Sunday, July 2, 2023

LOWONGAN KERJA: KOORDINATOR LAPANGAN JABAR & JATIM - Power to Youth

REKRUTMEN KOORDINATOR LAPANGAN

Satu (1) Posisi di Jawa Barat

Satu (1) Posisi di Jawa Timur


Posisi

:

Dua Staf Lapangan - Paruh Waktu

  1. Jawa Barat

  2. Jawa Timur

Melapor pada

:

Project Officer di Jakarta

Tempat kerja

:

Jawa Barat (Bandung, untuk koordinasi ke Garut dan Cianjur)

Jawa Timur (Jember, untuk koordinasi ke Jember dan Bondowoso)


Jangka Waktu Kerja

:

1 Agustus – 31 Desember 2023, dan kesempatan perpanjangan tergantung dari hasil evaluasi kinerja


Bahasa

:

Indonesia dan Bahasa daerah setempat



LATAR BELAKANG


Rutgers Indonesia adalah sebuah organisasi yang berbasis di Indonesia dan berafiliasi dengan Rutgers di Utrecht, Belanda. Kami bekerja sama dengan mitra implementasi, penelitian, dan advokasi di berbagai provinsi di Indonesia untuk meningkatkan kesehatan seksual dan reproduksi serta penerimaan terhadap hak-hak seksual, kesetaraan gender, dan pencegahan kekerasan berbasis gender (KBGS). Rutgers Indonesia menyediakan manajemen hibah, jaminan dan kontrol mutu, serta memberikan dukungan teknis kepada mitra organisasi kami dalam melaksanakan program-programnya. 


Salah satu program yang sedang dilaksanakan oleh Rutgers Indonesia saat ini adalah Power to You(th). Power to You(th) merupakan program lima tahunan yang percaya bahwa perubahan dimulai dari komunitas. Untuk mewujudkan perubahan tersebut, konsorsium Power to You(th) berupaya memperkuat organisasi masyarakat sipil untuk memberdayakan dan meningkatkan suara dari remaja perempuan dan perempuan muda (RPPM). Tujuan program ini secara keseluruhan adalah untuk memberikan kontribusi kepada lebih banyak remaja perempuan dan perempuan muda dari komunitas yang kurang terlayani yang secara bermakna dilibatkan dalam pengambilan keputusan mengenai praktik berbahaya, KBGS, dan kehamilan yang tidak diinginkan.


Power to You(th) akan melibatkan remaja berusia antara 12 – 24 tahun dari komunitas yang kurang terlayani sebagai kelompok sasaran. Tujuan di atas hanya akan tercapai jika ruang sipil, termasuk aktor sosial, negara, dan media, dapat diberdayakan.


Program Power to You(th) memiliki visi agar remaja perempuan dan perempuan muda dari komunitas yang kurang terlayani mampu membuat pilihan-pilihan berdasarkan informasi yang diberikan, menyadari seksualitas mereka, dan bebas dari praktik- praktik berbahaya di masyarakat yang adil gender dan bebas kekerasan. Program Power to You(th) diimplementasikan di tujuh  negara yaitu Ethiopia, Ghana, Kenya, Malawi, Senegal, Uganda, termasuk Indonesia dengan dukungan koordinasi dan berbagai advokasi yang dilakukan di Belanda serta skala global.


Rutgers Indonesia sedang mencari kandidat untuk posisi Koordinator Lapangan guna memberikan dukungan penting kepada tim program Power to Youth. Peran Koordinator Lapangan adalah membantu tim dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kegiatan program, serta memberikan dukungan di lapangan guna memastikan kelancaran operasional program. 


Tanggung Jawab: 

  • Mengawasi dan mengontrol pelaksanaan program oleh mitra pelaksana di daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. 

  • Memastikan adanya koordinasi yang efektif antara semua pihak terkait, dan menjaga dinamika positif dalam kerja sama. 

