Thursday, December 29, 2016

[Lowongan Kerja] CBO Program Team Leader

Posisi: CBO Program Team Leader (penyediaan akses air bersih dan sanitasi pedesaan)
Katergori: Full-time kontrak position
Batas waktu: 9 Januari 2017
 
Latar Belakang
Water.org adalah sebuah organisasi nirlaba dari Amerika Serikat yang menyediakan solusi berkelanjutan terhadap krisis air global dan akses terhadap sanitasi yang layak. Di Indonesia, Water.org sudah mulai memberikan dukungan dalam riset peningkatan akses pelayanan air dan sanitasi serta perilaku hidup sehat bekerja sama dengan mitra 1. Lembaga Keuangan Mikro (LKM/Bank), 2. Badan Pengurus Sistem Pengelola Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) dan 3. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) 4. Lembaga atau Perusahaan yang memiliki program dalam peningkatan akses air dan sanitasi. Untuk program penguatan terhadap Kelompok Pengelola Sistem Air Bersih Perpipaan Pedesaan atau program Community Based Organization (CBO) Water.org bekerja sama dengan Asosiasi Kelompok Pengelola Sistem Air Bersih di tingkat Kabupaten dan stakeholder Kabupaten. Kegiatan penguatan difokuskan pada rencana pengembangan pelayanan air oleh CBO dan mendorong agar CBO mampu mengembangkan pelayanan dengan dukungan dari LKM atau perbankan. Dalam hal ini, CBO akan melakukan program investasi setelah dinilai layak oleh LKM atau Bank untuk mendapatkan pinjaman investasi pembiayaan sarana air bersih sesuai dengan program bisnis yang dibuat oleh CBO melalui program penguatan dari tim CBO Water.org.
Untuk meningkatkan akses air bersih melalui program CBO di Indonesia tiga tahun ke depan, Water.org membutuhkan satu orang untuk posisi CBO Program Team Leader.
 
Deskripsi Pekerjaan
Water.org mencari 1 orang CBO Program Tim Leader yang  terampil dan memiliki motivasi kuat untuk mendukung peluncuran dan pelaksanaan program baru yang difokuskan pada penyediaan air bersih dan sanitasi pedesaan. Posisi ini akan berkedudukan di Jakarta dengan melakukan kegiatan perjalanan ke lokasi CBO program di Indonesia.. CBO Program Tim Leader melapor kepada CBO Senior Program Manager. CBO Program Tim Leader akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan sektor air dan sanitasi baik di Tingkat Nasinal, Provinsi dan Kabupaten.
CBO Program Tim Leader akan mengelola program CBO, mitra CBO dan staf CBO untuk program CBO Water.org di Indonesia, termasuk pelaksanaan program CBO dan manajemen keuangan CBO, pengembangan mitra CBO, serta program monitoring dan evaluasi. Tanggung jawab utama CBO Tim Leader meliputi:
1.  Bertanggung Jawab dalam pengelolaan program CBO sesuai dengan program CBO yang ditetapkan oleh Water.org.
2. Melakukan Pemetaan CBO: Mengidentifikasi dan menilai CBO serta mengelola informasi ke dalam database yang akan digunakan untuk kegiatan penguatan dan pembiayaan CBO. Mengidentifikasi CBO yang kuat dengan potensi ysng tinggi untuk meningkatkan atau memperluas layanan air perpipaan atau sanitasi.
3. Melakukan Penguatan CBO: Bekerja dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (stakeholder) di bawah Pokja AMPL, Asosiasi CBO dan Pemerintah Indonesia, memperkuat potensial CBO untuk memastikan bahwa mereka memiliki kapasitas operasional dasar untuk meningkatkan pelayanan air dan sanitasi, dapat mengakses pembiayaan komersial untuk memperluas, dan mempertahankan operasi untuk jangka panjang.
4.  Mewujudkan Program Pembiayaan CBO:
a) Mengelola partisipasi Lembaga Keuangan/Bank pada program pembiayaan CBO. Melakukan analisa lembaga keuangan/Bank baru untuk partisipasi, mengevaluasi pengajuan pinjaman CBO, mengelola seluruh data dan sistem monitoring, membuat laporan yang dibutuhkan.
b)  Menyajikan potensi investasi CBO kepada Lembaga Keuangan/Bank, memberikan pelatihan dan dukungan kepada Lembaga Keuangan/Bank untuk produk dan pencairan pinjaman CBO dan mendampingi pengajuan pinjaman oleh CBO.
5.  Monitoring dan Evaluasi CBO: Memonitor dan melaporkan kemajuan Program CBO, pembiayaan yang diberikan kepada CBO, dan dampak program kepada rumah tangga; mengevaluasi strategi program pembiayaan CBO; untuk selanjutnya melakukan penyesuaian yang tepat untuk memastikan tujuan tercapai.
 
