KONSULTAN
PEMBUAT ILUSTRASI DAN DESAIN MATERIAL KAMPANYE
untuk program
ADAPTASI
PERUBAHAN IKLIM DAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA UNTUK KETAHANAN
(API PERUBAHAN)
Background
|
Mercy
Corps Indonesia melalui program API Perubahan di fase ke-2 ini telah
mendampingi masyarakat dan para pemangku kepentingan di Kabupaten Pekalongan
dan Kabupaten Maluku Tengah untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak
negative perubahan iklim dan risiko bencana. Tahapan menuju kajian risiko
bencana yang mempertimbangkan proyeksi iklim telah dilakukan, dan masyarakat
di daerah dampingan juga telah bersama-sama menyusun rencana aksi adaptasi
perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.
Program
API Perubahan saat ini akan menyusun beberapa materi dan media untuk kampanye
penyadaran menggunakan hasil dari kajian risiko dan rencana aksi yang telah
disusun tersebut. Untuk menyusun materi dan media kampanye ini, API Perubahan
akan merekrut seorang konsultan grafik dan illustrator yang akan membantu
menterjemahkan dokumen tulisan dan data menjadi visual ilustratif yang mudah
dipahami oleh masyarakat umum.
|
Objectives
|
Tujuan
perekrutan konsultan grafis ini adalah untuk membantu tim API Perubahan dalam menterjemahkan
informasi naratif menjadi gambar ilustrasi yang mudah dipahami masyarakat
umum
|
The
Scope
|
Lingkup Pekerjaan
Untuk mencapai tujuan dari kegiatan ini, konsultan memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut :
1.
Koordinasi dan konsultasi dengan tim API Perubahan
terkait content materi dan bentuk media kampanye;
2.
Membuat gambar maupun bentuk ilustrasi lain sebagai
penterjemahan dari materi-materi yang telah disiapkan oleh tim API Perubahan;
3.
Mempelajari budaya dan konten lokal (khususnya Maluku
Tengah dan Pekalongan) agar ilustrasi yang dibuat akan lebih mudah dipahami oleh
masyarakat setempat;
4.
Materi kampanye yang perlu di ilustrasikan diantaranya:
a.
Siklus
perencanaan pembangunan pemerintah daerah
b.
Adaptasi
perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana
c.
Intisari hasil
kajian risiko
d.
Intisari
rencana aksi komunitas
e.
Kampanye
pangan local
5.
Bentuk media kampanye yang akan dibuat diantaranya:
a.
Kalender (1
jenis)
b.
Poster (10-15
jenis)
c.
Buku saku (1-5
jenis)
d.
Standing
banner (5-10 jenis)
|
Deliverables
|
Keluaran yang diharapkan dalam kegiatan ini antara lain :
1)
Gambar maupun ilustrasi lainnya sebagai penterjemahan
materi kampanye (lingkup no. 4)
2)
Media kampanye yang siap diproduksi (lingkup no. 5)
lengkap dengan spesifikasi
|
Implementation Date
|
Periode penugasan konsultan grafis
adalah dari tanggal 25 Mei – 25 Juli 2015
|
Location
|
Jakarta
|
Qualification
|
1.
Mampu memahami content terkait adaptasi perubahan iklim
dan pengurangan risiko bencana
2.
Mampu memahami local content Pekalongan & Maluku
Tengah
3.
Memiliki pengalaman menggambar karikatur
4.
Memiliki pengalaman dalam design komunikasi visual
|
No comments:
Post a Comment