Wednesday, May 2, 2018

Konsultan Studi Pasar dan Pengembangan Kelompok Usaha Pertanian Masyarakat (Mentawai)

SurfAid International adalah sebuah lembaga kemanusiaan non-profit yang bertujuan meningkatkan status kesehatan, kesejahteraan, dan kemandirian masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil di Indonesia yang dihubungkan melalui surfing. Saat ini kami menjalankan program-program kesehatan berbasis masyarakat dan ketahanan pangan di pulau-pulau Nias, Mentawai, Sumba dan Sumbawa.

Kami membutuhkan seorang konsultan (atau tim konsultan), yang berpengalaman khusus di bidang pemasaran pertanian dan daerah terpencil, untuk melakukan STUDI PASAR DAN PENGEMBANGAN KELOMPOK USAHA PERTANIAN MASYARAKAT DI MENTAWAI.


SurfAid sedang mengimplementasikan Program KATUERUKAT selama 5 tahun (Agustus 2016 s/d Juli 2021) di 14 dusun relokasi pasca tsunami, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Program KATUERUKAT berfokus pada pemulihan penghidupan, ketahanan pangan, dan gizi, yang akan dicapai melalui kegiatan-kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian, di samping air bersih dan sanitasi serta kesehatan ibu dan anak.



Khususnya untuk mendukung komponen peningkatan ekonomi masyarkat berbasis pertanian, kami membutuhkan konsultan dengan latar belakang yang kuat dan relevan untuk membantu kami mengembangkan usaha pertanian masyarakat yang berkelanjutan.

 
KUALIFIKASI:
  • Mempunyai keahlian di bidang pemasaran komoditas budidaya pertanian seperti pisang, jagung, coklat, maupun hortikultura.
  • Familiar dan terbiasa  dengan situasi atau pernah bekerja di daerah terpencil. 
  • Lebih disukai bila mengenal daerah Kepulauan Mentawai. 
  • Mempunyai pengalaman mengembangkan usaha pertanian masyarakat, dan melakukan pelatihan/pendampingan untuk kelompok usaha Pertanian.



PEKERJAAN KONSULTANSI:

Konsultansi terdiri dari 2 bagian yaitu: (i) Studi Pasar dan (ii) Pendampingan Pengembangan Kelompok Usaha. Idealnya kami mengharapkan konsultan yang sama akan melakukan kedua bagian ini untuk memastikan bahwa rekomendasi-rekomendasi dari hasil Studi Pasar bisa dilaksanakan dalam Pengembangan Kelompok Usaha Pertanian.


Secara spesifik, tujuan konsultansi adalah untuk melakukan:

    
    * Studi peluang pasar untuk beberapa komoditas pertanian yang berpotensi dari Mentawai – terutama pisang dan tanaman sela hortikultura, relevan dengan konteks masyarakat Mentawai yang terpencil
   
    * Analisa rantai nilai (value chain analysis) dan studi supply and demand dari beberapa komoditas potensial tersebut, termasuk peran perempuan dalam rantai nilai
   
    * Identifikasi akses pemodalan usaha kecil, misalnya dari perbankan atau pemerintah.
   
    * Pendampingan pengembangan usaha dan pasar kepada kelompok masyarakat termasuk pelatihan kepada kelompok
   
Bila Anda tertarik, silakan meminta TOR via email ke jobs@surfaid.org dengan mencantumkan “Konsultan Mentawai” sebagai judul email. Berdasarkan TOR tersebut kami akan meminta Anda mengirimkan" Expression of Interest" dalam bentuk proposal. Pengumpulan proposal paling lambat 15 Mei 2018.


No comments:

Post a Comment