Wednesday, September 28, 2016

PMU GF HSS (Kementerian Kesehatan RI)

Project GF Health System Strengthening (HSS) adalah proyek di bidang kesehatan atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan) dan Global Fund yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan khususnya di 2 bidang antara lain sistem informasi kesehatan (SIK) dan manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan. Proyek dilaksanakan di 5 provinsi: Sumatera Utara, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku. Dari setiap provinsi akan dipilih 2 kab/kota sebagai lokasi proyek.
Untuk hal tersebut, akan dibentuk organisasi pengelola proyek di provinsi dan kab/kota yang disebut PMU (Project Management Unit) untuk bekerja pada Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota. PMU sebagai perpanjangan dari keberadaan PMT (Project Management Team) yang telah terbentuk di Kementerian Kesehatan RI.
Selanjutnya, Kami dari tim seleksi calon pegawai mencari calon/kandidat untuk mengisi posisi sebagai berikut:
PMU PROVINSI: KOORDINATOR, M&E, FINANCE, ADMINISTRASI/LOGISTIK
Koordinator (1 orang)
·       Ruang Lingkup:
a)    Mengkoordinasikan dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan Project Management Unit, yaitu M&E Unit, Finance Unit, administrasi/logistik, TST di tingkat Provinsi dan Kabupaten
b)   Bertanggung jawab untuk memonitor administrasi dan keuangan proyek, termasuk verifikasi pengeluaran dan laporan keuangan setelah dianalisis dan diverifikasi oleh Finance Unit di tingkat Provinsi dan Kab/Kota.
c)    Mengkoordinasi dalam analisis dan assessment keuangan dan program performance dalam laporan bulanan dan pencapaian indikator.
d)   Membuat laporan kegiatan bulanan, kuartal, dan tahunan terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Provinsi dan Kab/Kota yang dilaporkan ke PR
·       Kriteria
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Min S2 Kesehatan.
3.    Min 5 tahun (dengan Minimal 3 tahun di NGO), berpengalaman sebagai kordinator atau team leader diproyek hibah/loan, memahami mekanisme kerja di pemerintahan, memahami Sistem kesehatan khususnya SIK dan penanganan Obat (yang berkatitan dengan salah satu program AIDS, TB, Malaria);
4.    Mampu membuat laporan proyek
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris.

 
MnE (1 orang)
·       Ruang Lingkup:
a)    Bertanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan rencana GF HSS M&E workplan
b)   Monitoring persiapan anggaran, rencana kerja untuk kegiatan HSS di provinsi dan kab/kota, termasuk skema pemrograman ulang, sehingga akan memastikan pencapaian tepat waktu sesuai dengan indikator Performance Framework ;
c)    Mendukung dan memfasilitasi  M&E Kab/Kota dan TST (konsultan) untuk menyediakan pengembangan kapasitas dan/ atau penguatan melalui pengawasan dan / atau mentoring langsung dari pelaksanaan rencana M&E, termasuk pada proses pelaporan;
d)   Memastikan M&E kab/kota dapat menyediakan data dan pelaporan update progress M&E yang dilaporkan ke M&E Pusat setiap bulan;
e)    Bekerja sama dengan unit lain (khususnya dengan Finance) untuk memastikan persiapan dan pengumpulan data dan justifikasi yang tepat untuk variance analysis report serta memastikan pencapaian indikator sasaran sesuai rencana kerja, termasuk untuk memastikan keterkaitan antara pencapaian program dan keuangan;
f)     Berkoordinasi dengan seluruh unit termasuk PMU Kab/Kota dan Dinas Kesehatan Provinsi dan TST untuk mengembangkan dan/ atau memperkuat kemitraan dengan mitra yang tersedia di daerah;
·       Kriteria:
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Tingkat pendidikan Sarjana (S-1) diutamakan bidang Kesehatan atau bidang terkait lainnya;
3.    Pernah sebagai M&E dan memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi proyek kesehatan (diutamakan proyek yang dikelola oleh pemerintah atau proyek GF);
4.    Memahami proses monitoring dan evaluasi dan Proyek Global Fund atau proyek NGO International lainnya;
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris.
 
Finance (2 orang)
·       Ruang Lingkup:
a)    Mendukung dan memfasilitasi transaksi administrasi keuangan harian dan memastikan sesuai dengan regulasi keuangan
b)   Mendukung dan melakukan manajemen keuangan proyek termasuk mempersiapkan dan mereview semua dokumen keuangan untuk menjadi masukan dalam membuat financial report  bulanan dan dokumen pendukung yang dilaporkan ke finance specialist
c)    Memastikan semua pengeluaran sesuai dengan workplan di Provinsi dan Kab/Kota
d)   Monitoring cash flow, pengajuan uang muka dan realisasi keuangan proyek ditingkat Provinsi dan Kab/Kota
e)    Mengkoordinasikan dan monitoring finance kab/kota untuk menyerahkan dan melengkapi dokumen keuangan serta financial report tepat waktu untuk direview dan diserahkan ke finance pusat
f)     Mendukung dan memastikan bahwa semua penggunaan dana untuk semua transaksi dibuat dengan persetujuan dari penanggung jawab (bendahara pembantu pengeluaran).
g)    Mengatur penggunaan petty cash sesuai dengan regulasi keuangan
·       Kriteria
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Tingkat pendidikan minimal S1 diutamakan di jurusan akutansi atau manajemen keuangan;
3.    Memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja dalam bidang sejenis (diutamakan pernah bekerja di proyek bidang kesehatan, berpengalaman mengelola keuangan proyek Global Fund atau proyek NGO International lainnya);
4.    Mampu menggunakan aplikasi keuangan
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris
 