Rincian Pekerjaan
Program Desain
·   Membuat perencanaan dan pelaksanakan Program Penguaatn dan Pembiayaan CBO.
·   Menentukan standar operasional program CBO yang digunakan untuk menilai, menganalisa, dan memantau kapasitas CBO.
· Mengembangkan materi pelatihan CBO untuk pengembangan kapasitas CBO terkait dengan kapasitas bisnis termasuk kelembagaan, perencanaan, penganggaran, akuntansi, SDM dan operasi.
·   Mengidentifikasi dan berkolaborasi dengan Lembaga Keuangan/bank.
· Meningkatkan kelayakan pembiayaan CBO sehingga CBO bisa mendapatkan pembiayaan lebih besar dari Lembaga Keuangan/Bank.
· Negosiasi dan membuat perjanjian dengan CBO, Asosiasi CBO, Lembaga Keuangan/Bank, PAMSIMAS dan pemangku kepentingan lainnya ketika dibutuhkan.

Program Manajemen dan Capacity Building
·  Membuat dan mengelola database CBO terkait dengan kapasitas operasional CBO.
·  Mengelola pelaksanaan penguatan CBO bekerja sama dengan stakeholder untuk memastikan peningkatan kapasitas CBO dan cakupan layanan di daerah pedesaan.
· Mengelola kegiatan workshop forum CBO, dan pertemuan mitra untuk berbagi pengetahuan dan berkolaborasi dengan stakeholder.
· Menganalisis kelayakan kredit CBO dan mengidentifikasi CBO yang siap untuk mengakses pinjaman untuk peningkatan infrastruktur dan perluasan layanan dari CBO tersebut.
· Mendukung CBO untuk melengkapi persyaratan pinjaman dari Lembaga Keuangan/Bank sampai dengan pencairan dan penggunaannya secara efektif dan efisien.
·  Melakukan pemaparan terkait potensi pasar CBO, membangun pemahaman Lembaga Keuangan/Bank terkait potensi investasi pada CBO, memberikan pendampingan kepada Lembaga Keuangan/Bank dalam membuat produk pembiayaan untuk CBO.
· Memberikan dukungan pada CBO dalam membuat perencanaan teknis, pelaksanaan pembangunan, dan jasa pelayanan lainnya yang melibatkan pihak ketiga.
· Mengelola semua penambahan pembiayaan termasuk pengajuan pinjaman CBO, pencairan pinjaman CBO, penggunaan pinjaman CBO dan angsuran pinjaman CBO.
 
Program Monitoring dan Manajemen Data
·  Memantau kemajuan CBO sesuai dengan kebutuhan standar pelaksanaan termasuk infrastruktur dan perluasan layanan dari CBO.
·  Mengatur dan mengkomunikasikan informasi untuk memonitor kinerja program, peningkatan kegiatan CBO, dan mendukung misi Water.org.
·   Membuat laporan yang disampaikan kepada Water.org dan/atau penyandang dana program.
 
Kualifikasi
·  Setidaknya lima tahun berpengalaman yang relevan di bidang air bersih, sanitasi atau Lembaga Keuangan/Bank atau kegiatan sejenisnya.
·  Berpengalaman mengelola staf dan membangun tim kerja yang kuat.
· Memiliki pemahaman mendalam tenang landscape Lembaga Keuangan, Air dan Sanitasi di Indonesia dan tantangan yang menghambat akses air dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan.
· Berpengalaman membangun kapasitas penyedia layanan air/sanitasi termasuk operasi, manajemen dan komunikasi dengan masyarakat atau CBO.
·  Memahami program CBO BPSPAMS, HIPPAMS, PAMSIMAS dan SANIMAS.
· Memiliki pemahaman terkait penyusunan laporan keuangan dan berpengalaman dalam melakukan penguatan atau pendampingan program untuk mendapatkan akses ke pembiayaan bagi pengelola CBO terkait dengan pengelola usaha air atau sanitasi.
·  Fasih berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris lebih diutamakan.
· Latar belakang pendidikan minimal Sarjana di bidang terkait dengan prestasi akademik baik serta riwayat pekerjaan yang relevan.
·   Memiliki pengalaman di bidang manajemen proyek dan memiliki pola pikir kewirausahaan.
·  Menunjukkan kemampuan untuk memberikan hasil kerja yang baik dalam sebuah tim dan mampu berperan dalam berbagai tugas atau posisi.
·   Kesediaan untuk bepergian dengan intensitas perjalanan cukup tinggi di wilayah kerja CBO.
·   Memiliki ketrampilan menggunakan Microsoft Excel.
 
Gaji/Kompensasi
Ini adalah posisi kontrak 1 (satu) tahun dengan potensi untuk diperpanjang dan kompensasi yang kompetitif sesuai dengan pengalaman.
 
Informasi Lamaran
Kandidat yang tertarik dapat mengirimkan salinan CV dan surat lamaran yang menunjukkan minat ke:

Surat lamaran Anda akan dinilai setelah diterima. Tidak perlu menghubungi Water.org tentang status lamaran Anda.
Water.org adalah lembaga yang memberikan kesempatan yang sama. Kami tidak melakukan diskriminasi atas dasar usia, etnis, jenis kelamin, kebangsaan atau keyakinan agama.

No comments:

Post a Comment