Wednesday, August 28, 2013

Rekruitmen Program Assistant UPK (Konsultan), KM AIPD, Makassar

KERANGKA ACUAN

Rekruitmen Program Assistant UPK (Konsultan)

LATAR BELAKANG

Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD – Kemitraan
Australia Indonesia untuk Desentralisasi) adalah program pengembangan
kapasitas untuk membantu memperbaiki penyampaian layanan di bidang
kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Program ini beroperasi di
lima provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara
Timur, NusaTenggara Barat, dan 20 kabupaten di dalam provinsi-provinsi
ini, mulai dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Proyek AIPD berfokus
pada perencanaan dan penganggaran yang ditingkatkan dan pembentukan
tautan-tautan yang lebih jelas untuk prioritas dan sasaran penyampaian
layanan.


Untuk mencapai tujuan tersebut, program AIPD memiliki tiga komponen,
yakni Pemerintah yang responsif, Masyarakat yang aktif dan Pengelolaan
Pengetahuan. Terminologi ini membantu memetakan siapa saja pemangku
kepentingan yang terlibat dalam program AIPD. Kedua komponen ini
selanjutnya ditopang oleh komponen Pengelolaan Pengetahuan yang
berperan untuk memastikan bahwa hasil-hasil pembelajaran dan praktik
cerdas dapat disebarluaskan, dan mendorong terjadinya peningkatan
kapasitas yang berkelanjutan. Melalui peningkatkan kapasitas ini, maka
diharapkan kualitas pengelolaan dan alokasi sumber daya akan
meningkat, dan pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya
kualitas dan akses layanan ke masyarakat.



Berkenaan dengan penjabaran masalah diatas, maka AIPD dan BaKTI
bekerjasama melalui komponen Pengelolaan Pengetahuan akan
mengimplementasikan beberapa produk kunci yaitu pengembangan dan
pembangunan Pusat Data, pembentukan Unit Pengelola Koordinasi,
Pembelajaran pembangunan dan mendukung kegiatan penelitian yang
dilaksanakan oleh Tim Asistensi Desentralisasi Fiskal (TADF) yang
didukung oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan
AIPD.



Pada saat ini untuk mewujudkan pencapaian output di masing-masing
produk banyak event-event yang harus dilaksanakan sampai akhir tahun.
Dengan tim KM BaKTI yang tidak banyak maka diperlukan staff yang bisa
membantu agar event-event bisa dilaksanakan dengan baik. Keperluan
untuk menambah staff sangat diperlukan untuk membantu tim KM BaKTI
lainnya.







ANALISA DAN JUSTIFIKASI PEREKRUTAN

____________________________________________________________________________________

Rekruitmen Konsultan Program Assistant UPK sangat dibutuhkan karena
alasan berikut:



1.     Kegiatan atau event yang harus dilaksanakan sampai akhir tahun
lebih dari 100 event, oleh karena itu butuh staff dan tim yang bisa
membantu untuk memastikan event-event di 5 daerah layanan AIPD bisa
berjalan dengan baik

2.     Membantu Program Officer UPK dalam melaksanakan event
pembelajaran pembangunan dan pengelolaan UPK di 5 daerah .



TUJUAN





1.     Bertugas dan bertanggungjawab memastikan event pembelajaran
pembangunan, pengembangan UPK dan update website serta newsletter

2.     Memastikan ToR event-event kegiatan yang disebut diatas dibuat,
diserahkan dan direview oleh Program Manager sebelum diserahkan kepada
APD AIPD





TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB





1.     Menyediakan dukungan untuk melengkapi ToR event-event
pembelajaran pembangunan dan UPK

2.     Menyediakan dukungan agar kegiatan pembelajaran pembangunan dan
UPK dapat berjalan dengan baik

3.     Menyediakan dukungan pelaporan event-event pembelajaran
pembangunan dan UPK

4.     Membantu pelaksanaan pelaporan keuangan dan administrasi
kegiatan event-event tersebut

5.     Membantu pelaksanaan kegiatan produk kunci lainnya

6.     Melaksanakan berbagai macam tugas yang dibutuhkan oleh tim KM BaKTI

7.     Melaksanakan berbagai macam tugas pendukung lainnya yang
diminta oleh line manager



KELUARAN



1.     Output untuk event-event pembelajaran pembangunan dan UPK dapat
dicapai sesuai target dan waktu yang ditentukan.

2.     Laporan Teknis dan Keuangan event-event pembelajaran pembangunan dan UPK

3.     Website dan newsletter yang terupdate secara rutin



LIAISON / PELAPORAN





Program Asisstant UPK bertanggungjawab / melapor kepada Program
Manager Proyek Pengelolaan Pengetahuan lalu berkoordinasi dengan
Program Officer UPK KM BaKTI dan menerima masukan dari Communication
Manager BaKTI serta Executive Director BaKTI.





KUALIFIKASI/KRITERIA





1.     Minimal lulusan D3/S1 dari jurusan sosial atau komunikasi

2.     Memiliki pengalaman melakukan koordinasi dengan pemerintah
daerah, pusat dan multistakeholder pembangunan lainnya

3.     Memiliki penglaman dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi
dengan mitra pembangunan

4.     Mampu menulis artikel dan laporan

5.     Berpengalaman minimal 2 tahun bekerja dibidang yang sama

6.     Memiliki komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan
Inggris, lisan dan tulisan

7.     Mampu bekerja dalam lingkungan kerja yang multi tasking dan
deadline yang rapat

8.     Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam pengawasan secara minimal

9.     Mampu bekerja dalam semangat kebersamaan tim dan terbuka untuk
menerima masukan





DURASI KONTRAK





September 2013 sampai Maret 2014



LOKASI





Program Assistant UPK akan berkantor di Kantor Proyek Pengelolaan
Pengetahuan di Makassar dengan sesekali bisa melakukan travel ke
beberapa daerah bila dibutuhkan







BATAS WAKTU





Silahkan kirim CV dan Surat Lamaran ke info@bakti.or.id dengan
menyertakan Posisi yang dilamar sebagai judul email. Harap yang
dikirimkan hanya CV dan Surat Lamaran saja tidak dengan lampiran yang
lainnya. Batas waktu lamaran sampai tanggal 07 September 2013.

No comments:

Post a Comment