Friday, September 6, 2013

Lowongan Kerja - Konsultan Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Penanggulangan Bencana (ditempatkan di BNPB)

Pengumuman Lowongan Kerja
Konsultan Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Penanggulangan Bencana (untuk ditempatkan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana)


1. Latar Belakang

AIFDR

Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) mewakili komitmen bilateral terbesar Australia untuk mengurangi dampak bencana dan merupakan komponen kunci dalam program pembangunan Australia di Indonesia. AIFDR bekerjasama erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan fokus dalam meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mengidentifikasi, memitigasi dan menanggapi risiko bencana alam. Salah satu komitmen yang masih berjalan hingga saat ini adalah program Capacity Development Support Programme (CDSP).

BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dibentuk melalui Keputusan Presiden tahun 2008 dan menjadi badan nasional utama yang bertanggung jawab dalam koordinasi dan melaksanakan upaya-upaya prabencana, tanggap darurat dan pascabencana sesuai dengan UU No. 24 tahun 2007 mengenai Penanggulangan Bencana.


2. Tujuan

Membantu memperkuat kapasitas Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB dalam menyusun dan melaksanakan monitoring dan evaluasi pelatihan yang dilaksanakan oleh BNPB pada umumnya, dan Pusdiklat pada khususnya.


3. Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas utama Konsultan Monitoring dan evaluasi pelatihan meliputi:
- Melakukan kajian kebutuhan monitoring dan evaluasi pelatihan untuk BNPB dan BPBD, serta memfasilitasi dalam menyusun instrument evaluasi pelatihan baik untuk fasilitator maupun untuk penyelenggaraan.
- Melakukan kajian kebutuhan serta menyusun strategi peningkatan kapasitas dalam melakukan penyusunan instrument evaluasi maupun pelaksanaan monev di lapangan.
- Mendukung penyusunan panduan pelaksanaan monitoring dan evaluasi untuk Pusdiklat BNPB, termasuk proses, standard dan metode evaluasi kualitas fasilitator dan penyelenggaraan pelatihan.
- Bersama dengan Pusdiklat BNPB dan anggota Tim Pengembangan Kapasitas Pelatihan, menyusun strategi pelatihan dan monitoring evaluasi pelatihan  penanggulangan bencana.
- Mendukung penyusunan alat ajar untuk Pusdiklat BNPB dan bilamana memungkinkan menyusun perpustakaan media ajar di BNPB.
- Mengkoordinasi dukungan dalam penyusunan pedoman sertifikasi dan brevet pelatih penanggulangan Bencana.


4. Pelaporan

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan di BNPB dan manajer kegiatan di AIFDR.


5. Lingkup Kerja

Durasi tugas: Satu tahun, dengan kemungkinan diperpanjang.
Fasilitas Kantor: Berbagi-pakai printer dan jaringan internet.


6. Kriteria

Kriteria Utama:
- Berpengalaman minimal 5 tahun dalam bidang monitoring dan evaluasi pelatihan, dengan menunjukkan contoh instrument evaluasi  yang dikembangkan secara individual maupun dalam tim.
- Menunjukkan pemahaman akan konteks Pengurangan Risiko Bencana baik di Indonesia maupun global.
- Memiliki kemampuan cara mendisain suatu pelatihan yang meliputi: analisa kebutuhan pelatihan, mendisain penyajian pelatihan dan memahami cara mengevaluasi suatu pelatihan.
- Memiliki keterampilan analisis, analisis wacana, kompilasi data, penyusunan laporan dan presentasi, seperti dibuktikan dengan hasil analisa tertulis.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi dan fasih berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan.
- Berpengalaman melakukan pembimbingan (capacity building) secara mentoring atau melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan/pelatihan selama lebih dari 5 tahun.

Kriteria Tambahan:
- Memiliki pengalaman sebagai pemimpin Tim Penyusun Instrumen Evaluasi Pelatihan.
- Memahami system pelatihan dan akreditasi di Indonesia.
- Memahami SKKNI (Standar Kompetensi Kinerja Nasional Indonesia) dan kurikulum pelatihan berbasis kompetensi


7. Remunerasi

Sesuai dengan skala remunerasi yang berlaku di AIFDR, dengan negosiasi.


8. Prosedur Aplikasi

Terms of Reference dan Formulir Data Pribadi dapat diunduh pada website:
www.tripilar.com/Karir.html.

Kirimkan Surat Lamaran, Curriculum Vitae dan Formulir Data Pribadi yang sudah diisi lengkap ke alamat email recruitment@tripilar.com.

Gunakan sebagai subyek email: Aplikasi – Konsultan Monitoring Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Penanggulangan Bencana - <Nama>


9. Tanggal Penutupan

Tanggal 17 September 2013 (tengah malam). Aplikasi yang terlambat dan/atau tidak lengkap, tidak akan diproses lebih lanjut.


Perempuan didorong untuk melamar pada posisi ini.

No comments:

Post a Comment