Monday, May 2, 2016

Request for Proposal: Konsultan Baseline Survey "I am One I am Many" Project

OXFAM

SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA
Satu dari tiga penduduk dunia hidup dalam kemiskinan. Oxfam bertekad untuk mengubah kondisi tersebut dengan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Di seluruh dunia, Oxfam berupaya untuk menemukan solusi-solusi praktis dan inovatif guna membantu masyarakat untuk keluar dari kemiskinan dan hidup lebih baik. Oxfam menyelamatkan kehidupan dari berbagai ancaman dan membantu mengembangkan penghidupan masyarakat di masa krisis. Oxfam juga melakukan kampanye secara luas agar suara kaum miskin mampu mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Oxfam, dalam tiap upayanya, selalu bekerja bersama organisasi mitra serta bergandengan tangan dengan masyarakat rentan, baik perempuan maupun laki-laki,  untuk mengakhiri ketidakadilan yang menyebabkan kemiskinan.

Di Indonesia, Oxfam bekerja sejak tahun 1957 untuk membantu pengurangan kemiskinan serta memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh kaum miskin maupun kelompok rentan lainnya. OXfam telah menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai organisasi nasional dan lokal di berbagai wilayah di Indonesia guna memastikan pemenuhan hak perempuan atas penghidupan bekelanjutan, hak untuk menyuarakan kepentingan dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan seta hak untuk memperoleh pelayanan sosial dasar, khususnya dalam pengurangan resiko kebencanaan. Salah satu titik tumpu kampanye Oxfam dalam mendorong keadilan ekonomi di Indonesia pada periode 2014-2015 adalah kampanye tentang pemenuhan hak atas pangan, khususnya bagi para penghasil pangan skala kecil, serta peningkatan kapasitas masyarakat dalam beradaptasi terjhadap perubahan iklim. 

Konsultan Baseline Survey Project “I am One I am Many”

LATAR BELAKANGDengan banyaknya agama dan kepercayaan tradisional yang dipraktikkan penduduknya, diskriminasi terhadap kelompok agama minoritas sering ditemukan di Indonesia. Berdasarkan laporan Komnas HAM, kasus diskriminasi tidak hanya marak terjadi di Indonesia bagian Barat, tetapi juga Indonesia Timur. Berdasarkan realitas ini, Oxfam di Indonesia dengan dua mitra lokal (CIS Timor dan APIK NTB) berinisiatif untuk mengimplementasikan program ‘I am One, I am Many: Combating discrimination on the basis of religious identities and beliefs’ di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Program tiga tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan aksi anak-anak muda, media, dan organisasi sipil melawan diskriminasi keagamaan dan mempromosikan perdamaian.

Untuk mengawali program tersebut, dirasa perlu adanya baseline survey untuk memperoleh data awal yang digunakan sebagai acuan dan rekomendasi melakukan program di lapangan. Data awal yang diperlukan mencakup dinamika sosial, budaya, dan politik masyarakat setempat, gambaran kehidupan beragama dan penegakan hak asasi manusia, serta kapasitas anak muda, media, dan mitra.

TUJUAN :Tujuan dari baseline ini adalah mengumpulkan data awal yang relevan dengan indikator kunci yang ditetapkan pada wilayah program dan mengetahui kondisi terkini sebelum program dilaksanakan. Di samping sebagai data awal, baseline akan sangat membantu proses monitoring, implementasi, dan evaluasi di akhir program.

Cakupan Kerja dan Output yang Diharapkan
Cakupan kerja konsultan terpilih akan mencakup hal-hal sebagai berikut, namun tidak terbatas:
1.        Mengembangkan desain baseline yang sudah ada sesuai konteks Indonesia
2.        Membuat sistem data entry yang sesuai
3.        Memastikan kualitas data yang dilakukan
4.        Melakukan data cleaningdata analysis, dan reporting

Sementara output/deliverable yang diharapkan dari konsultan antara lain:
1.        Data set SPSS atau dalam software sejenis yang dipergunakan, sertasoft copy data/informasi yang diperoleh dari lapangan seperti transkrip diskusi/FGD/KII
2.        Draft laporan untuk proses review
3.        Presentasi key findings
4.        Laporan final

Metode
Baseline ini akan menggunakan beberapa metode atau teknik pengumpulan data:
1.        Pengisian kuesioner
2.        Wawancara
3.        Focus group discussion (FGD)
4.        Studi pustaka
Responden baseline adalah representasi stakeholder program, secara garis besar meliputi:
1.        Anggota CIS Timor dan APIK NTB
2.        Organisasi anak muda di lokasi program
3.        Pemerintah lokal di lokasi program
4.        Pemimpin agama di lokasi program
5.        Pemimpin adat di lokasi program

Lokasi 
Survei baseline akan dilaksanakan di 17 desa wilayah program yang berada di kabupaten berikut:
1.        Nusa Tenggara Barat
a)        Kabupaten Lombok Tengah 
b)        Kabupaten Lombok Timur 
c)        Kotamadya Mataram 
2.        Nusa Tenggara Timur
a)        Kabupaten Belu 
b)        Kabupaten Kupang 
c)        Kotamadya Kupang 

Pelaksanaan
1.        Project Manager dan MEL Coordinator Gender Justice dari Oxfam adalah focal persons yang akan terlibat aktif dalam seluruh proses baseline, mulai dari perencanaan hingga supervisi pelaksanaan di lapangan dan pelaporan
2.        Baseline akan dilaksanakan oleh satu orang konsultan independen dan dua mitra lokal (CIS Timor dan APIK NTB) yang akan direkrut sesuai kebijakan Oxfam. Konsultan akan berbasis di Jakarta dan berkoordinasi langsung dengan Oxfam, sedangkan mitra lokal bertanggung jawab untuk implementasi baseline di lapangan.

PENGETAHUAN & PENGALAMAN KONSULTAN YANG DIBUTUHKAN 
Calon konsultan yang tertarik dengan peluang jasa konsultansi ini diharapkan memenuhi kriteria sebagai berikut:
1.        Memiliki komitmen kuat pada pencapaian keadilan gender
2.        Memahami isu pergerakan dan pemberdayaan anak muda, HAM, dan multikulturalisme 
3.        Memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian sosial dan baseline survey minimal 4 tahun
4.        Mampu menganalisis data dan menulis laporan baseline dengan baik
5.        Dapat melakukan pekerjaan dengan periode waktu yang diharapkan
6.        Familiar dengan konteks NTB dan NTT, serta lebih baik jika memiliki jejaring dengan individu atau institusi di dua wilayah tersebut
SYARAT & KETENTUAN

· Memasukkan proposal
· Budget yang ditawarkan meliputi budget untuk jasa transportasi, akomodasi dan konsumsi kegiatan termasuk honor  konsultan
· Memasukan CV calon konsultan


Proposal dan budget dapat dikirimkan melalui email kejakarta@oxfam.org.uk, dengan subject “Baseline Survey GJ”. Batas pengiriman proposal: 4 Mei 2016. 



Oxfam works with others to overcome poverty and suffering










Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.
Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)

No comments:

Post a Comment