Sunday, January 22, 2017

Urgently Required_Livelihood Officer at Yayasan Nurani Luhur Masyarakat

Vacancy/Lowongan Kerja
 
Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak dibidang pengembangan masyarakat yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. YNLM pada saat ini melakukan proyek pengembangan masyarakat di Langkat, Provinsi Sumatera Utara dan Lombok, Nusa Tenggara Barat dan tidak tertutup kemungkinanan akan berekspansi ke daerah lain di Indonesia. Dalam melakukan proyek pengembangan masyarakat YNLM bekerjasama dengan pemerintah, masyarakat serta organisasi terkait lainnya. YNLM melakukan program yang berkaitan dengan kesejahteraan anak, kesehatan masyarakat, dan peningkatan perekonomian keluarga. YNLM ingin berkontribusi dalam pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan yang positif bagi anak-anak, keluarga dan masyarakat di Indonesia.

YNLM
saat ini melaksanakan implementasi program di dua desa binaan di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Program ini meliputi bidang kesehatan, pendidikan, dan livelihood (Pertanian dan Nelayan). Program pertanian diarahkan untuk mencapai peningkatan pendapatan masyarakat melalui usaha pertanian dengan focus pada pendampingan Kelompok Wanita Tani, Kelompok Tani, dan Gapoktan.
Saat ini YNLM membutuhkan staff untuk posisi sebagai berikut:
 
Posisi     : Livelihood Officer  (LO)
Lokasi      : Langkat, Sumatera Utara

Tugas dan Tanggung Jawab ( LO)
 
  1. Mempersiapkan, melaksanakan, dan mengawasi setiap program terkait pertanian di masyarakat binaan sebagai proses pemberdayaan masyarakat dengan mengacu pada perencanaan proyek dan bertanggung jawab terhadap Project Coordinator.
  2. Merancang, mengimplementasikan, dan melakukan monitoring evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah diatur dalam Logframe untuk mencapai hasil-hasil yang telah ditentukan.
  3. Memahami dan mengelola budget livelihood/pertanian secara efisiensi guna mencapai tujuan yang telah ditentukan dan mengacu pada prinsip pemberdayaan masyarakat.
  4. Membangun kemitraan dan jejaring dengan stakeholder di masyarakat maupun stakeholder pertanian. Mewakili YNLM dalam koordinasi di lapangan dan bekerja sama dengan penerima manfaat, masyarakat, pemerintah, NGO dan pihak - pihak terkait lainnya.
5.      Mendisain dan Mengembangan modul serta materi pembelajaran terkait bidang pertanian yang diperlukan. Merencanakan, mengatur, dan menyiapkan perlengkapan/material kegiatan kesehatan termasuk materi pelatihan, logistik, perizinan dan kebutuhan administratif lainnya (ToR (term of reference)) sebagai bagian implementasi proyek.
  1. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan Livelihood Officer-Fishery terkait proyek khususnya bidang livelihood.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan penguatan kelompok/masyarakat.
  3. Mendampingi dan melatih fasilitator/kader pertanian dalam peningkatan kapasitas/pengetahuan untuk mendukung program pertanian di lapangan.
9.      Menginisiasi dan memfasilitasi pelatihan serta melakukan pendampingan teknis yang relevan dengan implementasi kegiatan di masyarakat binaan.
10.  Melakukan komunikasi dan bekerja sama dengan rekan kerja dan fasilitator dalam menyelesaikan tugas-tugas di lapangan dan memecahkan masalah-masalah yang muncul di lapangan.
11.  Membuat laporan hasil pertemuan/kegiatan (notulensi atau laporan kegiatan) dan menindak lanjuti kegiatan yang telah disepakati bersama.
  1. Membuat system administrasi yang rapi terkait proyek khususnya bidang pertanian.
 
 
 
Persyaratan
1.      Pendidikan dari jurusan Pertanian atau lainnya dengan pengalaman yang relevan.
2.      Pengalaman min 2 tahun sebagai Livelihood Officer di daerah Pertanian serta pernah mendampingi kelompok tani atau Gapoktan (Gabungan kelompok tani)
3.      Memahami PCM dan LFA
4.      Mampu membuat modul pembelajaran kelompok pertanian.
5.      Mampu berkoordinasi dengan pemerintahan desa dan UPTD pertanian.
6.      Mampu memfasilitasi kelompok.
7.      Antusias, cepat belajar, kreatif, dan inisiatif.
8.      Bersedia tinggal di area projek.
9.      Mampu mengoperasikan komputer dan internet dengan baik
10.  Dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dengan baik.
11.  Mampu bekerja secara mandiri dan team.

Lamaran  dan CV beserta 3 referensi terbaru dapat dikirimkan langsung ke Yayasan Nurani Luhur Masyarakat, Jl Ring Road / Gagak Hitam No 4 Kelurahan Asam Kumbang – Kecamatan Medan Selayang. Atau melalui email berikut ini.
Aplikasi diterima paling lambat hari 31 Januari  2017. Silahkan buat Posisi yang dilamar sebagai Judul email dan silahkan cantumkan nama anda pada Surat lamaran dan CV (contoh: budi-CV, budi-aplikasi)

No comments:

Post a Comment