Friday, December 23, 2016

Website Admin & Support Project MCAI- Kemitraan


TERM OF REFERENCE (TOR)/KERANGKA ACUAN
 
Titel Jabatan
Website Admin & Support untuk Projek MCA-Indonesia - Kemitraan
 
Jenis Kontrak
 
Penugasan Jangka Panjang
Kebangsaan
Indonesia
 
Jangka Waktu
Februari - Desember 2017 (maksimum 10 bulan)
 
 
Latar Belakang
 
Proyek Kemakmuran Hijau MCAI telah menyetujui proposal yang diajukan oleh Kemitraan berjudul “Membangun Wirausaha Perhutanan Sosial yang Produktif dan Berkelanjutan di Provinsi NTB, NTT dan Sulawesi Tenggara”. Proyek Kemitraan yang akan didanai oleh program hibah PSDABM (Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat) MCAI tersebut akan dilaksakan di tiga lokasi di Indonesia Timur, yaitu: Lombok Tengah, Sumba Timur, dan Kolaka.
 
Sejak masa penyusunan proposal pada bulan Desember 2015, telah disepakati bahwa proyek ini akan dilaksanakan melalui konsorsium lima organisasi, yaitu: Kemitraan (sebagai organisasi pemimpin), Yayasan SAMANTA, PELITA Sumba, Yayasan KOPPESDA, dan LAPAK-SULTRA. Proyek ini akan dilakukan di 18 Desa (tujuh Kecamatan) pada tiga Kabupaten, yaitu: Desa Mehang Mata, Praimbana, Umalulu, Lairuru, Tama, Kuruwakih, Meorumba dan Kambata Bundung (Kabupaten Sumba Timur, NTT), Desa Mangkung, Kabul, Pandan Indah, Batu Jangkih, Aik Berik, dan Lantan (Kabupaten Lombok Tengah, NTB), dan Desa Ulunggoloka,Kolakasih, Induha, dan Mangolo (Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara).
 
Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dan keberlanjutan dari pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat, yang mana pada prakteknya juga dapat menurunkan emis Gas Rumah Kaca (GRK). Bermacam kegiatan dirancang agar projek ini mendukung perluasan tata kelola masyarakat melalui perhutanan sosial; peningkatan penggunaan lahan melalui perkebunan berkelanjutan; pertumbuhan usaha ekonomi berbasis masyarakat yang memproses, mengemas, dan memasarkan bisnis produk-produk pertanian; meningkatkan kapasitas komunitas dalam mengelola bisnis pertanian berkelanjutan; pembentukan sumber energi baru terbarukan yang dapat dikelola oleh masyarakat secara berkelanjutan; serta pengelolaan informasi, pengetahuan dan pembelajaran selama periode projek ini berjalan.
 
Untuk mendukung pembangunan pengelolaan bisnis berbasis sumberdaya alam, projek ini akan mendukung tujuh kelompok komunitas bisnis tingkat Desa yang memproses kayu, produk-produk non-kayu, dan produk-produk perkebunan (coklat, cengkeh, kopi, kacang, jagung, dan jahe), serta pengelolaan atas 19 unit panel solar.
 
Projek ini akan memberikan manfaat langsung terhadap 6,206 KK pada Desa-desa yang akan menjadi lokasi projek, 18 Pemerintah Desa, dan tiga Kabupaten di tiga Provinsi. Masyarakat dan kelompok-kelompok komunitas (laki-laki dan perempuan) akan mendapatkan manfaat dari mengikuti semua kegiatan projek, termasuk kegiatan pembangunan kapasitas. Sebagai tambahan dari manfaat ekologis yang didapat dari peningkatan ekosistem, manfaat ekonomi juga didapat sebagai hasil dari unit ekonomi/bisnis yang dikelola secara langsung oleh komunitas.
 
Untuk mendukung tercapainya tujuan projek ini, telah dikembangkan sebuah website proyek MCA-Indonesia - Kemitraan yang berfungsi sebagai hub untuk pengelolaan sumber pengetahuan (Knowledge Resources Management) dan wadah komunikasi penyampai proses dan pencapaian dari projek kepada para pemangku kepentingan dan pebisnis yang bergerak di bidang perdagangan komoditas hutan dan perkebunan. Untuk memaksimalkan fungsi dari website tersebut setelah diluncurkan, maka dibutuhkan tenaga konsultan Web Admin & Support yang akan melakukan pemeliharaan dan pembaruan yang dibutuhkan agar website tersebut bekerja dengan efisiensi penuh.
 
Objektif Penugasan Konsultan
 
  1. Untuk melakukan pemeliharaan, perawatan, dan pembaruan bulanan yang dibutuhkan secara reguler terhadap situs web proyek MCA-Indonesia – Kemitraan.
 
