Thursday, November 23, 2017

Yayasan Plan International Indonesia JOB VACANCY : KONSULTAN AUDIT KEUANGAN

Kerangka Acuan
Audit Keuangan
Proyek Inisiatif Sekolah Aman Pedesaaan
Plan International Indonesia
November – Desember  2017
 
 
Plan International Indonesia mencari konsultan auditor proyek yang memiliki kualifikasi standar Internasional untuk melakukan audit keuangan dan kepatuhan pada donor untuk Proyek Inisiatif Sekolah Aman Pedesaan yang diselenggarakan mulai Maret 2015-April 2018.
  1. Latar belakang
Plan International Indonesia adalah organisasi yang bekerja untuk pengembangan masyarakat yang berpusat pada anak. Kami telah membangun kemitraan yang kuat selama lebih dari 75 tahun dan saat ini aktif beroperasi di lebih dari 70 negara. Di Indonesia, Plan Internasional Indonesia bekerja semenjak tahun 1969 dan saat ini bekerja di 7 provinsi dan mensponsori lebih dari 40,000 anak. Salah satu proyek pengurangan risiko bencana yang menyasar anak adalah Proyek Sekolah Aman Pedesaan. Proyek yang didukung oleh Plan Korea dan Mirae Asset Daewoo sejak Maret 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan akses anak –anak dan warga sekolah ke lingkungan belajar yang aman dan nyaman sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran semua pihak sekolah terkait dampak bencana.
Proyek ini dilakukan di level sekolah dasar dengan koordinasi yang intensif dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Forum Pengurangan Risiko Bencana. Sejak tahun 2015, proyek telah mendampingi 15 Sekolah Dasar di 6 Kecamatan. Keluaran dari proyek ini adalah (1) bangunan dan fasilitas yang semakin baik dan sesuai dengan standar nasional sekolah aman, (2) meningkatnya pengetahuan anak-anak, guru, serta warga sekolah lainnya tentang kegiatan kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah, (3) meningkatnya hubungan Indonesia dengan Korea melalui program kunjungan relawan.
Proyek ini memasuki tahapan akhir pelaksanaan dari 3 tahun durasi proyek. Saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan audit keuangan proyek.
  1. Tujuan
    Tujuan dari audit eksternal ini adalah
  1. Mendapatkan opini auditor secara professional sesuai dengan ISO 800 dan/atau ISO 805 tentang ketepatan dan kepatuhan seluruh material keuangan proyek dengan kebijakan keuangan Plan International Indonesia dan persyaratan keuangan.
  2. Pembukuan organisasi menyediakan basis bagi persiapan atas laporan keuangan dan dilakukan untuk melihat kesesuaian transaksi keuangan dan kepatuhan pada organisasi lewat internal control yang kuat dan dokumen pendukung transaksi.
  3. Memverifikasi keakuratan dan kelayakan pengeluaran organisasi yang dinyatakan dalam pernyataan keuangan proyek   
    Proyek ini melibatkan auditor eksternal dengan tujuan untuk memenuhi kewajiban proyek terhadap atas melakukan audit keuangan pada Proyek Inisiatif Sekolah Aman Pedesaan yang dilakukan di Soe-Nusa Tenggara Timur. Proyek ini telah dilakukan sejak Maret 2015- April 2018.
C. Profil Proyek
Sejak tahun 2015, proyek ini telah mendampingi 15 Sekolah Dasar di 6 Kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan yaitu Amanuban Timur (4 SD), Mollo Selatan (1 SD), Fatukopa (2 SD), Fautmollo (2 SD). Kie (4 SD) dan Amanatun Selatan (2 SD). Proyek ini diimplementasikan oleh Plan Internasional Indonesia. Durasi proyek selama 3 tahun adalah sebagai berikut:
Tahun 1 : Maret 2015-April 2016
Tahun 2 : April 2016-April 2017
Tahun 3 : April 2017- April 2018
D. Kualifikasi dan Pengalaman Auditor
Audit proyek dilakukan oleh konsultan publik yang bersertifikasi atau yang memiliki otorisasi. Auditor yang diharapkan adalah yang sudah berpengalaman, berkualitas, professional, dan transparan dengan mengikuti standard audit yang telah disepakati. Audit dilakukan sesuai dengan masa implementasi proyek yang dibagi berdasarkan tahun pelaksanaan proyek. Auditor haruslah terdaftar dan memiliki lisensi dan menunjukkan kemampuan yang kuat secara kualitas profesional dengan standar internasional, secara khusus international standard on auditing (ISA) dengan pengalaman yang sesuai dalam akuntansi.    
Selain itu, secara keseluruhan tim audit memiliki:  
  • Pengalaman yang memadai dengan audit proyek pembangunan yang didanai oleh donor. Minimal satu anggota senior dari tim (manager/supervisor) yang memiliki kriteria seperti disebutkan
  • Pengetahuan yang memadai berkaitan dengan kebijakan hukum yang relevan, peraturan negara. Ini meliputi dan tidak terbatas pada pajak, perlindungan sosial, peraturan buruh, akuntansi dan pelaporan.
Tim audit terdiri dari:
  • Satu orang manajer audit yang berpengalaman minimal 10 tahun dalam mengaudit proyek yang didanai oleh donor dan menjadi anggota dari lembaga akuntansi profesional
  • Satu orang team leader atau asisten auditor dengan pengalaman dan kualifikasi profesional  
 
E. Waktu Pelaksanaan
Berikut adalah jadwal pelaksanaan audit:
 
Waktu
Tahapan Pelaksanaan
Penanggungjawab
24-30 November 2017
Penyusunan ToR dan pengiklanan  
Project Supervisor, DRR Manager
Grant Accountant
21–30 November  2017
Koordinasi dan persiapan (contract dan persiapan lapangan)
Project Supervisor
1- 10 December 2017
Pelaksanaan audit di lapangan dan draft report
Project Supervisor
11-15 December 2017
Pengiriman report dan feedback  Oleh Plan Int. Indonesia
Project Supervisor, DRR Manager
Grant Accountant
16-20 December
Review oleh KNO
KNO Grant Manager
21-29 December 2017
Final report
Project Supervisor, DRR Manager
 
 
F. Prosedur Lamaran
Konsultan yang berminat dapat mengirimkan lamarannya ke HRD lewat email Ajun.Khamdani@plan-international.org dan cc ke Fredrika.Rambu@plan-international.org dengan judul Audit Sekolah Aman_nama konsultan sebelum tanggal  30 November 2017 dengan melampirkan:                    
1. Profil lembaga/tim auditor dan CV konsultan
2. Proposal dan estimasi anggaran  (in excel ) 
 
G. Pelaporan dan Dokumentasi    
Pelaporan ditujukan kepada penanggung jawab proyek dan di laporkan dalam 2 bahasa, Inggris dan Bahasa.

No comments:

Post a Comment