Advertisement

Wednesday, January 4, 2017

Lowongan Kerja: Konsultan untuk Katalog Jamban_Water.org

Project: Konsultan untuk Katalog Jamban
Deadline for
Proposals: 13 Februari,
2017

 
Water.org
Water.org, organisasi nirlaba berbasis di Amerika Serikat, bekerja untuk meningkatkan akses ke air, sanitasi, dan kebersihan (WASH).  Water.org telah beroperasi sejak 1990, mengimplementasikan program yang berkelanjutan bersama LSM ataupun lembaga keuangan lokal.  Water.org telah mempelopori program WaterCredit selama beberapa tahun terakhir, untuk meningkatkan kapasitas lembaga keuangan lokal dalam menawarkan pembiayaan yang terjangkau untuk pembangunan sarana air dan sanitasi kepada masyarakat berpenghasilan rendah.  Program WaterCredit mendukung lembaga keuangan melalui dukungan finansial dan dukungan teknis.  Sejak tahun 2003, Water.org telah menerapkan program WaterCredit dengan 66 mitra lembaga keuangan, memfasilitasi 938.000 pinjaman air dan sanitasi sebesar US$176 juta.
 
Water.org mulai beroperasi di Indonesia sejak 2014 dan bekerja membangun hubungan dengan beragam jenis lembaga keuangan (di antaranya LKM, bank komersil, BPR, koperasi) serta penyedia layanan air dan sanitasi.
 
Water.org bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk mendesain, mengujicoba, dan meluncurkan produk pinjaman pembangunan sarana air/sanitasi di tingkat rumah tangga, seperti toilet, tangki septik, sumur, dan sambungan rumah.
 
 
Lingkup Pekerjaan
Sebagai bagian dari bantuan teknis, Water.org mencari seorang engineer yang berpengalaman dan berlatar belakang WASH untuk pekerjaan konsultan jangka-pendek dalam pembuatan katalog jamban yang menjelaskan informasi teknis dan non-teknis terkait desain jamban yang umum digunakan di Indonesia.
 
Konsultan akan bekerja dengan tim Water.org untuk melakukan tugas berikut ini:
 
1)      Membuat gambar spec dari 8-10 desain jamban, bagi audiens teknis dan non-teknis, beserta Bill of Quantity masing-masing.
2)      Menyediakan informasi tambahan untuk setiap jamban, misalnya kelebihan dan kekurangan dari setiap desain jamban, pertimbangan pemasangan, pedoman pembangunan dan perawatan.
3)      Membuat 3 versi katalog sesuai dengan target audiens, yaitu: staff lembaga keuangan, pengguna/user, dan tukang bangunan.
4)      Mengarahkan tim desain grafis untuk membuat katalog jamban ke dalam format desain professional.
 
Kualifikasi
·     Latar belakang engineer, minimal 3 tahun pengalaman kerja di bidang air/sanitasi
·     Pemahaman kuat mengenal sarana sanitasi yang umum digunakan di Indonesia, termasuk jenis cor/cetak, buis beton, bata kotak, dan biofilter.
·     Pengalaman yang relevan dalam pembuatan katalog jamban
·     Kemampuan untuk membuat gambar spek teknis untuk tukang
·     Mengetahui sektor keuangan mikro dan/atau pemasaran sanitasi lebih disarankan, namun tidak wajib
·     Kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris
·     Pengalaman manajemen proyek dan pola pikir bisnis atau wirausaha
 
Timeline
Berikut proyeksi waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan ini:

  • Penandatanganan kerja sama, 19 Januari 2017
  • Kick-off dan pembahasan materi yang ada, 24 Januari 2017
  • Draft konten keseluruhan, 31 Januari 2017
  • Draft konten 3 versi katalog, 7 Februari 2017
  • Katalog jamban diserahkan ke desainer, 10 Februari 2017
  • Versi final dari katalog jamban, 24 Februari 2017 
Budget
Anggaran yang diusulkan harus disertakan dalam proposal konsultan, dan kesepakatan akhir atas anggaran akhir tidak dapat dinegosiasi kembali.  Pajak sudah diperhitungkan ke dalam anggaran.  Konsultan bertanggung jawab atas pembayaran seluruh pajak.  Anggaran dibuat dalam bentuk IDR, dan disarankan untuk dilengkapi dengan penjelasan detail.
 
Proposal
Kandidat yang tertarik dapat mengajukan proposal, termasuk rencana kerja rinci dan anggaran, kepada:
 

ktazkiyah@water.org; ryuniawati@water.org

 
Harap dicatat “SCS Latrine Catalogue” di baris subyek.  Proposal akan ditinjau secara bergulir.  Mohon tidak mencoba menghubungi Water.org mengenai status aplikasi Anda.
 
Water.org tidak mendiskriminasi atas dasar usia, etnis, jenis kelamin, kebangsaan, keyakinan agama, ataupun orientasi seksual.

No comments:

Post a Comment