Advertisement

Wednesday, June 22, 2016

Vacancy at MICRA Indonesia : Data Collection Officer (DCO)


Data Collection Officer (DCO) - Dry Run
Lingkup Kerja

Latar Belakang    
MICRA Indonesia bekerja sama dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA), sebuah yayasan yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan petani melalui pengembangan produktivitas petani untuk lahan pertaniannya dan manajemen risiko, saat ini sedang melakukan penelitian dan pengembangan produk asuransi pertanian untuk melindungi petani dari kerugian yang disebabkan oleh risiko iklim.
Salah satu tahapan dari pengembangan asuransi pertanian berindeks iklim ini adalah tahapan “dry run” yang mempelajari karakteristik usaha tani dari para petani dalam rangka membangun indeks iklim. Masyarakat yang menjadi target adalah mereka yang memiliki komoditas padi yang juga sebagai nasabah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di 2 (dua) wilayah project tersebut.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk asuransi pertanian berbasis indeks iklim bagi petani untuk melindungi tanaman pertanian dari risiko iklim dan melakukan peningkatan kapasitas mitra Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam mengembangkan, meluncurkan, dan mengelola produk asuransi.

Lokasi Penelitian
Penelitian akan dilakukan di 2 (dua) wilayah project yaitu Kroya dan Tukdana yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

DCO – Dry Run
Data Collection Officer (DCO) - Dry Run akan membantu MICRA Indonesia dan SFSA dalam proses pengumpulan data dari para petani di lapangan.

Supervisor: Research Supervisor

Tugas
1.     Bertanggung jawab terkait segala keperluan untuk pengumpulan data “dry run”;
2.     Memantau dan melaporkan perkembangan usaha tani masyarakat yang dipantau;
3.     Membuat laporan harian dan berkala kepada Research Supervisor, dan
        4.   Melakukan koordinasi aktif dengan Research Supervisor selama pilot project berlangsung.

Kualifikasi
1.     Pendidikan minimal D3 bidang pertanian, agribisnis atau jurusan lainnya yang berkaitan,
2.     Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik untuk membuat laporan harian dan berkala,
3.     Memiliki kendaraan bermotor dan SIM C, dan
4.     Bertempat tinggal atau bersedia ditempatkan di lokasi project di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Kroya dan Tukdana).

Deliverable
Hasil akhir kerja DCO adalah laporan hasil perkembangan usaha tani terdiri dari informasi aktivitas pertanian, foto tanaman pertanian, sarana produksi pertanian yang digunakan oleh para petani dan data lain sehubungan dengan kegiatan project.

Waktu Kerja
Waktu kerja DCO dimulai sejak awal musim tanam ke-2 tahun 2016 s/d akhir musim tanam ke-2 tahun 2017 (± 1 Tahun) dan dengan opsi perpanjangan untuk musim tanam berikutnya. 


Aplikasi dan CV dapat dikirimkan dengan mencantumkan subject DCO-Indramayu ke email info@micra-indo.org paling lambat tanggal 24 Juni 2016 dan hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk wawancara.

Terima kasih,
Human Resources Department
MICRA Indonesia



No comments:

Post a Comment