Advertisement

Tuesday, September 6, 2016

RFP : Cocoa Life Program – Kabupaten Lima Puluh Kota & Pasaman Propinsi Sumatera Barat

Yayasan Sayangi Tunas Cilik

Kesempatan Mengajukan Proposal
Cocoa Life Program – Kabupaten Lima Puluh Kota & Pasaman
Propinsi Sumatera Barat

A.   Pengantar
Yayasan sayangi Tunas Cilik – mitra Save the Children mengembangkan program upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Petani Kakao di Kabupaten Lima Puluh Kota & Pasaman melalui Program Cocoa Life yang didukung oleh Mondelez International yang dimulai sejak periode Mei tahun 2016 Maret 2018.
Program Cocoa Life bertujuan untuk memberdayakan petani kakao dan keluarga mereka, dengan penekanan pada kaum muda dan perempuan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan anak serta mempromosikan pertanian kakao berkelanjutan di provinsi Sulawesi Selatan, Lampung & Sumatera Barat.
Program Cocoa Life ini memiliki 5 pilar sebagai pendekatan program yang meliputi: (1) Pertanian, (2) Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan, (3) Mata Pencaharian, (4) Pemuda dan (5) Lingkungan Hidup.

Yayasan Sayangi Tunas Cilik dalam hal ini mengambil peran sebagai pelaksana di 4 Pillar:
(1)   Pilar Mata Pencaharian: Untuk memastikan pendapatan yang berkelanjutan petani kakao melalui integrasi dengan komoditas non-kakao lainnya dan mengurangi kerentanan.
(2)   Pilar Pemberdayaan Masyarakat & Perempuan: Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk pertanian kakao yang berkelanjutan melalui perencanaan pembangunan yang berkualitas melalui advokasi untuk pembangunan sosial masyarakat serta memastikan keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan.
(3)   Pilar Pemuda: Untuk meningkatkan kemampuan pemuda 'untuk menganalisis pilihan mata pencaharian dan mengurangi kerentanan mereka terhadap pekerjaan yang eksploitatif, dan memenuhi kebutuhan remaja dengan mempertimbangkan kaum pemuda untuk menjadi petani kakao dengan menyesuaikan intervensi & pendekatan terhadap kaum pemuda.
(4)   Pilar Lingkungan: Berkontribusi terhadap konservasi hutan untuk sumber daya alam yang berkelanjutan digunakan dalam pertanian kakao.

Dalam pelaksanaan program kegiatan di ke 4 pillar tersebut di atas, Yayasan Sayangi Tunas Cilik akan berkerjasama dengan lembaga mitra  dalam mengimplementasikan program di 12 Desa/ Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota (7 Nagari) & Pasaman (5 Nagari), Propinsi Sumatera Barat pada periode tahun 2017 - 2018.

B.    Siapa penerima manfaat program?

Penerima manfaat utama program adalah:
  1. Kabupaten Lima Puluh Kota: Masyarakat di 7 Nagari (Mungo, Andaleh, Sungai Kamuyang, Sariklaweh, Batu Balang, Labuah Gunuang & Ampalu)
  2. Kabupaten Pasaman: 5 Nagari (Detail desa/ nagari akan di konfirmasi kemudian)
  3. Mayarakat penerima manfaat di kedua kabupaten ini meliputi: Kelompok Petani, kelompok Perempuan & anak muda usia 18-24 tahun
 
C.   Apa peran Lembaga mitra?

Kerja sama ini memungkinkan untuk dilakuka dalam jangka panjang. Namun, untuk kesempatan ini, Kami membuka kesempatan kerja sama dalam selama periode 10 bulan (terhitung bulan Maret sampai Desember 2017) dengan fokus kerjasama di Pilar Pemberdayaan Masyarakat & Kaum Perempuan dengan bentuk  kegiatan :
  •  Melakukan Community Immersion proses di ke 7 Desa/ Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota & 5 Desa/ Nagari di Kabupaten Pasaman sebagai daerah intervensi program
  • Pembentukan Komite Pengembangan Masyarakat (CODEC – Community Development Comitee) di setiap desa/ Nagari yang menjadi daerah intervensi serta melakukan kegiatan peningkatan kapasitas terhadap CODEC yang sudah dibentuk di masing – masing desa/ Nagari
  • Melakukan Program Design Meeting untuk menghasilkan Rencana aksi Desa / Community Action Plan (CAP) dari masing – masing desa/ nagari yang menjadi daerah program intervensi.
  • Linking Rencana Aksi Desa/ Community Action Plan ke proses Musrembang Desa sampai ke tingkat Kabupaten
  • Melakukan pelatihan penguatan kelompok Perempuan yang telah terbentuk ditingkat desa termasuk melakukan pelatihan managemen kelompok
  • Peningkatan kapasitas untuk kelompok perempuan melalui pelatihan bisnis dasar pada saat pertemuan bulanan
  • Membangun dan meningkatkan partisipasi dan kapasitas perempuan dalam pengambilan keputusan melalui keterlibatan mereka dalam dialog dengan pemerintah, proses Musrembang atau lainnya proses yang dilakukan di tingkat desa untuk memastikan prioritas perempuan termasuk dalam proses perencanaan dan penganggaran selama dan setelah pelaksanaan proyek.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengakses informasi pada link berikut : https://indonesia.savethechildren.net/jobs/job-details/455

Proposal dikirim melalui email ke : Procurement.Indonesia@savethechildren.org  dengan subject Cocoa Life Program_(Nama Lembaga). Batas akhirmemasukan proposal pada tanggal 22 September 2016,  pukul  17.00 WIB.

Untuk Informasi, silahkan kontak : Indonesia.Award@savethechildren.org

No comments:

Post a Comment