Thursday, June 11, 2015

Konsultan Online dan Offline Toolkit Panduan Fasilitasi Modul - Search for Common Ground

Search for Common Ground mencari
Konsultan Online dan Offline Toolkit Panduan Fasilitasi Modul untuk proyek
“Mengurangi Residivisme melalui Pelepasan Ideologi Kekerasan Secara Efektif di Lapas dan Reintegrasi Sosial Klien Pemasyarakatan”
 
 
 
I.        Latar Belakang
 
Search for Common Ground (Search) merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat Internasional yang bekerja di Indonesia sejak 2002 dengan memiliki berbagai program guna membangun perdamaian, transformasi konflik dan usaha-usaha membantu pemerintah, masyarakat, aparat keamanan, jurnalis, serta berbagai pihak agar dapat bekerja sama membangun Indonesia damai tanpa kekerasan.
 
Dalam menjalankan beberapa upaya di atas, Search Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan akan melakukan serangkaian kegiatan yaitu Conflict Management Training (CMT) dan Life Skills Training (LST) di Lapas, dan kegiatan yang membantu Reintegrasi Sosial Klien Permasyarakatan. Program-program dan kegiatan tersebut sudah berjalan sejak tahun 2009 dan akan berlanjut tahun ini.
 
Untuk memperluas jangkauan pelatihan Conflict Management Training (CMT) dan Life Skills Training (LST) di lapas-lapas, Search akan membuat sebuah Online dan Offline Training Toolkit yang membantu para fasilitator/trainer Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, lebih mudah melaksanakan CMT dan LST di Lapas-lapas di Indonesia. Training toolkit ini akan berisi modul/materi pelatihan beserta alat bantunya dan tata cara menfasilitasi materi modul. Modul pelatihan ini juga akan dibuat dalam versi cetak.
 
Pembuatan Training Toolkit ditujukan untuk: (1) memberikan pengetahuan mengenai materi-materi pelatihan CMT dan LST untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP); (2) memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang proses fasilitasi materi-materi pelatihan CMT dan LST; (3) memberikan pemahaman, kesadaran dan inspirasi/semangat tentang bagaimana menjadi seorang fasilitator yang handal dalam sebuah pelatihan.
 
Search mencari seorang konsultan untuk membuat Training Toolkit yang membantu para fasilitator/trainer Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, lebih mudah dalam melaksanakan CMT dan LST di Lapas-lapas di Indonesia. Oleh karena itu, Search Indonesia akan melakukan kegiatan yang mencakup (1) seleksi dan penentuan calon konsultan atau expert dalam produksi Video Tool ini; (2) Produksi Video. Video ini nantinya akan dibagikan kepada pihak Ditjenpas, khususnya kepada para fasilitator/trainer CMT-LST Ditjenpas.
 
II.        Tujuan Kegiatan
1.      Produksi Training Toolkit dalam bentuk offline dan online yang berisi panduan fasilitasi Modul CMT-LST.
 
III.           Tugas dan Tanggung jawab Konsultan:
1.      Merancang layout dan design offline dan online toolkit
2.      Menulis naskah dan produksi video.
3.      Training Toolkit production
 
IV. Waktu
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan dengan rincian kegiatan sbb: 
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
 
Aplikasi Konsultan Pengembangan Training toolkit
25 Mei 2015 – 13 Juni 2015
Penerimaan Konsultan
15 Juni 2015
Diskusi produksi
20 Juni 2015
Pengembangan offline & online dan pengambilan gambar video
20-25 Juni 2015
Produksi – Post Produksi
25-30 Juni 2015
V. Persyaratan Umum:
1.      Kandidat harus memiliki pengalaman dalam membuat video tool.
2.      Kandidat memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.
3.      Memahami isu-isu mengenai conflict management , akan lebih disukai.
4.      Bersedia melakukan perjalanan ke daerah, untuk kepentingan riset, jika diperlukan.
 
Jika tertarik, silakan mengirim surat lamaran dan CV, beserta anggarannya , ke phandayani@sfcg.org cc larham@sfcg.org.

No comments:

Post a Comment