Advertisement

Friday, December 30, 2016

[OXFAM] Call for Proposal: Fasilitator Lokakarya Gender dan buruh Perkebunan Sawit

OXFAM


SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA

Satu dari tiga penduduk dunia hidup dalam kemiskinan. Oxfam bertekad untuk mengubah kondisi tersebut dengan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Di seluruh dunia, Oxfam berupaya untuk menemukan solusi-solusi praktis dan inovatif guna membantu masyarakat untuk keluar dari kemiskinan dan hidup lebih baik. Oxfam menyelamatkan kehidupan dari berbagai ancaman dan membantu mengembangkan penghidupan masyarakat di masa krisis. Oxfam juga melakukan kampanye secara luas agar suara kaum miskin mampu mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Konsultan untuk Fasilitator Lokakarya Gender dan buruh Perkebunan Sawit

Latar belakang
Apa itu gender? gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi sosial dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Istilah gender ini pertama kali dikemukakan oleh para ilmuan sosial, mereka bermaksud untuk menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan yang mempunyai sifat bawaan (ciptaan Tuhan) dan bentukan budaya (konstruksi sosial). Banyak orang mengartikan atau mencampuri ciri-ciri manusia yang bersifat kodrati (tidak berubah) dengan non-kodrati (gender) yang bisa berubah dan diubah sepanjang zaman. Perbedaan gender ini pun menjelaskan orang berfikir kembali tentang peran mereka yang sudah melekat, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Di Indonesia masih banyak hambatan dalam pendekatan  kesetaraan gender, kenapa? karena adanya peraturan perundang-undangan yang diskriminatif, perlindungan hukum yang dirasakan masih kurang, dan adanya budaya (adat istiadat) yang biasakan gender.  Contoh ketidakadilan gender atau diskriminasi gender yaitu kurangnya pemahaman masyarakat  akan  akibat dari adanya  sistem struktur sosial  dimana salah satu jenis (laki-laki maupun perempuan) menjadi korban. Kesetaraan gender merupakan salah satu hak asasi manusia. Hak untuk hidup secara terhormat, bebas dari rasa ketakutan dan bebas menentukan pilihan hidup. Tidak  hanya diperuntukan bagi para laki-laki, pada hakikatnya perempuan pun mempunyai hak yang sama. Namun, sampai saat ini perempuan sering dianggap sebagai sosok pelengkap. Ketidakadilan gender ini sering terjadi dalam keluarga dan masyarakat, bahkan dalam dunia pekerjaan pun terjadi diskriminatif, termasuk yang dialami oleh buruh di perkebunan kelapa sawit.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan diskusi dan sosialisasi untuk kesamaaan pandangan bahwasannya semua buruh laki-laki maupun perempuan juga mempunyai hak untuk berkedudukan setara.

TUJUAN
1.        Membangun kepekaan buruh untuk memahami kaitan antara ketidaksetaraan gender di perkebunan sawit. 2.        Memahami adanya perbedaan implikasi yang dirasakan oleh buruh perempuan dan laki-laki di perkebunan sawit.
3.        Mengenali dan menjadikan perbedaan kepentingan, pengalaman serta kapasitas buruh perempuan dan laki-laki sebagai dasar membuat perencanaan strategi dan model kerja, serta mengimplementasikan dan mengevaluasi semua kegiatan
4.        Membuat draft ToT Modul tentang gender dan buruh sawit.
SASARAN PESERTA - sekitar 20-25 orang
Buruh laki-perempuan di perkebunan sawit @ 2 orang : dari Sumut, Kalbar, Kalsel, Aceh yang peduli dengan isu kesetaraan gender
Lokasi Kegiatan: Pontianak

PENGETAHUAN & PENGALAMAN YANG DIBUTUHKAN
· Institusi/Organisasi yang berpengalaman dalam advokasi di dunia perburuhan
· Pemahaman yang baik mengenai isu – isu Gender pada dunia perburuhan
· Memiliki pengalaman melakukan Training of Trainer
· Memiliki pengalaman membuat modul ToT
· Memiliki komunikasi yang baik dan bekerja berbasis hasil
· Dapat mendemonstrasikan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
· Familiar dalam mengoperasikan MS Office seperti MS Word, Excel dan Power Point


Proposal dan budget dapat dikirimkan melalui email ke
jakarta@oxfam.org.uk, dengan subject “Fasilitator Lokakarya Gender dan buruh Perkebunan Sawit”. Batas pengiriman proposal: 9 Januari 2017.



Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.
Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)

No comments:

Post a Comment