Tuesday, August 29, 2017

Konsultan MONEV - KEMITRAAN

Kerangka Acuan
Konsultan untuk Evaluasi Dampak Proyek Kemitraan Periode 2012-2016


Latar Belakang
Kemitraan baru saja menyelesaikan periode pelaksanaan rencana strategis 5 tahunannya (Renstra 2012-2016). Selama periode renstra tersebut  Kemitraan telah mengawal pelaksanaan 55 proyek dengan total nilai proyek sekitar US$50 juta. 55 proyek ini terbagi dalam 7 kluster program prioritas Renstra, yaitu (1) Democratic State Governance, (2) Decentralisation, Bureaucratic Reform and Public Service Governance, (3) Human Rights, Justice and Anti Corruption, (4) Civil Society Empowerment (and Open Governance), (5) Poverty Eradication and Economic Governance, (6) Sustainable Environment Governance, dan (7) Private Sector Governance.

Selama pelaksanaan proyek-proyek di atas, Kemitraan melalui unit PME (Planning, Monitoring & Evaluation) telah melakukan kegiatan-kegiatan M&E dalam rangka pengawalan capaian-capaian setiap proyek. Namun demikian sangat penting dilakukan evaluasi dampak secara komprehensif untuk dapat memetakan tingkat kemanfaatan maupun dampak dari capaian-capaian proyek pada level kelembagaan Kemitraan, yaitu tingkat pengaruh pada perubahan kebijakan sampai terjadinya perubahan yang berdampak positif pada masyarakat sesuai dengan visi dan misi Kemitraan.
Pada akhir tahun 2016, Kemitraan telah menyusun rencana strategis (renstra) untuk periode selanjutnya, yaitu 2017-2021. Untuk memastikan efektivitas pelaksanaan Renstra 2017-2021, maka evaluasi dampak menjadi sangat urgen untuk mendapatkan data yang komprehensif yang berupa praktik-prakti yang baik maupun pembelajaran yang digunakan sebagai dasar menyusun pendekatan pelaksanaan intervensi selanjutnya yang lebih efektif.
Tujuan Evaluasi
·         Memetakan dampak intervensi dan mengukur tingkat pengaruh maupun kontribusinya kepada perubahan kebijakan maupun tingkat kemanfaatannya pada kelompok target (penerima manfaat).
·         Mengidentifikasi pembelajaran-pembelajaran terkait efektivitas capaian/hasil dari mitra maupun kelompok target, baik yang bersifat kelemahan maupun kekuatan, sebagai acuan bagi perbaikan pendekatan maupun strategi pelaksanaan proyek/program ke depan.
·         Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat tercapainya dampak intervensi maupun keberlanjutannya paska program/proyek

Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan adalah laporan analisis evaluasi dampak yang komprehensif yang meliputi rekomendasi yang dapat secara kongkrit dituangkan dalam pelaksanaan Renstra 2017-2021.
Cakupan Evaluasi & Metodologi
Dari 55 proyek yang berjalan selama tahun 2012-2016, maka terdapat 43 proyek yang berakhir pada tahun 2016 sementara 12 proyek lainnya merupakan proyek-proyek yang masih berjalan hingga tahun 2017. Demikian cakupan evaluasi adalah proyek-proyek yang berjalan maupun berakhir pada kurun waktu 2012-2016. Pengumpulan data diharapkan mencakup sampel terdapat di beberapa wilayah yang mewakili Indonesia bagian Timur, Tengah dan Barat.
Evaluasi dampak ini diharapkan mengunakan data gabungan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data kuantitatif dapat dilakukan melalui survei maupun studi dokumen sekunder antara lain berupa data-data statistik maupun angka. Sementara data kualitatif dapat dikumpulkan melalui in-depth interview dan FGD. Metode gabungan ini merupakan bagian dari proses triangulasi agar dapat memperoleh data secara akurat dan reliable.
Untuk melakukan evaluasi dampak ini, Kemitraan bermaksud merekrut Konsultan. Konsultan terpilih akan mengusulkan kerangka metodologi maupun metode-metode pengumpulan data dan kemudian disepakati secara bersama oleh Unit PME serta melakukan pengumpulan data sampai dengan menghasilkan laporan. Cakupan kerja Konsultan secara detil dijelaskan di bawah ini.
Cakupan Kerja Konsultan
·         Konsultan membangun kerangka metodologi evaluasi dampak dan instrumen berdasarkan desk review dan diskusi intensif dengan Unit PME.
·         Konsultan mengusulkan sampel wilayah dan daftar responden melalui metode pengumpulan data tertentu dan disepakati oleh Unit PME.
·         Konsultan melakukan pengumpulan data lapangan sesuai dengan instrumen dan sampel yang telah disetujui oleh Unit PME.
·         Konsultan mengusulkan dan membangun kerangka analisa dan format laporan.
Durasi Pekerjaan: 4 bulan (September-Desember 2017)


