Direktorat
Pendanaan Luar Negeri (PLN) Multilateral, Kementerian Perencanaan
Pembangunan Nasional (Bappenas), akan mengembangkan suatu sistem
pengelolaan pengetahuan dalam konteks kegiatan pinjaman dan hibah luar
negeri, yang mampu mengumpulkan pengetahuan eksisting, mengorganisasikan
pengetahuan, dan mengembangkan akses yang terstruktur terhadap
pengetahuan. Lebih jauh lagi, sistem pengelolaan pengetahuan juga mampu
untuk mengidentifikasi pengetahuan yang belum terdokumentasi,
mengembangkan mekanisme dokumentasi, dan mendokumentasikan pengetahuan.
Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan di Direktorat PLN Multilateral Bappenas merupakan bagian dari proyek Sustainable Economic Development through South-South and Triangular Cooperation (SEDSSTC)—dengan IFAD sebagai mitra dan Direktorat PLN Multilateral sebagai pelaksana proyek. Proyek SEDSSTC, melalui Studi Pelingkupan di tahun 2014, telah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan dan saat ini telah dilakukan studi pengembangan desain sistem pengelolaan pengetahuan program kegiatan yang didanai oleh pendanaan luar negeri multilateral. Tahap selanjutnya dari kegiatan ini adalah menindaklanjuti hasil studi yang telah dilakukan dengan mulai membangun desain sistem pengelolaan pengetahuan berbasis web yang direncanakan dalam konsep dalam studi yang telah dilakukan tersebut.
Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan di Direktorat PLN Multilateral Bappenas merupakan bagian dari proyek Sustainable Economic Development through South-South and Triangular Cooperation (SEDSSTC)—dengan IFAD sebagai mitra dan Direktorat PLN Multilateral sebagai pelaksana proyek. Proyek SEDSSTC, melalui Studi Pelingkupan di tahun 2014, telah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan dan saat ini telah dilakukan studi pengembangan desain sistem pengelolaan pengetahuan program kegiatan yang didanai oleh pendanaan luar negeri multilateral. Tahap selanjutnya dari kegiatan ini adalah menindaklanjuti hasil studi yang telah dilakukan dengan mulai membangun desain sistem pengelolaan pengetahuan berbasis web yang direncanakan dalam konsep dalam studi yang telah dilakukan tersebut.
Untuk
mencapai keluaran kegiatan di atas, proyek SEDSSTC akan mengontrak
beberapa Tenaga Ahli individu. Tenaga Ahli akan bertanggungjawab kepada
Direktur PLN Multilateral Bappenas, dan Manajer Proyek SEDSSTC akan
mengawasi kemajuan pekerjaan Tenaga Ahli. Adapun Tenaga ahli yang akan
direkrut adalah sebagai berikut:
1. Policy
and System Development Specialist (1 Orang). Kode PSD
Bertanggungjawab dalam hal:
a. Memimpin dan melakukan supervisi terhadap pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan;
b. Memastikan
pengembangan sistem sesuai dengan keperluan Bappenas dan sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Bappenas;
c. Bertanggung
jawab dalam penyusunan manual pengguna dan administrator Sistem Pengelolaan
Pengetahuan;
d. Menjalin
kerjasama dengan para pihak terkait dalam pengayaan baik aplikasi maupun
database sistem pengelolaan pengetahuan;
e. Menyusun
rencana pengembangan sistem dan aplikasi ke depan, termasuk bagaimana sistem
ini terkoneksi dengan sistem lain yang relevan, baik yang ada di Bappenas
maupun di luar Bappenas;
f. Menyusun
rencana serta melakukan training atau coaching bagi staf Bappenas dalam
mengoperasikan Sistem baik sebagai pengguna maupun administrator;
g. Melakukan
pekerjaan lain yang diberikan oleh Direktorat Pendanaan Luar Negeri
Multilateral, Bappenas
Kualifikasi yang dibutuhkan:
a. Memiliki latar pendidikan S1 di bidang teknik dengan
pengalaman kerja minimal 15 tahun;b. Memiliki pengalaman bekerja dalam system pemerintah atau mitra pembangunan;
c. Memiliki pengalaman dan pemahaman dalam mengembangkan system dan aplikasi teknologi informasi di pemerintahan;
d. Memahami proses perencanaan dan penganggaran yang dijalankan oleh pemerintah;
e. Memiliki pengalaman terkait proyek pengembangan yang
diselenggarakan oleh pemerintah dan mitra pembangunan;
f. Memiliki kemampuan untuk menganalisa dan menjelaskan informasi yang rumit;
g. Memiliki kemampuan presentasi, komunikasi dan dapat menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris;
h. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas
Bertanggungjawab dalam hal:f. Memiliki kemampuan untuk menganalisa dan menjelaskan informasi yang rumit;
