional
a.        Mengelola dan meningkatkan efektivitas, efisiensi dan koordinasi layanan pendukung (sumber daya manusia, teknologi informasi, administrasi, pengadaan dan keuangan) dan memastikan komunikasi karyawan yang efektif melalui rapat staf, komunikasi tertulis, dll;
b.        Memastikan bahwa semua tugas Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan untuk merekrut, pemutusan hubungan kerja atau mengubah status karyawan, penggajian dan juga tugas-tugas bidang SDM lain dapat terpenuhi dan memastikan bahwa dokumen yang diperlukan diselesaikan pada waktu yang tepat;
c.        Mengkoordinasi dan memonitor kegiatan pengadaan dan tender yang diperlukan, dan memastikan bahwa peraturan diikuti dengan ketat.
d.        Memastikan bahwa system Teknologi Informasi dalam penanganan website, internet, intranet, dan ERP berjalan dengan baik.
e.        Memastikan bahwa seluruh asset ICCTF dapa tterdata dengan baik, dengan adanya laporan inventori yang akurat.
f.         Memastikan bahwa segala proses dalam Bidang Administrasi seperti pengaturan logistik, tiket pesawat, akomodasi meeting, voucher taxi, penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK) dan sebagainya berjalan dengan baik
 
Pembiayaan dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan: Pembiayaan untuk pengadaan 1 (satu) orang sebagai Deputy of Finance & Operation Sekretariat ICCTF akan dibiayai melalui dana Rupiah Murni yang bersumber dari Anggaran Kementerian Negara PPN/Bappenas Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp. 198.000.000 (Seratus Sembilan Puluh Delapan Juta Rupiah) selama 6 (enam) bulan termasuk pajak. Sedangkan pelaksanaan kegiatan Deputy of Finance & Operation pada Sekretariat ICCTF di mulai dari tanggal  01 Juli 2015 sampai dengan 31 Desember 2015.
 
Persyaratan Deputy of Finance & Operation:
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional dalam pengelolaan keuangan dan operasional, manajemen proyek, pengembangan kapasitas, dan pengembangan organisasi.
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Master (S2) di Bidang Akuntansi, Keuangan Negara, atau Bisnis Administrasi. Diutamakan memiliki Sertifikasi Akuntan Publik (Certified Public Accountant - CPA).
Pengalaman:
-          Mempunyai pengalaman minimal 7 tahun yang relevan di tingkat nasional maupun internasional dalam memberikan jasa manajemen keuangan dan/atau mengelola staf dan operasional sistem, dan minimal 2 tahun dalam kapasitas yang sama.
-          Mempunyai pengalaman membuat report system for board dan donors (multi donor/bilateral/agency)
-          Mempunyai pengalaman dalam membentuk dan memimpin tim yang beragam dengan program kerja dari berbagai sektor.
-          Mempunyai keahlian untuk membangun, memimpin dan mengelola organisasi strategis dalam konteks nasional dan membimbing operasional harian.
-          Mempunyai keahlian dalam memberikan konsultasi mengenai pengelolaan keuangan organisasi pembangunan dan proses audit.
-          Mempunyai pengalaman bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan di negara berkembang, negara dengan pendapatan-menengah dan negara maju.
-          Mempunyai rekam jejak yang kuat atas pengelolaan akuntabel sumber keuangan di tingkat senior, diutamakan dalam konteks keuangan pembangunan.
-          Dapat bekerja sama baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim, dapat mengelola dengan baik dan bekerja dengan rekan kerja dari berbagai latar belakang budaya dan kebangsaan.
-          Memiliki pengetahuan tentang sistem Keuangan Pemerintah Indonesia, diutamakan menguasai sistem Keuangan Negara.
-          Memiliki perhatian pada detail dan dapat bekerja di bawah tekanan.
Persyaratan Bahasa:
-          Mempunyai kemampuan yang baik dalam  Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
Persyaratan Administrasi:
-          Warga Negara Indonesia
-          Mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
-          Mempunyai Bukti Lapor SPT

Bagi kandidat yang berminat silahkan mengirimkan CV dan surat lamaran ke vacancy@icctf.or.id paling lambat tanggal 22 Juni 2015.

No comments:

Post a Comment