Administrasi/Logistik (1 orang)
·       Ruang Lingkup
a.    Mendukung pelaksanaan administrasi dan logistik di tingkat Provinsi
b.    Bertanggung jawab terhadap pegelolaan barang dan jasa di tingat provinsi dan Kab/Kota
c.     Melakukan persiapan meeting, workshop dan seminar (termasuk kompilasi dokumen, peralatan dan perlengkapan kantor)
d.    Memfasilitasi unit lain termasuk TST dalam administrasi termasuk filling dokumen (pelaporan);
e.    Memfasilitasi dalam pemantauan dan penggunaan barang/jasa dan pelaksanaan administrasi;
f.     Membantu mempersiapkan dokumen kerjasama, persuratan dan legal dokumen termasuk filling dokumen GF HSS project.
·       Kriteria
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Min D3 Segala Jurusan;
3.    Min 3 tahun, mengerti proses pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4.    Memiliki pengalaman mengelola dana hibah/pinjaman;
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris
 
 
 
 
 
PMU KAB/KOTA: M&E, FINANCE, ADMINISTRASI/LOGISTIK
M&E (1 orang)
·       Ruang Lingkup:
a)    Bertanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan rencana GF HSS M&E workplan dan action plan di Kab/Kota
b)   Melaksanakan persiapan anggaran, rencana kerja untuk kegiatan HSS di kab/kota, termasuk skema pemrograman ulang, sehingga akan memastikan pencapaian tepat waktu sesuai dengan indikator Performance Framework ;
c)    Menyediakan data dan pelaporan update progress M&E di Kab/Kota setiap bulan yang dilaporkan ke M&E Pusat;
d)   Bekerja sama dengan unit lain (khususnya dengan Finance) untuk memastikan persiapan dan pengumpulan data dan justifikasi yang tepat untuk variance analysis report serta memastikan pencapaian indikator sasaran sesuai rencana kerja, termasuk untuk memastikan keterkaitan antara pencapaian program dan keuangan;
e)    Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab/Kota dan TST Kab/kota untuk mengembangkan dan/ atau memperkuat kemitraan dengan mitra yang tersedia di daerah;
·       Kriteria M&E Kab/Kota
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Tingkat pendidikan minimal  D3 diutamakan di bidang Kesehatan atau Manajemen atau bidang terkait lainnya;
3.    Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi proyek kesehatan (diutamakan proyek yang dikelola oleh pemerintah atau proyek GF);
4.    Memahami proses dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi;
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris
 
Finance (1 orang)
·       Ruang Lingkup:
a)    Mendukung dan memfasilitasi transaksi administrasi keuangan harian dan memastikan sesuai dengan regulasi keuangan
b)   Mendukung dan melakukan manajemen keuangan proyek termasuk mempersiapkan dan mereview semua dokumen keuangan untuk menjadi masukan dalam membuat financial report  bulanan dan dokumen pendukung yang dilaporkan ke finance provinsi
c)    Memastikan semua pengeluaran sesuai dengan workplan di Kab/Kota
d)   Monitoring cash flow, pengajuan uang muka dan realisasi keuangan proyek ditingkat Kab/Kota
e)    Menyerahkan dan melengkapi dokumen keuangan serta financial report tepat waktu untuk direview dan diserahkan ke finance provinsi
f)     Mendukung dan memastikan bahwa semua penggunaan dana untuk semua transaksi dibuat dengan persetujuan dari penanggung jawab (bendahara pembantu pengeluaran).
g)    Mengatur penggunaan petty cash sesuai dengan regulasi keuangan
·       Kriteria Finance Kab/Kota
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Tingkat pendidikan minimal D3 diutamakan di jurusan akutansi atau manajemen keuangan;
3.    Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja dalam bidang (diutamakan pernah bekerja di proyek bidang kesehatan, berpengalaman mengelola keuangan proyek Global Fund atau proyek NGO International lainnya);
4.    Mampu menggunakan aplikasi keuangan
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris
 
Administrasi/Logistik (1 orang)
·       Ruang Lingkup:
a.    Melaksanakan tugas administrasi dan logistik di tingkat Kab/Kota
b.    Bertanggung jawab terhadap pegelolaan barang dan jasa di tingkat Kab/Kota
c.     Melakukan persiapan meeting, workshop dan seminar (termasuk kompilasi dokumen, peralatan dan perlengkapan kantor)
d.    Memfasilitasi unit lain termasuk konsultan dalam administrasi termasuk filling dokumen (pelaporan);
e.    Memfasilitasi dalam pemantauan dan penggunaan barang/jasa dan pelaksanaan administrasi;
f.      Membantu mempersiapkan dokumen kerjasama, persuratan dan legal dokumen termasuk filling dokumen GF HSS project.
·       Kriteria:
1.    Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2.    Min D3 Segala Jurusan;
3.    Min 2 tahun, mengerti proses pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
4.    Memiliki pengalaman mengelola dana hibah/pinjaman;
5.    Memiliki kemampuan MS Office (Word, Excel, Power Point)
6.    Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris
 
CV dan surat lamaran dapat dikirimkan ke email: rekrutmentpmu@gmail.com dengan subject sesuai dengan nama provinsi dan posisi yang diinginkan.
Note. Untuk pelamar kabupaten harus bersedia ditempatkan di 2 kab/kota dalam provinsi yang dipilih.
Contoh:
Nama Provinsi_posisi: Sumut_koordinator
Nama Provinsi_kab_posisi: Jatim_kab_finance
Surat lamaran dan CV kami terima paling lambat tanggal 2 Oktober 2016.
 

No comments:

Post a Comment