Advertisement

Thursday, March 23, 2017

Lowongan Kerja: Konsultan Analisis Keuntungan Produk Pembiayaan Air dan Sanitasi

Kerangka Acuan:
Analisis Keuntungan Produk Pembiayaan Air dan Sanitasi
 
1)   Tujuan:
Water.org bertujuan untuk melibatkan konsultan pihak ketiga untuk melakukan analisis keuntungan keuangan terhadap mitra lembaga keuangan mikro Water.org dalam penyediaan produk pembiayaan air dan sanitasi. Konsultan diminta mengumpulkan data kuantitatif terkait dengan pembiayaan Air dan Sanitasi untuk dianalisa dan memahami keberlanjutan tentang keberlanjutan pembiayaan sarana air dan sanitasi (WASH) secara finansial dari dua produk WASH dan melakukan serangkaian wawancara dengan senior manajer LKM untuk mengumpulkan informasi kualitatif terkait dengan pembiayaan produk pembiayaan yang disebut sebagai program WaterCredit.
 
2)   Latar Belakang Water.org:
Tentang Water.org
Water.org telah menjadi lembaga yang terdepan dalam mengembangkan dan melaksanakan solusi dalam mengatasi krisis air dan sanitasi selama lebih dari dua dekade. Didirikan oleh Gary White dan Matt Damon, Water.org  mempelopori solusi yang inovatif, didorong oleh masyarakat dan berbasis pasar untuk memastikan semua orang mendapatkan akses air bersih dan sanitasi; memberikan harapan bagi wanita, kesehatan bagi anak dan masa depan bagi masyarakat. Water.org telah melakukan perubahan kehidupan yang positif terhadap lebih dari tiga juta orang di Asia, Africa, Amerika Latin dan Karibia dengan menyediakan akses air bersih dan sanitasi yang lebih baik. Kantor pusat Water.org berada di Kansas city, Missouri, USA.
 
Inisiatif WaterCredit
Program WaterCredit adalah memberdayakan masyarakat miskin untuk memperoleh akses pembiayaan yang terjangkau guna memenuhi kebutuhan suplai air dan sanitasi mereka sendiri. Inisatif yang komprehensif ini dilakukan melalui lembaga keuangan mikro untuk produk pembiayaan ektor air dan sanitasi.  Di Indonesia, Water.org telah menjalin kerjasama dengan 11 mitra keuangan mikro yang menawarkan pembiayaan air dan sanitasi kepada nasabah mereka.  
 
3)   Lingkup Pekerjaan:
Konsultan akan melakukan layanan sebagai berikut:
 
1) Mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang diperlukan untuk menilai profitabilitas WaterCredit terhadap dua produk pembiayaan air dan sanitasi dan motivasi LKM untuk melaksanakan WaterCredit.  Hal ini akan mancakup 1) bekerjasama dengan Water.org untuk meninjau dan mengembangkan indikator data, perangkat product costing, dan perangkat wawancara semi-terstruktur yang akan digunakan pada saat melakukan penilaian dan 2)melakukan kunjungan ke kantor LKM untuk melakukan wawancara perorangan dan mengambil data LKM.
 
2) Berdasarkan hail pertemuan, wawancara dan pengumpulan data yang disebutkan diatas, Konsultan akan diminta untuk melakukan analisis terhadap temuan dengan memperhatikan tujuan yang sesuai dengan Kerangka Acuan ini. 
 
3) Menyusun laporan penilaian akhir.  Sebelum menyelesaikan penilaian akhir, Water.org akan meninjau dan akan memberikan masukan untuk draft laporan.
 
4)     Hasil:
Konsultan akan bertanggungjawab untuk menghasilkan dokumen sebagai berikut:
§ Laporan penilaian Profitabilitas WaterCredit yang mencakup ringkasan mengenai program WaterCredit, ketentuan produk pembiayaan dan metode pelaksanaan, temuan profitabilitas dan rekomendasi. Laporan tersebut perlu memberikan analisis yang jelas mengenai aspek biaya dan pendapatan yang lengkap terkait dengan kedua produk pembiayaan air dan sanitasi (WSS).
 
§   Data primer yang dikumpulkan selama penilaian untuk mendukung penilaian, antara lain:
  i.   Wawancara dalam bentuk ringkasan;
  ii.  Portofolio analisis biaya WASH (excel spreadsheet); asumsi yang digunakan dalam analisis tersebut
 iii.  Data tambahan yang diambil dan digunakan dalam analisis penilaian.
 
5)     Permintaan untuk Proposal
Water.org bertujuan untuk menugaskan Konsultan yang dapat bekerjasama dengan Water.org untuk melakukan analisis profitabilitas seperti yang telah dijelaskan dalam lingkup pekerjaan diatas. Proposal harus mencakup proposal teknikal dan finansial (lihat contoh template budget terlampir) serta jangka waktu kegiatan, dengan batas waktu penyampaian proposal paling lambat pada tanggal 15 April 2017.  Silakan melihat bagian Waktu Kegiatan untuk informasi tambahan. Pemohon dapat berupa firma atau kelompok atau individu dengan ketua tim khusus.
 
Pemohon harus mengirimkan dokumen kualifikasi sebagai berikut:
1.      Proposal rencana staf termasuk sekurangnya 1 orang penutur bahasa Inggris yang lancar.
2.      Memiliki pengalaman dan pemahaman tentang WASH dan/atau sektor keuangan mikro.
3.      Memilki pengalaman dalam melakukan analisis profitabilitas.
 
6)     Anggaran
Proposal anggaran harus dilampirkan bersama pendaftaran Konsultan, dan persetujuan anggaran akhir adalah tetap dan tidak dapat dinegosiasikan.  Contoh  anggaran seperti terlampir.  Konsultan harus menyampaikan informasi anggaran dalam format terlampir, atau dengan format lain yang mencantumkan rincian yang sama.  Semua komponen pajak harus dimasukkan ke dalam anggaran.  Konsultan akan bertanggungjawab untuk membayarkan semua pajak tersebut. Semua anggaran akan diberikan dalam Rupiah.  Dianjurkan untuk membuat catatan anggaran.  Mohon diingat bahwa mitra LKM berada di wilayah Tangerang, Banten.
 
 
KEGIATAN
Rencana Tanggal Kegiatan
Perkiraan Jumlah Orang per hari
Biaya Personel
Unit Biaya
Total
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan - Total
 
 
 
 
Biaya Terkait Lainnya
Jumlah Perjalanan
Jumlah Orang (Perjalanan)
Unit Biaya
Total
Perjalanan
 
 
 
 
Pesawat
 
 
 
 
Kereta Api
 
 
 
 
Mobil/Lainnya
 
 
 
 
Per diem
 
 
 
 
Komunikasi
 
 
 
 
Suplai
 
 
 
 
Pajak
Jenis Pajak
% Pajak
 
 
Total - Biaya Lain
 
 
 
 
Grand Total
 
 
 
 
 
Kami memperkirakan kegiatan ini akan memerlukan waktu sekitar empat hingga lima minggu.

8)     Pengiriman Proposal
Proposal yang lengkap harus dikirimkan kepada Ade Reno Sudiarno, WaterCredit Senior Program Manager, pada alamat email asudiarno@water.org dan cc ke indonesia.waterorg@yahoo.com. Tenggat waktu pengiriman proposal adalah tanggal 15 April 2017 Proposal akan dipelajari secara bergantian.

No comments:

Post a Comment