RutgersWPF
Indonesia adalah organisasi
nonpemerintah yang telah bekerja di Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan
hak-hak seksual dan reproduksi dan mencegah kekerasan berbasis seksual dan
gender. Kami memiliki keahlian lama di bidang ini dan bekerja sama dengan lebih
dari 20 mitra untuk mendukung CSE dan Layanan Ramah Remaja serta menerapkan
pendekatan Keterlibatan Pria untuk mengurangi kekerasan berbasis gender. Dalam
pendekatannya kami mengintegrasikan advokasi, penelitian dan gender
transformative programming.
Kerangka Acuan
Penulis Konten Kampanye
Digital Sobat ASK
1. Latar Belakang
Dari evaluasi tahunan yang dilakukan, kampanye
digital Sobat ASK ternyata memiliki audience
yang besar, aktif dan berpeluang untuk menjangkau remaja lebih luas lagi.
Dengan melihat kesuksesan dan peluang tersebut (evidence), disepakati untuk tetap menggunakan kampanye digital
Sobat ASK ini sebagai strategi dalam
melakukan pendidikan seksualitas yang komprehensif secara online di dalam
implementasi program GUSO (Get Up Speak Out).
Seperti pengalaman sebelumnya, untuk menjalankan
kampanye digital Sobat ASK dibutuhkan Penulis Konten yang dapat menulis isu-isu Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi
(HKSR) yang sejalan dengan topik-topik yang tertera dalam CSE Framework yang
dikembangkan IPPF (sebagai rujukan) termasuk secara kreatif mendorong remaja
dalam mengakses layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang ramah. Penulis
konten ini akan berkoordinasi dengan Web Coordinator dan Communication officer
dalam melakukan pekerjaannya.
2. Tujuan mempekerjakan Penulis Konten paruh waktu
a. Menuliskan konten-konten kampanye digital Sobat ASK secara berkualitas, berbasis hak dan positif, dan sesuai dengan kebutuhan remaja.b. Memastikan konten kampanye digital untuk isu HKSR dikemas dalam bentuk populer sesuai dengan tren komunikasi yang sedang terjadi di kalangan remaja.
3. Ruang Lingkup Pekerjaan
a. Mengumpulkan dan/atau menerjemahkan ide yang menarik dan relevan bagi remaja untuk topik materi kampanye digital.b. Membuat perencanaan topik bulanan dan mengkomunikasikannya dengan Web Coordinator, Communication Officer dan Programme Manager GUSOc. Berkoordinasi dengan Web Coordinator, Communication Officer dan Programme Manager GUSO untuk merumuskan topik yang akan diangkat sebagai konten.d. Membuat 20 konten setiap bulannya dari topik yang sudah disepakati.e. Mengirimkan konten kepada Web Coordinator sebagai materi kampanye digital sebanyak 5 konten setiap minggunya.
4. Keluaran
a. 20 konten mengenai isu HKSR selesai dan siap untuk dipublikasikan setiap bulannya.b. Laporan pembuatan konten diserahkan kepada Web Coordinator sebelum tanggal 7 setiap bulannya.
5. Metodologi
a. Penulis konten akan menelaah kerangka acuan dan konsep besar program, lalu berkoordinasi dengan Web Coordinator dan Communication Officer untuk merumuskan topik yang akan diangkat sebagai konten kampanye digital pada minggu ke-4 setiap bulannya. Programme Manager GUSO harus terlibat dalam proses penentuan topik ini, atau setidaknya ter-cc (jika diskusi langsung tidak memungkinkan) untuk memastikan topik yang dipilih mencakup konten kampanye yang diharapkan dan sesuai dengan nilai-nilai organisasi.b. Topik harus berdasarkan kepada 7 Comprehensive Sexuality Education (CSE) framework, yaitu:i. Kesehatan seksual dan reproduksiii. Cintaiii. Life skilliv. Kesehatanv. Keberagamanvi. Kebiasaan burukvii. Penikahan anak dan KTDviii. Partisipasi anak muda dan mediaix. Layanan kesehatanx. Hakxi. Kekerasanc. Penulisan konten harus menggunakan kode etik yang telah disepakati bersama sebelumnya, yaitu:xii. HIV & IMSi. Berdasarkan 7 CSE frameworkii. Tulisan tidak melarang ataupun mendorong/mendukung (encouraging)iii. Menulis dengan bahasa yang ringan, sederhana dan tidak Jakarta centric (menggunakan istilah yang hanya dimengerti remaja Jakarta saja)iv. Pesan yang disampaikan harus knowledge based dan objective (tidak menghakimi)v. Penyampaian value Rutgers seperti ‘keragaman, kebebasan, dan hak seksual’ disampaikan secara subtil (dengan halus).d. Topik yang ada akan dikembangkan menjadi 10 artikel dan 10 poster/infografik.e. Setiap minggunya akan dikirimkan 5 konten (artikel & poster/infografik) kepada Web Coordinator, Communication Officer dan Programme Manager GUSO untuk direview. Waktu review adalah 2x24 jam, jika waktu deadline sudah lewat maka Web Coordinator akan melakukan final edit dan mengupload materi ke website.f. Materi konten harus diterima Web Coordinator untuk didistribusikan dan direview oleh Communication Officer dan Programme Manager GUSO satu minggu sebelum jadwal konten naik di website.
6. Keahlian Penulis Konten yang dibutuhkan
a. Berpengalaman menulis materi website populerb. Familiar dengan isu HKSR dan remajac. Updated mengenai tren konten komunikasi remaja di internet
7. Periode pekerjaan
Penulis konten akan bekerja secara paruh waktu untuk periode Februari – Desember 2017.
Konsultan yang
berminat, harap menyampaikan dokumen sebagai berikut :
a) Motivation Letter.
b) CV yang relevan dan Biaya.
Dokumen dikirimkan melalui e-mail ke:
recruitment.rutgerswpf.indo@ rutgerswpfindo.org
dengan
mencantumkan posisi: Penulis Konten ASK
Deadline aplikasi ini adalah 31 January 2017.
No comments:
Post a Comment