Sunday, August 25, 2013

Konsultan Visual Communication, KM AIPD, Makassar

LATAR BELAKANG

Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD – Kemitraan
Australia Indonesia untuk Desentralisasi) adalah program pengembangan
kapasitas untuk membantu memperbaiki penyampaian layanan di bidang
kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Program ini beroperasi di lima
provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur,
NusaTenggara Barat, dan 20 kabupaten di dalam provinsi-provinsi ini, mulai
dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Proyek AIPD berfokus pada perencanaan
dan penganggaran yang ditingkatkan dan pembentukan tautan-tautan yang lebih
jelas untuk prioritas dan sasaran penyampaian layanan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, program AIPD memiliki tiga komponen,
yakni *Pemerintah
yang responsif, Masyarakat yang aktif dan Pengelolaan Pengetahuan. *Terminologi
ini membantu memetakan siapa saja pemangku kepentingan yang terlibat dalam
program AIPD. Sebagai contoh, dalam konteks penyediaan layanan publik,
komponen *Pemerintah yang responsif *merujuk pada pemerintah di berbagai
tingkatan, sementara komponen *Masyarakat yang aktif *merujuk pada
masyarakat sipil atau kelompok masyarakat yang lebih luas, termasuk DPRD
tingkat Provinsi dan Kabupaten, media, universitas dan organisasi
masyarakat sipil.



Kedua komponen ini selanjutnya ditopang oleh komponen *Pengelolaan
Pengetahuan *yang berperan untuk memastikan bahwa hasil-hasil pembelajaran
dan praktik cerdas dapat disebarluaskan, dan mendorong terjadinya
peningkatan kapasitas yang berkelanjutan. Melalui peningkatkan kapasitas
ini, maka diharapkan kualitas pengelolaan dan alokasi sumber daya akan
meningkat, dan pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya kualitas
dan akses layanan ke masyarakat.



BaKTI diluncurkan pada bulan September 2004 sebagai unit pertukaran
pengetahuan dari kantor dukungan multi-donor untuk Kawasan Timur Indonesia
(SOfEI) dan dikelola oleh Bank Dunia melalui berbagai donor tunggal dan
multi-donor. Pada tanggal 24 Agustus 2009, dalam rangka memperkuat
kepemilikan lokal dan untuk keberlanjutan masa depan, BaKTI menempatkan
dirinya sebagai Yayasan (Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia
atau Yayasan BaKTI) sesuai aturan hukum Indonesia. Peluncuran resmi Yayasan
BaKTI berlangsung pada tanggal 8 Februari 2010. Yayasan BaKTI berfokus pada
memperluas pengetahuan lokal pada tata kelola yang baik dan pengurangan
kemiskinan, membangun jembatan dan jaringan antara champions reformasi
lokal, dan menyediakan platform dimana para reformis dapat berbagi
kesuksesan mereka dan advokasi untuk perubahan lebih lanjut.



Berkenaan dengan penjabaran masalah diatas, maka AIPD dan BaKTI bekerjasama
melalui komponen Pengelolaan Pengetahuan akan mengimplementasikan beberapa
produk kunci seperti pembangunan dan penguatan Pusat Data Pembangunan
Daerah (PD2), Unit Pengelola Koordinasi Mitra Pembangunan (UPK) serta
identifikasi dan kajian pembelajaran pembangunan. Dalam kegiatan tersebut
akan memerlukan dukungan materi publikasi pembelajaran pembangunan,
produk-produk visual , desain/lay out , dan produk-produk komunikasi
lainnya baik internal (Proyek KM) maupun external (untuk stakeholder utama
proyek yaitu pemerintah daerah).



