Advertisement

Friday, November 4, 2016

Vacancy - Gender Officer (GO)

Vacancy – GENDER OFFICER (GO)

Increasing Wealth and Food Security through the Integrated Co-operative
Business Model (INVEST Co-op) Indonesia
Lokasi penugasan :     Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan - Indonesia
Kontrak   : Full time 32 bulan (Nopember 2016 – September 2019), 6 bulan masa percobaan, dengan kemungkinan perpanjangan
Melapor ke   :     Gender Advisor
Persyaratan perjalanan   :     Kunjungan rutin ke lokasi proyek (di Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Luwu Utara)

Latar Belakang

LP3M (Lembaga Pengkajian Pedesaan, Pantai dan Masyarakat) membuka kesempatan untuk bekerja sebagai Gender Officer (GO) yang mempunyai pengalaman bekerja di masyarakat,  pengalaman dalam mengelola proyek dengan perspektif gender serta menguasai peralatan untuk melakukan analisa gender. Kandidat yang terpilih akan menjadi bagian dari tim implementasi Proyek Indonesia Invest Kuat yang berlokasi di 4 Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Proyek ini merupakan bagian integral dari Implementasi Proyek Invest Co-op di 4 (empat) negara  yang dilakukan oleh CCA (Canadian Co-operative Association) dengan dukungfan dana dari Global Affairs Canada dengan partner kerja LP3M Makassar dan Marine Institute (MI) yang akan memberikan bantuan teknis.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan 140.000 petani kecil di Malawi, Peru, Mongolia dan Indonesia. Di Indonesia proyek ini akan menguatkan petani rumput laut, bandeng dan udang di 4 (empat) Kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Luwu Utara melalui percontohan koperasi yang dikelola dari dan oleh petani itu sendiri. Diharapkan koperasi ini juga akan berfungsi sebagai alat untuk melibatkan perempuan di sektor ekonomi secara formal sekaligus sebagai agen perubahan yang juga dapat meningkatkan situasi sosial ekonomi keluarga dan masyarakat.

Deskripsi tugas :

1.             Membantu Gender Advisor dalam mengembangkan materi pelatihan (memastikan aspek gender terintegrasi dalam bahan, pendekatan, dan laporan).
2.             Berkolaborasi erat dengan Koordinator Proyek, Koordinator Pelatihan & Logistik, dan Koordinator Lapangan untuk memastikan kesetaraan gender dan / atau kesetaraan dalam kegiatan pelatihan.
3.             Memberikan dukungan dalam pelaksanaan yang efektif dari Strategi Kesetaraan Gender dan Rencana Aksi melalui pengarusutamaan gender dan fokus strategi gender.
4.             Membantu gender advisor dalam mengelola penyaluran tugas dengan memantau kemajuan pekerjaan melalui kunjungan lapangan, perencanaan kerja dan ulasan kemajuan pertemuan sesuai dengan Rencana Kerja Tahunan.
5.             Membantu gender advisor untuk Memastikan pelaksanaan tepat waktu dan efektif penyaluran tugas untuk menghasilkan hasil yang berkualitas dan memberikan masukan teknis untuk laporan kemajuan secara teratur.
6.             Membantu gender advisor dalam Mengidentifikasi alat, pelajaran dan praktik yang baik dari Sulawesi dan daerah lain di Indonesia yang dapat dimanfaatkan di proyek Invest Co-op Indonesia KUAT. 
7.             Melakukan pelatihan gender dengan Gender Advisor, dan tindak lanjut pelatihan gender di lokasi proyek.
8.             Membantu Koordinator Proyek dalam kegiatan monitoring, menulis laporan untuk komponen jender, dan kemajuan proyek dari perspektif gender.
9.             Mendukung Gender Advisor di pelatihan staf proyek untuk menyadarkan tentang gender di tempat kerja.
10.           Melaksanakan tugas-tugas lain yang relevan seperti yang diidentifikasi dari waktu ke waktu.

Kualifikasi yang dibutuhkan :
1.       Punya pengalaman minimal 3 (tiga) tahun bekerja dengan proyek donor
2.       Mempunyai kemampuan melatih partisipatif
3.       Pernah mengikuti minimal basic gender training
4.       Bisa bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik dalam tim dengan anggota yang beragam
5.       Mampu mengembangkan ide-ide untuk produk lokal yang dikelola oleh perempuan
6.       Mampu untuk menulis laporan berdasarkan analysis yang tepat dan memberikan masukan untuk kegiatan proyek yg akan melibatkan perempuan dan laki laki secara adil.
7.       Sanggup untuk melakukan perjalanan di lokasi proyek untuk jangka waktu tertentu
Proses rekrutmen :

Lamaran dapat ditulis dengan melampirkan :
1.       Cover letter yang menjelaskan ketertarikannya untuk menjalankan tugas sebagai Gender Officer,
2.       CV terakhir.
Dan kirim melalui email ke: info.lp3mkuat@gmail.com, dengan baris subjek berikut: "Invest Co-op Indonesia KUAT: Gender Officer - [nama belakang Anda]".
Aplikasi harus diterima paling lambat 6 Nopember 2016 pada tengah malam waktu setempat (Makassar - GMT +8).

LP3M mendorong pria dan wanita untuk melamar.
Hanya kandidat terpilih akan dihubungi.

No comments:

Post a Comment