Friday, May 20, 2016

Konsultan Perorangan untuk Penyusunan Modul Literasi Keuangan dan Bisnis dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Petani

Mercy Corps Indonesia melalui program AgriFin Mobile bersama satu Bank Umum sedang melaksanakan pilot Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk petani bermitra dengan 7 GAPOKTAN di Kabupaten Malang sebagai Agen Bank Umum. Pelaksanaan pilot akan berlangsung hingga akhir Mei 2016.
 
Sejalan dengan tujuan keuangan inklusi, Mercy Corps Indonesia telah menyusun modul literasi keuangan dan bisnis yang ditujukan untuk petani dan pemilik usaha kecil.  Dalam rangka mempromosikan layanan keuangan menggunakan mobile untuk petani dan khususnya untuk perempuan petani/istri petani dan meningkatkan pengetahuan perempuan petani/istri petani dalam mengelola keuangan keluarga dan mengembangkan usahanya, Mercy Corps Indonesia merencanakan untuk menyusun modul literasi keuangan dan usaha dan layanan keuangan tanpa kantor.
 
Sejalan dengan rencana tersebut, Mercy Corps Indonesia memerlukan 1 orang Konsultan Perorangan untuk menyusun modul selama bulan Mei – Juni 2016. Konsultan ini juga akan melaksanakan Pelatihan untuk Pelatih (ToT) menggunakan modul tersebut untuk Penyuluh Pertanian di lokasi pilot layanan keuangan tanpa kantor di kabupaten Malang.   
 
Ringkasan Tanggungjawab Konsultan[Describe overviewRRR:
Secara umum Konsultan bertanggungjawab untuk menyusun modul literasi keuangan dan bisnis dan layanan keuangan tanpa kantor untuk petani, khususnya perempuan petani /istri petani. Disamping itu Konsultan juga akan melaksanakan pelatihan untuk pelatih (ToT) untuk Penyuluh Pertanian dan melakukan penyesuaian terhadap modul berdasarkan masukan dari Penyuluh Pertanian.
 
 
Deliverables:
  • Hasil review terhadap modul literasi keuangan dan bisnis dan layanan keuangan tanpa kantor yang disusun oleh Mercy Corps Indonesia dan Lembaga lain.
  • Draft Modul Literasi Keuangan dan Bisnis dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Petani.
  • Final draft Modul untuk pelaksanaan ToT
  • Pelaksanaan ToT untuk Penyuluh Pertanian
  • Laporan pelaksanaan ToT dan Final Modul Literasi Keuangan dan Usaha dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Petani.
 
Kualifikasi:
·         Lulusan Perguruan Tinggi dengan latar belakang pendidikan ilmu sosial, ekonomi atau pengembangan pedesaan.
·         Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai konsultan untuk pelaksanaan program yang fokus untuk pengembangan pedesaan (pengalaman dalam penyusunan modul dan melakukan pelatihan literasi keuangan dan bisnis untuk petani, khususnya perempuan petani/istri petani merupakan nilai plus).
·         Berpengalaman sebagai konsultan untuk penelitian atau pelaksanaan program untuk pengembangan layangan keuangan untuk unbanked people (khususnya target group petani merupakan nilai plus).
·         Berpengalaman bekerjasama dengan sektor swasta dan lembaga pemerintah di tingkat kabupaten dan kecamatan.
·         Memiliki keahlian komunikasi yang baik.
·         Sanggup melaksanaan perjalanan ke lokasi pelaksanaan pilot layanan keuangan tanpa kantor di Kabupaten Malang.
 
Aplikasi dan CV dapat dikirimkan ke procurement@id.mercycorps.orgsebelum 23 Mei 2016.
 

Terima kasih

No comments:

Post a Comment