TUJUAN





1.     Bertugas dan bertanggungjawab menciptakan serta membuat semua produk
komunikasi dan publikasi kegiatan Proyek Pengelolaan Pengetahuan baik
secara internal maupun eksternal

2.     Memastikan produk komunikasi dan publikasi dalam kegiatan Proyek
Pengelolaan Pengetahuan dibuat tepat waktu, sesuai dengan standard yang
diinginkan AIPD dan BaKTI sehingga membantu penyebaran informasi
pembangunan dan promosi Pusat Data Pembangunan Daerah di 5 wilayah kerja
AIPD

3.     Memberikan masukan kreatif untuk desain, setting dan lay out produk
komunikasi dan publikasi Proyek Pengelolaan Pengetahuan







TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB





1.     Menyediakan dukungan produk visual untuk kegiatan dan proyek
termasuk produk publikasi, Dokumentasi, Pelaporan, Relasi Media, Newsletter
dan hal-hal yang berhubungan dengan strategi komunikasi lainnya baik itu
secara internal dan eskternal

2.     Menyediakan dukungan produk visual untuk konsep dan tata letak Pusat
Data Pembangunan Daerah (PD2) dan Unit Pengelola Koordinasi Mitra
Pembangunan (UPK) yang akan dibangun dan dikembangkan di 5 daerah

3.     Menyediakan dukungan produk visual untuk program dan kegiatan
seperti brosur, flyer, poster, merchandise dan presentasi audio visual
serta video yang dibutuhkan untuk strategi komunikasi dan publikasi
internal dan eksternal (promosi PD2, UPK dll)

4.     Membantu pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh BaKTI dan AIPD

5.     Membantu pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan di
daerah sesuai dengan kebutuhan

6.     Bertanggung jawab untuk menyimpan semua dokumentasi publikasi dan
komunikasi dan menyediakan dokumentasi tersebut pada saat dibutuhkan

7.     Melaksanakan berbagai macam tugas yang dibutuhkan oleh tim KM

8.     Melaksanakan berbagai macam tugas pendukung lainnya yang diminta
oleh line manager



KELUARAN



1.     Desain atau tata letak Pusat Data di Provinsi dan Kabupaten berupa
rancangan atau gambar konsep Pusat Data.

2.     Desain atau tata letak produk publikasi yang dibuat proyek seperti
Database Profil Mitra Pembangunan dan kajian mengenai Pembelajaran
Pembangunan yang akan dibuat di 5 daerah layanan AIPD

3.     Produk-produk visual dan komunikasi yang berhubungan langsung dengan
kegiatan proyek seperti: Laporan berkala, Kop Surat, Kartu Nama, Newsletter
untuk Pusat Data, Brosur, Flier, Kartu Anggota dan lainnya

4.     Produk-produk visual dan komunikasi lainnya yang mendukung kegiatan
atau event yang diadakan oleh Proyek Pengelolaan Pengetahuan seperti
spanduk, name tag, facsheet, selebaran dan lainnya



LIAISON / PELAPORAN





Konsultan Visual Communication bertanggungjawab / melapor kepada Program
Manager Proyek Pengelolaan Pengetahuan lalu berkoordinasi dengan PO PD2, PO
UPK dan menerima masukan dari Communication Manager BaKTI serta Executive
Director BaKTI.



*KUALIFIKASI/KRITERIA*





1.     Minimal lulusan S1 dari jurusan apa pun diutamakan yang memiliki
latar belakang pendidikan graphic desainer, layout

2.     Berpengalaman minimal 2 tahun bekerja dibidang yang sama

3.     Mahir menggunakan software pendukung produk visual seperti Corel dan
Adobe

4.     Memiliki komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Inggris,
lisan dan tulisan

5.     Mampu bekerja dalam lingkungan kerja yang multi tasking dan deadline
yang rapat

6.     Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam pengawasan secara minimal

7.     Mampu bekerja dalam semangat kebersamaan tim dan terbuka untuk
menerima masukan





DURASI KONTRAK





September 2013 sampai Maret 2015



LOKASI





Konsultan Visual Communication akan berkantor di Kantor Proyek Pengelolaan
Pengetahuan di Makassar dengan sesekali bisa melakukan travel ke beberapa
daerah bila dibutuhkan




BATAS WAKTU



Kirimkan CV dan lamaran ke info@bakti.or.id (Mohon kirimkan CV dan lamaran
anda dengan Judul email sesuai dengan Posisi yang akan dilamar). Batas
waktu sampai tanggal 01 Septmber 2013. Diutamakan yang berdomisli di
Makassar.

No comments:

Post a Comment