Keluaran dan Waktu:
No.
Tahap Kegiatan
Jumlah Hari Kerja
Tahapan Keluaran
Tenggat Waktu
1.
Desk review dan diskusi dengan Unit PME
10 hari
Draf kerangka evaluasi dan instrumen
Sept, Minggu II
Final kerangka evaluasi dan instrumen serta sampel wilayah dan daftar responden yang disepakati
Sept, Minggu IV

Pengumpulan Data Lapangan
25 hari
Format data entry
Oktober, Minggu I
Kompilasi data
Oktober, Minggu IV
3.
Penulisan hasil
10 hari
Kerangka analisa dan format laporan
November, Minggu II
Draf laporan
Desember, Minggu I
Final laporan
Desember, Minggu III

Kompetensi Konsultan
Lembaga/Konsultan
§ Berpengalaman melakukan survey, monitoring dan evaluasi dampak program pembangunan.
§ Penguasaan yang baik terhadap berbagai metodologi penelitian
§ Memiliki kemampuan analisa yang baik
§ Memiliki pengalaman bekerja dengan institusi pemerintah, perguruan tinggi, dan Civil Society Organization.
§ Memahami isu tata kelola pemerintahan dan pengurangan kemiskinan.
§ Memiliki kemampuan komunikasi multi budaya yang baik.
§ Mampu bekerja mandiri dalam tekanan situasi dan mampu bekerja multi-task serta berorientasi pada hasil.
§ Mampu mengoperasikan Microsoft Program.



Kualifikasi Konsultan
Pendidikan team leader    :    Master degree untuk bidang yang relevan
Pengalaman                      :     Minimal 10 tahun di bidang penelitian dan minimal 5 tahun, monitoring dan evaluasi.
Ketrampilan khusus           :    Kemampuan menulis, mengkaji, menganalisa, mengedit laporan, dan mempresentasikan hasil kajian.
Lain-lain                          :    Memahami konteks sosial tata kelola pemerintahan daerah dan nasional, pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan.

Secara umum lokasi serta Proyek yang dilaksanakan oleh KEMITRAAN dalam kurun waktu 2012 – 2016 adalah sebagai berikut:
1.       Aceh (Prorep dan LEAD/Sekolah Demokrasi, SIAP-2, LGBTI, P3BM)
2.       Jakarta/Nasional (IKAT-1, P3BM, LEAD TIRI, RTR&RTR-C, Promoting Integrity and Legal Transparency in the Indonesian Maritime Sector-BSR, Support to the Anti Corruption Movement-MSI)
3.       Papua (Support for the Implementation of Local Election in Papua, IGI, PNPM-WB, P3BM)
4.       Gunung Kidul & DIY (LEAD BALANCE, P3BM)
5.       Sulawesi Tengah (IGI, CEWER, FGP-II, CBFM 1 & 2014-2016, PNPM-WB)
6.       KLATEN (SIAP-2, FlegT-VPA, Multi-Stakeholder Forestry Programme 3/MFP3-Oxford Management Ltd. Asia)
7.       NTB (FGP-II, CBFM-I, FlegT-VPA, P3BM}
8.       KALIMANTAN TENGAH (FlegT-VPA, Univ of Colorado-Governor's Climate and Forests Task Force, UNDP-Green Village REDD+, CLUA-2 atau CLUA-3)

Perkiraan lokasi pengambilan data kualitatif melalui in-depth interview dan FGD adalah sebagai berikut:
a)    Jakarta/Nasional : FGD dilakukan dengan para pemangku di tingkat nasional, terdiri dari unsur Kementerian/Lembagaan pemerintah, CSO/mitra di tingkat Nasional dan Asosiasi/ penerima manfaat di tingkat pusat;
b)   Klaten (Jawa Tengah) FGD dilakukan dengan para pemangku di daerah (Palu dan sekitarnya), terdiri dari unsur dinas/Lembagaan pemerintah di daerah, CSO/mitra dan asosisasi.penerima manfaat di tingkat daerah;
c)    Palu (Sulawesi Tengah) FGD dilakukan dengan para pemangku di daerah (Palu dan sekitarnya), terdiri dari unsur dinas/Lembagaan pemerintah di daerah, CSO/mitra dan asosisasi.penerima manfaat di tingkat daerah;
d)   Papua FGD dilakukan dengan para pemangku di daerah (Papua dan sekitarnya), terdiri dari unsur dinas/Lembagaan pemerintah di daerah, CSO/mitra dan asosisasi.penerima manfaat di tingkat daerah;
Sedangkan perkiraan jumlah hari pengambilan data dimasing-masing daerah adalah 4 hari, termasuk dengan waktu perjalanan.  Jumlah peserta kegiatan FGD beserta fasilitatornya adalah 15 orang dimasing-masing lokasi FGD.
 
Proposal/lamaran beserta dokumen pendukung dapat dikirimkan ke recruitment@kemitraan.or.id paling lambat 5 September 2017.

No comments:

Post a Comment