Saturday, January 30, 2016

[Lowongan Kerja] Koordinator WASH

Water.org adalah organisasi nirlaba internasional yang telah membuka kantor perwakilan di kawasan Asia Tenggara di Jakarta pada bulan Mei 2014. Water.org telah berhasil mengubah hidup jutaan orang di seluruh dunia dengan menyediakan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi. Water.org turut berperan di dalam sektor air untuk menemukan solusi inovatif, model pembiayaan  inovatif, mendukung transparansi, dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait untuk terus-menerus bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik.

Visi kami: “Safe water and the dignity of a toilet for all.”

Salah satu solusi dari Water.org adalah WaterCredit, yang merupakan solusi inovatif dengan pemikiran yang cerdas untuk membantu menanggulangi permasalahan  air di dunia. Untuk itu, kami bermitra dengan lembaga keuangan yang terpilih untuk menyediakan pinjaman kepada perorangan ataupun keluarga yang membutuhkan sambungan air atau fasilitas sanitasi. 

Mitra Kami
Koperasi Baytul Ikhtiyar (Koperasi BAIK) adalah salah satu mitra Water.org dalam menyalurkan WaterCredit kepada mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. Koperasi BAIK didirikan oleh Yayasan Peramu pada tahun 2000 dengan mengadopsi prinsip Grameen Bank yang dipelopori Muhammad Yunus dan Amanah Ikhtiar Malaysia dalam penguatan sektor ekonomi bagi kelas mustadhafiin melalui zakat, infaq, dan sedekah, dengan nama Program Ikhtiar.
 
Misi Koperasi BAIK adalah memperkuat perempuan-perempuan yang berada di bawah garis kemiskinan berikut keluarga mereka dengan menyediakan layanan keuangan mikro dan pendidikan lanjutan berbasis syariah. Oleh karena itu, Koperasi BAIK tidak hanya menyediakan layanan keuangan bagi kelompok, tetapi juga menyediakan layanan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup kliennya, melalui pembiayaan pendidikan, pendidikan hidup sehat dan pendidikan tentang koperasi.
 
Saat ini, Koperasi BAIK beropearsi di Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut di Provinsi Jawa Barat, serta memiliki lebih dari 40 ribu klien.

Tipe dan durasi kontrak: 1 tahun kontrak dengan kemungkinan perpanjangan 
Area kerja: Bogor Kota dan Jawa Barat. 

Fungsi pokok dari posisi ini:
Koordinator WASH bertanggung jawab dalam manajemen harian program pengembangan WaterCredit. Kandidat akan bekerja sama dengan mitra di daerah, Water.org dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa rencana kerja berjalan sesuai dengan rencana.
 
Tanggung Jawab:
 
Mendukung dan Koordinasi implementasi program WaterCredit
-     Berkoordinasi dengan pemangku kepentingan WASH, seperti PDAM, Dinas Kesehatan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum Daerah, Pusat Kesehatan Masayarakat, BPSPAMS, dan lainnya.
-   Berkoordinasi dengan unit-unit di internal lembaga keuangan untuk memastikan bahwa implementasi kegiatan program WaterCredit dan pengembangan program pinjaman WASH berjalan sukses.  
-       Membantu Lembaga keuangan dan konsultan eksternal dalam melakukan pemetaan penyedia rantai suplai potensial.
-       Melakukan pengawasan dan analisis terhadap laporan bulanan kegiatan WASH
-       Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan tenaga ahli WASH
-       Memastikan bahwa monitoring dilaksanakan dan dianalisis
 
Pengawasan teknis, menindaklanjuti dan mengevaluasi tim WASH, berkoordinasi dengan internal lembaga keuangan dan Water.org
-     Mengembangkan SOP, dokumen dan format standar dengan berkolaborasi dengan tenaga ahli WASH
-    Mengembangkan dan membuat materi Infomasi, Edukasi, dan Komunikasi (IEC) berkolaborasi dengan tenaga ahli WASH dan berdasarkan pada temuan riset
-    Me-manage tenaga ahli WASH untuk memastikan bantuan teknis terkait dengan produk pinjaman WASH didistribusikan secara baik.
 
Koordinasi, administrasi, pelaporan dan penganggaran
-       Berkoordinasi dengan Water.org, termasuk laporan rutin dan komunikasi berkelanjutan dalam kualitas dan waktu yang tepat 
-       Mengelola dana hibah berdasarkan anggaran kegiatan
-    Memastikan bahwa baik lembaga keuangan maupun Water.org mendapatkan informasi yang tepat terkait berbagai update yang muncul selama kemitraan
-       Membantu untuk menarik sumber modal baru bagi pinjaman WASH
-       Mengawasi pengembangan dan penyampaian laporan bulanan dan kuarter ke Water.org
-       Tugas-tugas lain untuk mendukung program pinjaman WASH, jika diminta

Kualifikasi:
1.  Latar belakang akademis, minimal S1 di bidang terkait.
2. Memiliki pengalamam kerja dalam bidang pemberdayaan masyarakat minimal 2 tahun dan WASH program minimal 1 tahun.
3.  Memiliki pengalaman di bidang organisasi.
4.  Memiliki pengalaman atau pengetahuan di bidang keuangan mikro lebih diutamakan.
5.  Memiliki keterampilan manajemen dan kepemimpinan serta motivasi untuk membantu mereka yang kurang mampu
6.  Kemampuan koordinasi yang sangat baik, internal dan eksternal.
7.  Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun bekerja mandiri, mampu mencapai target
8.  Kemampuan berkomunikasi yang baik, dalam bahasa Indonesia dan Inggris, baik lisan maupun tulisan
9.  Memiliki pengetahuan tentang cara kerja donor lebih diutamakan.
10.  Bisa menggunakan Microsoft Office
11.  Jujur, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, memiliki inisiatif, dan profesional

Bagaimana melamar posisi ini:
Kandidat yang tertarik dapat mengirimkan salinan CV kepada position_indonesia@water.org dan cc ke pbasuki@water.org, paling lambat 6 Februari 2016

No comments:

Post a Comment