Thursday, September 7, 2023

KOBUMI Vacancy - Assistant Cruise Leader

KOBUMI adalah Perusahaan social (Social Eco Enterprise) yang didirikan dan dimiliki oleh konsorsium sembilan koperasi lokal di Indonesia Timur (Papua dan Maluku), bekerja sama dengan Yayasan EcoNusa. Tujuan pendirian PT. Ekosistim Bumi Lestari (KOBUMI) untuk memperkuat kondisi sosial ekonomi masyarakat adat dan masyarakat lokal sekaligus untuk memperkuat kelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam dengan nilai-nilai keberlanjutan dan kelestarian ekosistem bumi.  Untuk itu Tim yang bekerja dalam bidang/Unit kerja Eco Business akan membantu pelaksanaan program maupun business development yang dikerjakan untuk KOBUMI.

 


Salah satu bisnis yang dijalankan oleh KOBUMI adalah penyewaan kapal Phinisi (EcoXplorer) yang digunakan untuk kebutuhan riset dan juga Leisure.  Rute kapal ini untuk wilayah Timur Indonesia yaitu: Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Kaimana/Teluk Triton, dan Banda Neira.  Rute lainnya disesuaikan dengan kebutuhan client.  Kapal EcoXplorer telah beroperasi sejak Agustus 2023 dan berlabuh di Sorong sebagai area homebase kapal.  Sebagai Assistant Cruise Leader, tujuan utama Anda adalah untuk memberikan kontribusi signifikan dalam menjalankan operasional dan manajemen kapal secara efektif. Anda akan bekerja sama dengan Cruise Leader dan tim kru untuk memastikan pengalaman yang tak terlupakan bagi tamu kami, sambil menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesiapan kapal.


TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB


Tugas Umum:


Pelayanan Tamu:

    • Bekerjasama dengan Cruise Leader untuk memberikan layanan tamu yang ramah, berkesan dan professional.
    • Menjawab pertanyaan tamu, memberikan panduan, dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.


Operasional Kapal:

    • Memastikan pengelolaan administrasi keuangan kapal, termasuk pencatatan transaksi dan pengawasan anggaran.
    • Mengkoordinasikan perawatan alat selam, memastikan kesiapan dan keselamatan alat sebelum setiap perjalanan.
    • Mendukung Cruise Leader dalam perencanaan perjalanan yang aman dan efisien.
    • Menyiapkan operasional kapal selama trip berlangsung (kebutuhan Bahan Bakar, Makanan/Minuman dll)

Keselamatan dan Kesiapan:

    • Memastikan pemeliharaan peralatan keselamatan kapal dan penanganan situasi darurat yang tepat.
    • Berkolaborasi dengan Cruise Leader dalam mengidentifikasi dan mengatasi potensi risiko selama perjalanan.

Kenyamanan Tamu:

    • Memantau kualitas fasilitas kapal dan layanan yang disediakan kepada tamu.
    • Bekerjasama dengan Cruise Leader untuk menjaga standar pelayanan yang konsisten.

Kepemimpinan dan Pengganti Cruise Leader:

    • Bersiap untuk mengambil peran Cruise Leader jika diperlukan, memimpin perjalanan dengan baik dan memastikan kelancaran operasional.
    • Memberikan dukungan kepada Cruise Leader dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan.


Tugas Khusus:


Peralatan Selam:

    • Bertanggung jawab atas perawatan alat selam, termasuk pemeriksaan rutin, perbaikan, dan penggantian jika diperlukan.
    • Memastikan kesiapan alat selam sebelum dan setelah setiap sesi menyelam.

Briefing dan Informasi Tamu:

    • Melakukan penjemputan tamu di Bandaran/Hotel
    • Melakukan briefing sebelum keberangkatan, memberikan informasi penting tentang perjalanan, kegiatan, dan prosedur keselamatan kepada tamu.
    • Memberikan jawaban atas pertanyaan tamu seputar perjalanan dan fasilitas kapal.

Administrasi Keuangan:

    • Bertanggung jawab atas pencatatan transaksi keuangan kapal, termasuk penerimaan dan pengeluaran.
    • Mengawasi anggaran yang terkait dengan operasional kapal dan kebutuhan perjalanan.

Pengganti Cruise Leader dalam Krisis:

    • Siap untuk mengambil alih peran Cruise Leader dalam situasi darurat, seperti ketika Cruise Leader tidak dapat melanjutkan perjalanan.
    • Mengkoordinasikan tindakan tanggap darurat dan menjaga ketenangan tamu dan kru.

Kerjasama dengan Tim Kru:

    • Bekerjasama dengan Captain dan tim kru dalam menjaga kesiapan kapal dan melaksanakan tugas-tugas perawatan rutin.
    • Mendukung komunikasi yang efektif antara tim kru dan pengambilan keputusan bersama.

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Update perkembangan pekerjaan mingguan di Kapal dalam meeting regular 1 minggu 1 kali
  2. Periode pelaporan perkembangan operasional Kapal  dalam setiap meeting reguler 1 bulan 1 kali
  3. Laporan tertulis kondisi kapal dan operasional kapal disampaikan ke Kepala Regional Kantor 1 bulan 1 kali
  4. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung secara keseluruhan 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN


       Pria Usia 27 – 40 tahun

       Penempatan di Sorong

       Bersedia ditempatkan di kapal dan penempatan lainnya jika ditugaskan

       Pendidikan minimal D3 atau sederajat di bidang kelautan/ekowisata, manajemen bisnis, manajemen administrasi, atau marketing

       Bersedia mengikuti trip diatas kapal

       Minimal mempunyai pengalaman dalam bidang operasional perusahaan,

      Pengalaman kerja yang terkait dengan manajemen operasional, pengembangan proses dan sistem, manajemen anggaran dan biaya, serta pengawasan dan pelatihan tim dapat menjadi nilai tambah.

       Nilai tambah lainnya jika bisa diving dan mempunyai sertifikat minimal dive master

       Memiliki kemampuan sales dan marketing yang baik untuk dapat mempromosikan kapal

       Memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dan mampu bekerja dalam tim

       Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

       Memiliki kemampuan analitis yang baik dan mampu memecahkan masalah dengan efektif

       Mampu berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Inggris



Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@kobumi.id cc sales@kobumi.id dengan subjek “Assistant Cruise Leader” paling lambat 14 September 2023.

 

No comments:

Post a Comment