Wednesday, May 17, 2023

YHIS EoI: Konsultan Pemantauan Media & Social Listening

Request for Expression of Interest

 

 

Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Yayasan Hivos) merupakan lembaga Indonesia yang berafiliasi dengan Hivos, didirikan atas hasil kerjasama antara Hivos yang berbasis di Belanda dan beberapa akademisi Indonesia serta pegiat masyarakat sipil yang berpikiran sama yang menganut nilai-nilai dan misi Hivos. Maksud dan tujuan entitas ini adalah untuk mengembangkan program berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dalam bidang sosial, ekonomi, kesehatan dan budaya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut mencakup kemampuan setiap individu untuk menilai dan memutuskan secara merdeka dan bertanggung jawab, hak untuk kemerdekaan, kehormatan, martabat dan semangat untuk menciptakan masyarakat yang berkeadilan dan toleran.

 

Yayasan Hivos mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:


Posisi                    :  Konsultan Pemantauan Media & Social Listening

Melapor pada    :  VCA Country Engagement Manager

Durasi                  :  Juni 2023 sd Maret 2023

 

 

Latar Belakang

Program Voices for Just Climate Action (VCA) atau Suara untuk Aksi Iklim Berkeadilan secara garis besar program ini berfokus pada peningkatan kapasitas dan pembelajaran bersama, penyadartahuan dan kampanye, serta membangun rekomendasi dan mendorong dialog kebijakan dalam membangun diskursus aksi iklim solutif di tingkat lokal dan nasional, termasuk mendukung terbangunnya ketahanan iklim di masyarakat. VCA di Indonesia merupakan bagian dari program yang dilaksanakan di tujuh negara. Untuk Lingkup nasional dan provinsi NTT, Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Yayasan Hivos) bekerjasama dengan 18 organisasi yang tergabung dalam 4 koalisi, yaitu Koalisi SIPIL, Koalisi Adaptasi, Koalisi Pangan Baik dan Koalisi Kopi.

 

Salah satu mitra VCA adalah koalisi SIPIL yang terdiri dari Yayasan Koaksi dan Yayasan Pikul yang bekerja sama untuk mencapai visi “Masyarakat Sipil dan Marjinal Berencana dan Beraksi Sebagai Solusi Perubahan Iklim” atau disingkat “Mama Bagarak” sejak tahun 2021 hingga tahun 2025. Sampai saat ini Koalisi Sipil telah menyelesaikan pekerjaan selama periode 2021 - 2022, dan tengah menjalankan periode kerja tahun 2022 - 2023 dan 2023 - 2024. Kenapa inisiatif dan solusi yang berasal dari masyarakat penting? Karena aliansi ini percaya bahwa masyarakat adalah agen perubahan dan mitra strategis pemangku kepentingan yang terlibat dalam aksi iklim nasional. Prioritas pembangunan yang lebih tahan iklim harus berporos pada kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi lokalnya.

 

Tujuan

Di Januari 2023, Taskforce Komunikasi – VCA, yang diketuai oleh Yayasan Koaksi, sepakat bahwa dalam merealisasikan target amplifikasi cerita aksi iklim solutif, dibutuhkan alat bantu pengukuran berupa platform pemantauan media yang mampu mendokumentasikan pemberitaan media massa dan pembicaraan media sosial terkait hasil kerja koalisi, bahkan hingga lintas koalisi maupun dalam lingkup Aliansi VCA di tingkat NTT. Selain pendokumentasian, adanya alat bantu pengukuran juga memungkinkan memantau terjadinya peningkatan atau penuruan pemberitaan media massa dan pembicaraan media sosial, serta memetakan isu yang hangat atau strategis dibahas oleh audiens sasaran melalui fitur social listening.

 

Setiap koalisi yang masuk dalam lingkup Aliansi VCA di tingkat NTT memiliki strategi komunikasi dan kampanye, termasuk didalamnya pelibatan media massa dan interaksi media sosial. Adanya platform pemantauan media yang dapat menangkap hasil kerja koalisi, tidak hanya sebatas Koalisi Sipil saja, akan sangat membantu mengukur efektivitas strategi yang sudah dibuat masing-masing koalisi dan amplifikasi sebagai kesatuan Aliansi VCA.

 

Oleh karena itu, Yayasan Hivos bekerjasama dengan Yayasan Koaksi membutuhkan konsultan yang dapat menyediakan platform pemantauan media. Adapun target yang ada dalam strategi tersebut adalah sebagai berikut: 1.) mendapatkan pemberitaan media massa atas aktivitas yang dilakukan, 2.) sejauh mana konten media sosial menjangkau audiens sasaran di wilayah kerja dan nasional.

 

Lingkup Kerja Platform Pemantauan Media

  1. Menangkap isu dan kebutuhan
  2. Memahami target pekerjaan dan hasil yang diharapkan (output)
  3. Meriset pasar dan percakapan terkini secara efektif
  4. Menganalisis jangkauan pembicaraan terkait kata kunci yang akan disasar
  5. Menganalisis perilaku atau ketertarikan pengguna yang berkaitan dengan kata kunci yang disasar
  6. Menganalisis sentimen persebaran kata kunci
  7. Memberikan rekomendasi berdasarkan kebutuhan.

 

Hasil Yang Diharapkan (Output)

  1. Berdasarkan lingkup kerja diatas, terdapat laporan yang memadai untuk menjadi baseline bagi kebutuhan kampanye
  2. Laporan pemantauan tren pasar dan percakapan
  3. Berdasarkan laporan pemantauan tren pasar dan percakapan, terdapat identifikasi rekomendasi yang relevan dengan kampanye
  4. Pemantauan dan pengukuran subyek, kata kunci, dan tagar secara berkala.

 

 

Kualifikasi Platform Pemantauan Media

  1. Mampu memantau isu strategis yang berasal dari ribuan online news, e-newspaper, dan e-magazine yang relevan dengan subyek, kata kunci, dan tagar
  2. Mampu mengukur dan menganalisis sesuai kebutuhan yang hendak diukur
  3. Memiliki dashboard yang mudah diakses dan multi-users
  4. Memiliki fitur pengingat harian yang dapat dikirim ke pengguna.

 

Untuk informasi detail dari Kerangka Acuan Kerja, silahkan klik tautan berikut ini: https://bit.ly/3OiQnwn

 

 

Silahkan mengirimkan proposal melalui email ke hr@hsi.foundation dengan subjek “Konsultan Pemantauan Media & Social Listening VCA” paling lambat 21 Mei 2023.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

 

No comments:

Post a Comment