Thursday, May 10, 2018

Dibutuhkan segera External Evaluator


TERM OF REFFERENCE EVALUASI EKSTERNAL
PROYEK MEMBERDAYAKAN KAPASITAS DAN PERAN PEREMPUAN ADAT MELALUI PENGUATAN LEMBAGA ADAT DI 5 NEGERI ADAT 
YANG DILAKSANAKAN OLEH YAYASAN WALANG PEREMPUAN


LATAR BELAKANG
Proyek MAMPU telah memberikan kepercayaan kepada Yayasan Walang Perempuan (YWP) untuk melaksanakan proyek Memperkuat kapasitas dan peran perempuan adat melalui penguatan institusi Negeri adat di Kota Ambon”. Proyek ini dilaksanakan sejak Mei  2016 hingga Juni 2018 di 5 Negeri Adat di Kota Ambon.
Tujuan utama proyek ini adalah Terpenuhinya hak politik, ekonomi dan sosial perempuan adat di kota Ambon melalui implementasi Peraturan Negeri  adat yang berkeadilan gender. atarbelakangi masalah proyek ini masih sulitnya perempuan memiliki akses social, ekonomi dan sumberdaya lain serta akses terhadap kepemimpinan dalam tata kelola negeri adat di Ambon. Sifat patrialkhi yang kuat sebagai salah satu penghambat peran perempuan, dimana laki-laki yang cenderung mendominasi dalam pengambilan keputusan dan penguasaan hampir semua aspek penting di negeri adat.
Melalui proyek ini, YWP berusaha menjembatani kesulitan atau hambatan-hambatan kultural dan aturan adat agar perempuan adat lebih memiliki peran, akses dan manfaat sosial dan ekonomi dari di dalam struktur organisasi negeri adat termasuk manfaat berupa akses dalam hal kepemimpinan di negeri adat, sehingga kepentingan perempuan adat dapat terpenuhi secara optimal dan berdampak pada kesejahteraan.
Untuk mengetahui sejauhmana proses dan hasil-hasil yang dicapai, maka proyek ini perlu untuk dievaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk memperoleh pembelajaran terbaik dari setiap prototype dan pendekatan yang telah dilakukan. Pembelajaran ini tentunya untuk menjadi sarana perbaikan metode agar mampu menjalankan proyek serupa dengan lebih baik pada masa yang akan datang.

RUANG LINGKUP EVALUASI
Adapun ruang lingkup evaluasi ini mencakup :
a)      Evaluasi terhadap proses perencanaan, metode pelaksanaan, pendekatan, dan innovasi proyek.
b)      Evaluasi partisipasi penerima manfaat, pemanfaatan/penggunaan hasil-hasil pelatihan oleh penerima manfaat (the use of output), dan pemeliharaan kapasitas secara mandiri oleh masyarakat.
c)       Evaluasi keberhasilan pencapaian outcome seperti fungsi dan peran kedudukan perempuan adat dalam SANIRI, Peranan perempuan adat dalam pengambilan keputusan di BUMDES dan replikasi program oleh Pemerintah Kota Ambon.
d)      Hasil evaluasi diharapkan menghasilkan analisa efektifitas, efisiensi, relevansi, keberlanjutan dan pembelajaran proyek.

TUJUAN EVALUASI
Dalam proses evaluasi, para evaluator diharapkan mampu mencapai tujuan yang ditetapkan oleh YWP Ambon antara lain :
1.       Mengetahui efektivitas perencanaan, metode pelaksanaan, pendekatan, dan innovasi proyek.
2.       Mengetahui nilai partisipasi penerima manfaat, pemanfaatan/penggunaan hasil-hasil pelatihan oleh penerima manfaat (the use of output), dan pemeliharaan kapasitas secara mandiri oleh masyarakat/ penerima manfaat.
3.       Mengetahui tingkat pencapaian outcome, yakni fungsi dan peran kedudukan perempuan adat dalam SANIRI, Peranan perempuan adat dalam pengambilan keputusan di BUMDES dan replikasi program oleh Pemerintah Kota Ambon.
4.       Mengetahui tingkat efisiensi, relevansi, keberlanjutan dan pembelajaran proyek.


METHODOLOGY EVALUASI

Metode evaluasi ditentukan oleh konsultan dan terlebih dahulu harus disampaikan kepada Yayasan Walang Perempuan untuk memperoleh konfirmasi dan persetujuan. Beberapa metode penggalian data dalam evaluasi ini yang disarankan adalah:
Ø  Diskusi kelompok (FGD)
Ø  Wawancara dengan menggunakan kuisioner
Ø  Praktek/ observasi pengetahuan dan keterampilan.

