Advertisement

Wednesday, July 19, 2017

YNLM - Livelihood Officer

Job Title:
Livelihood Officer
Job Category:
COMPACT
Department/Group:
Community Development
Job Code/ Req#:
Click here to enter text.
Location:
Langkat – SUMUT
Travel Required:
Tinggal bersama masyarakat
Level/Salary Range:
Click here to enter text.
Position Type:
Pekerja waktu penuh
HR Contact:
Jesmon  Berutu
Date posted:
18 Juli 2017
Will Train Applicant(s):
Click here to enter text.
Posting Expires:
30 Juli 2017
External posting URL:
Click here to enter text.
Internal posting URL:
Click here to enter text.
Applications Accepted By:
Fax or E-mail:
Subject Line:
Attention: [Recruiting or HR Department RE: Job Code/Req# and Title]
Mail:
Jesmon Barutu
HR, Yayasan Nurani Luhur Masyarakat, Pusat
[P.O. Box]
Jl.Ring Road/gagak Hitam No. 4,Asam Kumbang-Medan Selayang | 20133 | Medan-Sumatra Utara
 
Job Description
 
Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak dibidang pengembangan masyarakat yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. YNLM pada saat ini melakukan proyek pengembangan masyarakat di Langkat, Provinsi Sumatera Utara dan Lombok, Nusa Tenggara Barat dan tidak tertutup kemungkinanan akan berekspansi ke daerah lain di Indonesia. Dalam melakukan proyek pengembangan masyarakat YNLM bekerjasama dengan pemerintah, masyarakat serta organisasi terkait lainnya. YNLM melakukan program yang berkaitan dengan kesejahteraan anak, kesehatan masyarakat, dan peningkatan perekonomian keluarga. YNLM ingin berkontribusi dalam pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan yang positif bagi anak-anak, keluarga dan masyarakat di Indonesia.
YNLM saat ini melaksanakan implementasi program di dua desa binaan di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Program ini meliputi bidang kesehatan, pendidikan, dan livelihood (Pertanian dan Nelayan). Program pertanian diarahkan untuk mencapai peningkatan pendapatan masyarakat melalui usaha pertanian dengan focus pada pendampingan Kelompok Wanita Tani, Kelompok Tani, dan Gapoktan.

Tugas dan Tanggung jawab
  1. Mempersiapkan, melaksanakan, dan mengawasi setiap program terkait pertanian di masyarakat binaan sebagai proses pemberdayaan masyarakat dengan mengacu pada perencanaan proyek dan bertanggung jawab terhadap Project Coordinator.
  2. Merancang, mengimplementasikan, dan melakukan monitoring evaluasi kegiatan-kegiatan untuk mencapai hasil-hasil yang telah ditentukan sebagaimana tertuang di dalam Logframe.
  1. Memahami dan mengelola budget livelihood/pertanian secara efisiensi guna mencapai tujuan yang telah ditentukan dan mengacu pada prinsip pemberdayaan masyarakat.
  2. Membangun kemitraan dan jejaring dengan stakeholder di masyarakat maupun stakeholder pertanian. Mewakili YNLM dalam koordinasi di lapangan dan bekerja sama dengan penerima manfaat, masyarakat, pemerintah, NGO dan pihak - pihak terkait lainnya.
  3. Mendisain dan Mengembangan modul serta materi pembelajaran terkait bidang pertanian yang diperlukan.M
  4. erencanakan, mengatur, dan menyiapkan perlengkapan/material kegiatan pertanian termasuk materi pelatihan, logistik, perizinan dan kebutuhan administratif lainnya (ToR (term of reference)) sebagai bagian implementasi proyek.
  1. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan Livelihood Officer-Fishery terkait proyek khususnya bidang livelihood.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan penguatan kelompok/masyarakat.
  3. Mendampingi dan melatih fasilitator/kader pertanian dalam peningkatan kapasitas/pengetahuan untuk mendukung program pertanian di lapangan.
  4. Menginisiasi dan memfasilitasi pelatihan serta melakukan pendampingan teknis yang relevan dengan implementasi kegiatan di masyarakat binaan.
  5. Melakukan komunikasi dan bekerja sama dengan rekan kerja dan fasilitator dalam menyelesaikan tugas-tugas di lapangan dan memecahkan masalah-masalah yang muncul di lapangan.
  6. Membuat laporan hasil pertemuan/kegiatan (notulensi atau laporan kegiatan) dan menindak lanjuti kegiatan yang telah disepakati bersama.
  7. Membuat system administrasi yang rapi terkait proyek khususnya bidang pertanian.

Keuangan
  1. Membuat rencana belanja rutin atau pengeluaran yang kemudian di serahkan kepada koordinator untuk mendapatkan arahan dan persetujuan sebelum di serahkan kepada finance.
  2. Membuat dan melaporkan setiap pengeluaran selama kegiatan dalam proyek  untuk di periksa dan di setujui kembali oleh coordinator dengan diketahui supervisior sebelum di serahkan kepada finance untuk di tindak lanjuti.
  3. Bertanggung jawab atas bukti-bukti transaksi (kwitansi, nota dll) sebagai pendukung pelaporan keuangan.
  4. Bukti transaksi di harapkan lengkap dengan sempel dan tanda tangan. 

Kualifikasi dan Pendidikan Yang Dibutuhkan
  1.  Pendidikan dari jurusan Pertanian atau lainnya dengan pengalaman yang relevan.
  2. Pengalaman min 2 tahun sebagai Livelihood Officer di daerah Pertanian serta pernah mendampingi kelompok tani atau Gapoktan (Gabungan kelompok tani).
  3. Memahami PCM dan LFA
  4. Mampu membuat modul pembelajaran kelompok pertanian.
  5. Mampu berkoordinasi dengan pemerintahan desa dan UPTD pertanian.
  6. Mampu memfasilitasi kelompok.
  7.  Antusias, cepat belajar, kreatif, dan inisiatif.
  8. Bersedia tinggal di area projek.
  9. Mampu mengoperasikan komputer dan internet dengan baik.
  10. Dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dengan baik.
  11. Mampu bekerja secara mandiri dan team.

No comments:

Post a Comment