g. Memiliki kemampuan presentasi, komunikasi dan dapat menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris;
h. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas
2. Developer/Programmer (1 Orang). Kode: DP
a. Mengembangkan struktur database untuk sistem pengelolaan pengetahuan yang dikembangkan;
b. Mengembangkan Sistem Pengelolaan Pengetahuan berbasis Web dengan desain yang telah disetujui oleh Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral Bappenas;
c. Mengaktivasi Situs Pengelolaan Pengetahuan bekerjasama dengan Pusdatin, Bappenas, termasuk di dalamnya adalah manajemen dan konfigurasi server untuk keperluan aktivasi sistem;
d. Menyusun manual pengguna dan administrator Sistem Pengelolaan Pengetahuan;
e. Menyusun dokumentasi pengembangan struktur database dan pengembangan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengetahuan;
f. Bertanggung jawab terhadap penyelesaian masalah, konfigurasi database, capacity planning, dan performance tuning;
g. Melakukan
training atau coaching bagi staf Bappenas dalam mengoperasikan Sistem baik
sebagai pengguna maupun administrator;
Kualifikasi yang dibutuhkan:
a. Memiliki latar pendidikan S1 di bidang teknik
informatika atau computer atau sejenis dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun;
b. Memiliki pengalaman bekerja dalam system pemerintah
atau mitra pembangunan;c. Berpengalaman dalam mendesain internet-based distribution network dan mengembangkan website;
d. Menguasai dan berpengalaman dalam bahasa pemograman HTML, PHP, JavaScript, CSS
e. Memiliki pengalaman dalam bekerja menggunakan MS Access, XML/XLS dan MySql
f. Memiliki pengalaman menggunakan AJAX, DHTMLX dan jQuery
g. Memiliki kemampuan dalam menggunakan Windows XP, Windows 2000, Windows 95/98, Windows NT 4.0 and RedHat Linux operating systems
h. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas
3. Data Analyst (2 orang). Kode DA
Bertanggung jawab dalam hal:
a. Menulis
ringkasan informasi program pembangunan dalam format yang telah disetujui oleh
Direktoran Pendanaan Luar Negeri Multilateral Bappenas;
c. Melakukan kategorisasi informasi dan pengetahuan berdasarkan kategorisasi yang telah dikembangkan dalam sistem pengelolaan pengetahuan;
d. Mengunggah hasil ringkasan dan konsolidasi informasi dan pengetahuan ke dalam sistem;
e. Melakukan quality control terhadap sistem pengelolaan pengetahuan yang dikembangkan;
f. Memberikan masukan dalam pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan;
8. Membangun jejaring dengan pihak-pihak terkait diantaranya adalah Pusdatin, Pusbindiklatren dan Direktorat lain di Bappenas; Kementerian/Lembaga terkait; Mitra Pembangunan, Lembaga Penelitian dan Lembaga Non Pemerintah terkait; untuk bekerjasama menghimpun informasi dan pengetahuan dari lembaga-lembaga tersebut dalam rangka memperkaya database sistem pengelolaan pengetahuan;
9. Melakukan
training atau coaching bagi staf Bappenas dalam mengoperasikan Sistem baik
sebagai pengguna maupun administrator;
Kualifikasi yang dibutuhkan:
a. Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1 dengan
pengalaman kerja minimal 3 tahun;b. Memiliki pengalaman bekerja dalam sistem pemerintah atau mitra pembangunan (donor);
c. Memiliki kemampuan presentasi, komunikasi dan
menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris;
d. Memiliki pengalaman dan pemahaman dalam pengembangan sistem dan aplikasi teknologi informasi di pemerintahan, baik pusat maupun daerah;
e. Memiliki kemampuan menggunakan MS Word, MS Excel dan MS Access;
f. Kemampuan dan pengalaman bekerja menggunakan MS Access, XML/XLS dan MySql menjadi keunggulan yang sangat besar;
g. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.
d. Memiliki pengalaman dan pemahaman dalam pengembangan sistem dan aplikasi teknologi informasi di pemerintahan, baik pusat maupun daerah;
e. Memiliki kemampuan menggunakan MS Word, MS Excel dan MS Access;
f. Kemampuan dan pengalaman bekerja menggunakan MS Access, XML/XLS dan MySql menjadi keunggulan yang sangat besar;
g. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.
Bagi kandidat yang berminat dapat menyampaikan
Surat lamaran beserta dokumen pendukung (CV, Ijazah, KTP, NPWP )
dengan mengirimkannya kepada Sekretariat SEDSSTC, melalui email:
SEDSSTC.IFAD@gmail.com
selambatnya tanggal 8 Agustus 2016 Harap e-mail dapat dikirimkan dengan subyek dengan Kode masing-masing posisi
No comments:
Post a Comment