Konsultan juga dapat menyampaikan beberapan hal menyangkut :
1.       Cakupan tugas kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Evaluator Eksternal.
2.       Pertanyaan kunci evaluasi.

Waktu pelaksanaan evaluasi terhitung sejak 15 Mei – 10 Juni 2018. Narasumber kunci akan di diskusikan dengan pihak Yayasan.

FORMAT LAPORAN
Eksternal evaluator wajib menyusun laporan evaluasi. Materi laporan setidaknya mengandung hal-hal sebagai berikut :

  1. EXECUTIVE SUMMARY
  2. PENDAHULUAN
  3. DESKRIPSI TENTANG INTERVENSI PROYEK
  4. SCOPE DAN TUJUAN EVALUASI
ü  Scope / Ruang lingkup evaluasi
ü  Tujuan evaluasi
ü  Pertanyaan evaluasi (lihat objective)

  1. PENDEKATAN / METODE EVALUASI
ü  Sampel dan Sumber serta teknik pengambilan data
ü  Peran para stakeholders yang berpartisipasi dalam evaluasi

  1. TEMUAN (ANALISA HASIL EVALUASI)
  2. KESIMPULAN HASIL EVALUASI
  3. REKOMENDASI
  4. PEMBELAJARAN / LESSONS LEARNED
  5. LAMPIRAN-LAMPIRAN

Dalam pembuatan laporan, external evaluator diharapkan dapat menyajikan hasilnya secara innovative, mudah dibaca dan menarik. Sangat disarankan adanya penyediaan hasil analisa dalam  beberapa bentuk seperti : Tabel, Grafik, Gambar Ilustrasi, Cerita, dll

TAHAPAN POKOK DAN JADWAL EVALUASI
No
Kegiatan
Tanggal
1.        
Rekruitmen dan penetapan eksternal evaluator
7  Mei 2018
2.        
Penandatanganan MOU dan Konsolidasi tim evaluator dengan YWP 
15  Mei 2018
3.        
Persiapan instrumen, administrasi dan material
15-16 Mei 2018
4.        
Komunikasi dengan responden dan para pihak
16  Mei 2018
5.        
Pelaksanaan (kunjungan, wawancara, pengumpulan data dan penulisan laporan)
17 – 26 Mei 2018
6.        
Penyampaian draft laporan
1 Juni 2018
7.        
Tanggapan dari YWP atas draft laporan

8.        
Final reports dan presentasi hasil oleh eksternal evaluator
10 Juni 2018


PEMBIAYAAN
Untuk biaya evaluasi ini, para calon evaluator dapat mengajukan rencana anggaran biaya untuk dinegosiasikan dengan Pimpinan Yayasan Walang Perempuan Ambon. Anggaran yang disepakati menjadi bagian dari materi dalam MOU antara pihak eksternal evaluator dan YWP.

KUALIFIKASI EVALUATOR EKSTERNAL

Untuk pelaksanaan evaluasi ini, YWP menetapkan kriteria atau kualifikasi eksternal evaluator sebagai berikut:

1.       Evaluator eksternal adalah perseorangan atau terdiri dari tim kerja (misalnya 1-4 orang) bertempat tinggal Ambon dan memiliki pengalaman Knowledge Management.
2.       Memahami system hukum adat di negeri adat di Ambon, isu-isu Gender, Penyusunan peraturan negeri di Kota Ambon, konsep pelatihan, RPJM Desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.
3.       Memiliki pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi proyek ini seperti ilmu-ilmu sosial dan disiplin ilmu lainnya yang terkait, minimal S1. 
4.       Menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan baik
5.       Lebih diutamakan berdomisili di Ambon
6.       Mempunyai ketrampilan menulis dengan baik
7.       Mampu membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah negeri adat dan instansi pemerintah terkait.
8.       Berpengalaman minimal 2 tahun dalam melakukan evaluasi proyek dan 4 tahun melaksanakan proyek pemberdayaan masyarakat khususnya yang terkait dengan masyarakat adat.
9.       Bagi yang berminat silahkan mengirimkan lamaran ke Direktur YWP dengan alamat email : ellaloupatty @yahoo.com , paling lambat tanggal 13 Mei 2018 Pukul 17 WIB
INDIKATOR YANG DIEVALUASI
Secara khusus terdapat beberapa indicator yang harus dievaluasi dari setiap objective. Indikator tersebut secara terinci akan disampaikan saat memulai evaluasi

No comments:

Post a Comment