  • Menjaga komunikasi yang baik dengan mitra pelaksana dan memberikan bantuan yang diperlukan dalam pengelolaan program, keuangan, dan administrasi. 

  • Membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. 

  • Melakukan koordinasi erat dengan tim Power to You(th) di kantor Jakarta, mengelola konflik yang muncul, dan melaporkannya kepada tim Power to You(th) jika diperlukan. 

  • Mendukung kegiatan kantor Rutgers di Jakarta, yang dilaksanakan di provinsi dan kabupaten, serta memastikan sinergi antara mitra pelaksana dan tim Power to You(th) di Jakarta.

  • Menyusun laporan kemajuan secara berkala dan memperbarui laporan tersebut untuk disampaikan atau dikomunikasikan kepada pihak terkait. 

  • Mengidentifikasi peluang kolaborasi dengan organisasi dan lembaga lain di wilayah kerja untuk meningkatkan efektivitas program. 

  • Memantau dan mengevaluasi implementasi program di tingkat lapangan, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang relevan. 

  • Mengkoordinasikan pelatihan dan pembinaan bagi mitra pelaksana di daerah, serta memastikan pemahaman yang baik tentang tujuan dan metodologi program.


Persyaratan:

  • Gelar sarjana di bidang ilmu sosial, kesejahteraan sosial, Kesehatan masyarakat atau bidang terkait lainnya.

  • Minimal 5 (lima) tahun pengalaman bekerja dengan pemerintah daerah dan LSM dalam konteks kesehatan seksual dan reproduksi serta kekerasan berbasis gender.

  • Pengalaman dalam pengelolaan program, termasuk pengelolaan keuangan dan administrasi.

  • Pernah bekerja dan/atau terlibat dalam isu-isu kesehatan seksual dan reproduksi serta kekerasan berbasis gender baik dalam kehidupan profesional maupun masyarakat.

  • Kemampuan komunikasi verbal, tertulis, dan interpersonal yang sangat baik.

  • Keterampilan manajemen waktu dan organisasi yang baik.

  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dengan inisiatif yang tinggi.

  • Mahir dalam penggunaan Microsoft Office dan aplikasi komputer terkait lainnya.

  • Memiliki pemahaman yang baik tentang konteks sosial, budaya, dan politik di Jawa Barat dan Jawa Timur.

  • Kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa daerah setempat yang baik, baik secara lisan maupun tulisan.

  • Kemampuan dalam melakukan analisis situasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang efektif.

  • Memiliki sikap yang inklusif, sensitif terhadap isu-isu gender, dan komitmen terhadap kesetaraan gender.


Ketentuan Kerja:

Posisi ini diutamakan untuk pelamar yang bertempat tinggal di Bandung dan di Jember. Posisi tersebut adalah pekerjaan paruh waktu dengan maksimum kerja sebanyak 32 jam per minggu. Posisi ini berbasis di Bandung (Jawa Barat) dan Jember (Jawa Timur) serta beberapa kali diperlukan berkoordinasi dengan mitra pelaksana dan stakeholder untuk kegiatan di tingkat provinsi dan kabupaten (Garut dan Cianjur serta Jember dan Bondowoso). 


Cara menyampaikan minat :

Silakan kirimkan CV dan surat motivasi Anda ke Rutgers Indonesia: recruitment@rutgers.id dengan judul email FC_PTY_Jawa Barat dan judul email FC_PTY_Jawa Timur. CV paling akhir diterima tanggal 14 Juli 2023, pukul 17.00 WIB.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi, dan kami berkomitmen untuk menanggapi dalam waktu lima hari dari batas waktu pengiriman. Jika Anda tidak mendengar kabar dari kami dalam jangka waktu ini, Anda dapat menganggap aplikasi Anda tidak berhasil pada kesempatan ini.


Rutgers Indonesia gives equal opportunity employment regardless of gender, sexual orientation and religion, as well as cares for child protection rights

No comments:

Post a Comment