Thursday, May 11, 2023

Call For Proposal Yayasan WWF Indonesia - Pembuatan Aplikasi Ecological Footprint

 

Latar Belakang Pembuatan Aplikasi

Kegiatan manusia sehari-hari sedikit banyak memberikan dampak pada alam sekitar. Mulai dari penggunaan air kita sehari-hari, cara kita bepergian dari satu tempat ke tempat lain, makanan yang kita konsumsi, semuanya berkontribusi memberikan emisi dan jejak karbon/ekologis pada lingkungan sekitar kita. Hal tersebut menjadi perhatian bagi WWF-Indonesia yang didukung oleh HSBC Indonesia untuk berkolaborasi memberikan edukasi pada masyarakat luas, termasuk juga karyawan dan pemangku kepentingan HSBC Indonesia) dengan membuat sebuah aplikasi ‘Ecological Footprint Apps’.

Melalui aplikasi ini diharapkan para penggunanya dapat mengetahui seberapa besar jejak ekologis yang dihasilkan dari aktivitas kehidupan kita sehari-hari, sehingga setiap individu dapat langsung memantau dan meminimalisir dampak negatif pada alam sekitar kita.

Aplikasi ini juga diharapkan akan menjadi embrio bagi Aplikasi Learning Hub yang sedang direncanakan lebih lanjut oleh WWF-Indonesia. 

Output

  1. Pencatatan berupa kalkulator digital untuk perhitungan air.
  2. Tautan mengenai API menuju general carbon app untuk perhitungan karbon.
  3. Design UI/UX adaptive dan Customer-centric
  4. Pemeliharaan dan maintenance aplikasi selama waktu yang ditentukan
  5. Tersedianya design architecture aplikasi yang dapat digunakan untuk pengembangan learning Hub dan fungsi lainnya di kemudian hari


Ruang Lingkup Pembuatan Aplikasi

Ada pun informasi yang harus ada dalam aplikasi ini antara lain:

  • Pencatatan digital dengan mengisi kuisioner penggunaan air harian dan hasil perhitungan
  • Menghubungkan Apps dengan general carbon app untuk perhitungan karbon
  • Menghubungkan Apps dengan website WWF-Indonesia untuk menginformasikan artikel dari kegiatan yang telah dilakukan, dengan menampilkan banner/image pada apps.
  • Banner yang menghubungkan ke artikel di wesbite berupa kegiatan kerja sama antara HSBC Indonesia dengan WWF-Indonesia.
  • Banner dukungan kepada WWF-Indonesia, di mana terdapat informasi kontribusi lebih dari setiap pengguna apps untuk bergabung program ‘membership’. 


Kualifikasi Calon Penyedia Jasa 
Untuk memperoleh hasil yang diharapkan dan sesuai dengan tahapan kegiatan maka dibagi menjadi kelompok kerja (tim), yaitu: 
1. Tim Teknis Perancangan 
2. Tim Teknis Pemrograman 
3. Tim Evaluasi 

Adapun uraian tugas sebagai berikut: 
  1. Tenaga Ketua Tim (Team Leader)/ Ahli Sistem Informasi bertugas memimpin tim, bertanggung jawab atas koordinasi tim serta integrator sistem meliputi aplikasi dan jaringan computer sebanyak 1 orang minimal S1 dengan bidang Sistem Informasi/ Teknik Informatika/ Ilmu Komputer dan berpengalaman minimal 3 tahun. 
  2. Tenaga Ahli Sistem Analis bertugas sebagai perancang desain input, desain proses serta desain output dan rancangan database sebanyak 1 orang dengan background pendidikan S1 Teknologi Informatika/ Sistem Informasi/ Ilmu Komputer berpengalaman dalam software engineering minimal 2 tahun. 
  3. Tenaga Ahli Database Desainer bertugas sebagai perancang database sistem sebanyak 1 orang dengan background pendidikan S1 Teknologi Informatika/ Sistem Informasi/ Ilmu Komputer berpengalaman dalam database design dengan DBMS maupun RDBMS minimal 2 tahun. 
  4. Tenaga Ahli Programmer/ Application Development bertugas sebagai penerjemah rancangan ke dalam script/coding bahasa pemrograman sebanyak 1 orang dengan background Pendidikan S1 Teknik Informatika berpengalaman minimal 3 tahun dan menguasai minimal salah satu bahasa pemrograman berbasis web (apache 2.4, php 7.0, mysql). 

Cara Pendaftaran Bidding ‘Ecological Footprint Apps’ 
Mengirimkan proposal maksimum 5 halaman, yang meliputi: 
  • Cover Letter 
  • Deskripsi Perusahaan 
  • Referensi project yang telah dilakukan sebelumnya sekurangnya 2 (dua) pekerjaan yang relevan terkait kebutuhan pembuatan aplikasi & dashboard 
  • Skema aplikasi, rencana kerja dan timeline
  • Profil Tim Proyek 
  • Budget 

Vendor yang tertarik wajib melampirkan 
  • CV seluruh tim 
  • Dokumen Legalitas (akta pendirian, akta perubahan, SK Kemenkumham terkait akta, xNPWP, SKT, SPPKP, nomor rekening perusahaan) 

Seluruh kelengkapan dokumen yang disebutkan di atas dikirimkan melalui email ke: procurement@wwf.id. Seluruh aplikasi diterima paling lambat tanggal Minggu, 14 Mei 2023 23:59 (UTC+7) dan akan melalui review sesuai peraturan yang berlaku. WWF berhak untuk tidak menerima tender yang diajukan.

No comments:

Post a Comment