Spesifik Tugas Utama
 
Key Deliverables:
1.       Melakukan perubahan isi halaman agar sesuai dengan skenario Mesin Pencari (Search Engine).
2.       Memodifikasi dan memperluas situs web dengan meningkatkan jumlah halaman.
3.       Mengoptimalkan situs web yang diperbarui dengan mesin pencari, untuk meningkatkan lalu lintas di situs.
4.       Menambahkan fitur-fitur baru yang ditambahkan ke situs (i.e. Mengembangkan fitur baru untuk melacak tingkat keberhasilan situs).
5.       Membuat website lebih menarik dan dengan menggunakan teknologi terbaru yang user-friendly.
6.       Berkoordinasi dengan tim program dan Comms. Specialist untuk mengubah isi serta menambahkan bagian baru ke situs web.
7.       Mengatur susunan layout dan gambar supaya menarik pengunjung
8.       Melakukan input/posting artikel, gambar dan editorial konten menarik lainnya ke situs web.,sesuai dengan arahan Comms. Specialist, berdasarkan pada pemutakhiran informasi yang berasal dari link medsos (i.e. Facebook, Twitter, Instagram, dll.) tentang pemberitaan perkembangan proyek.
9.       Melakukan penangan yang dibutuhkan dan memperbaiki situs web jika terjadi sistem error, bugs, hacking, update, dll.
10.   Melakukan backup-data reguler dan back-up akhir keseluruhan data/informasi yang sudah diposting di website pada akhir proyek
11.   Melakukan pemeliharaan sistem komentar.
12.   Melakukan pemeliharaan email contact.
13.   Menulis dan menyerahkan Laporan hasil pemeliharaan dan perawatan situs web tiap bulan.
 
Hasil yang Diharapkan
 
1.       Terdapat penambahan angka kunjungan ke situs web yang tercatat setiap bulannya.
2.       Konten situs web yang diperbarui secara reguler dengan posting artikel, gambar terbaru.
3.       Terdapat data yang di backup secara reguler.
4.       Situs Web yang secara reguler terlindungi dari sistem error, bugs, hacking, dll.
5.       Menyerahkan laporan bulanan hasil pemeliharaan dan perawatan situs web.
 
Kompetensi
 
A)        Technical/Functional
           Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sudah teruji untuk melakukan pemeliharaan sistem situs web yang dibutuhkan.
           Memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk memperbarui konten situs web.
           Memiliki kemampuan untuk memasang dan memastikan sistem firewall, anti-virus, dll. yang dibutuhkan oleh situs web berfungsi dengan semestinya dan diperbarui secara reguler.
           Memiliki kecakapan yang baik dalam menulis laporan serta dalam berkomunikasi untuk memberikan penjelasan mengenai kondisi situs web bilamana dibutuhkan.
 
B)         Manajerial
Efektif Koordinasi
q   Kecakapan dalam memberi arahan terhadap rancangan, sistem, dan memastikan kualitas dari produk akhir.
q   Kecakapan dalam memimpin analisa data dan informasi.
      Manajemen dan Kepemimpinan
q   Fokus terhadap dampak dan hasil bagi si pengguna jasa.
q   Memiliki keahlian unggul dalam menulis dan komunikasi verbal.
q   Menunjukkan kemampuan untuk memulai dan mengorganisasi suatu pekerjaan, menetapkan prioritas dalam lingkungan yang mengutamakan ketepatan waktu, memenuhi jadwal tenggat waktu tanpa mengabaikan perhatian penuh terhadap detil dan kualitas.
q   Bersedia untuk bekerja memberikan upaya lebih pada masa-masa kritis.
q   Memiliki kapasitas untuk mengumpulkan informasi yang komprehensif tentang situasi atau masalah yang kompleks; meng-evaluasi informasi secara akurat dan mengidentifikasi isu-isu kunci yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah.
q   Memiliki sikap antusias, positif dan konstruktif dalam melakukan pendekatan terhadap pekerjaan.
q   Memberikan respon positif terhadap masukan kritis dan perbedaan pendapat.
 
Kualifikasi
 
  • Bachelor/Master dalam Computer Science, Informatika, Programming, atau disiplin terkait.
  • Minimum 5 tahun pengalaman dalam membangun, merawat dan memelihara situs web dengan cakupan kebutuhan nasional dan internasional.
  • Dapat bekerja dibawah jadwal yang ketat dan dalam lingkungan multi-disiplin.
 
Surat lamaran dan CV agar dikirimkan paling lambat 30 Desember 2016 ke alamat email: recruitment@kemitraan.or.id dengan judul posisi diatas.  Hanya lamaran yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi.  Harap tidak mengirimkan dokumen lain selain CV dan surat lamaran. 

No comments:

Post a Comment