Thursday, November 15, 2018

Lowongan Proyek EPASS (4 Posisi)

Proyek Hibah GEF-UNDP berjudul “Enhancing Protected Area System in Sulawesi (E-PASS) for Biodiversity Conservation”, pada Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membutuhkan 4 (Empat) orang tenaga professional untuk mengisi lowongan dengan jabatan Chief Technical Advisor (CTA) sebanyak 1 (satu) orang, Administrative dan Finance Assistant sebanyak 1 (satu) orang serta staf Informasi Teknologi (IT) sebanyak 2 (dua) orang yang akanditempatkan di Project Management Unit Jakarta.

A. Chief Technical Advisor (CTA)
Jabatan : Kode CTA (Chief Technical Advisor)
Nama Proyek : Enhancing the Protected Area Network in Sulawesi (E-PASS) for Biodiversity Conservation
Melapor Kepada : National Project Director
Tempat Bertugas : Project Management Unit, Jakarta.
Lokasi Perjalanan Dinas (if applicable) : Sesuai Surat Perintah Tugas
Masa Tugas : Mulai bulan Desember 2018, penuh waktu dalam masa kontrak 7 bulan dan dapat diperpanjang mengacu pada evaluasi kinerja
Tugas dan Tanggung JawabChief Technical Advisor (CTA) Proyek akan bertanggung jawab kepada National Project Director (NPD) dan berkoordinasi dengan National Project Manager (NPM) dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Adapun tugas dan tanggung jawab Chief
Technical Advisor adalah sebagai berikut:
1) Mereview kegiatan komponen 2 dalam upaya menjamin keberlanjutan pendanaan sistem kawasan konservasi yang dilakukan oleh konsultan
2) Mendukung pelaksanaan proyek E-PASS dalam koordinasi dan persiapan proyek termasuk mengembangkan rencana kerja, jadwal kegiatan dan pembiayaan kegiatan proyek;
3) Mendukung dalam menyusun pedoman, petunjuk teknis dan rekomendasi yang relevan dengan keahliannya;
4) Melakukan studi kebijakan/ pelaksanaan kegiatan di bidangnya terkait dengan program/ kegiatan E-PASS baik pada tingkat nasional, regional maupun lokal untuk mendukung strategi penyelenggaraan program/ kegiatan E-PASS;
5) Mereview rencana kerja atau laporan yang diajukan oleh CBO, NGO atau mitra pelaksanaan lainnya;
6) Mengembangkan kerjasama dengan stakeholder terkait E-PASS baik pada tingkat nasional, regional dan lokal termasuk instansi pemerintah, swasta, NGO dan masyarakat untuk mempromosikan dan mendorong penerapan E-PASS;
7) Mengembangkan dan menyusun sistem monitoring dan evaluasi kemajuan dan keluaran dari proyek;
8) Memberikan rekomendasi kepada manajemen proyek dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja proyek;
9) Menyusun laporan kegiatannya sebagai pertanggung jawaban kepada National Project Director;
10) Melakukan tugas-tugas lain yang mungkin diminta oleh NPD dan NPM

Kualifikasi
- Gelar Master dibidang kehutanan, konservasi sumber daya alam, biologi, manajamen keanekaragaman hayati atau bidang lain yang terkait;
- Memiliki pengalaman kerja minimal 20 tahun dibidang kehutanan atau lingkungan, lebih disukai yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam memberikan bantuan dalam koordinasi dan pelaksanaan proyek;
- Mempunyai pengalaman dalam pengembangan kapasitas kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat;

- Mempunyai pengalaman bekerja dengan Kementerian / Lembaga PemerintahDaerah yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan adalah nilai tambah;
- Kemampuan untuk menulis laporan yang berkualitas tinggi, berkomunikasi secara efektif dan berkordinasi dengan berbagai pemangku
- Memahami prosedur pemerintah dan UNDP
- Memiliki keterampilan komputer yang kuat, khususnya penguasaan akan semua aplikasi paket MS Office dan Internet;
- Memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, dan pengetahuan Bahasa Inggris yang baik adalah keharusan;
- Memiliki kepribadian yang baik dan keterampilan berkomunikasi, kepekaan akan budaya yang kuat dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan berbagai budaya;
- Mampu bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggang waktu yang ketat;
- Kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi dalam kerangka waktu yang ditentukan Mohon mengirimkan lamaran lengkap via e-mail ke: rekrutmen.epass@gmail.com dan mencatumkan kode: CTA-EPASS Project pada subject email paling lambat 22 November 2018, dengan melampirkan :
- Surat Lamaran
- CV dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja
- Gaji yang diharapkan dan kompensasi atau manfaat2 lainnya
- Daftar 3 referensi (Nama, Jabatan, Hubungan dengan pelamar, nomor kontak/hp)

B. Informasi Teknologi (2 posisi)

Jabatan : Kode IT (Informasi Teknologi) (2 Posisi)
Nama Proyek : Enhancing the Protected Area Network in Sulawesi (E-PASS) for Biodiversity Conservation
Melapor Kepada : National Project Manager
Tempat Bertugas : Project Management Unit, Jakarta.
Lokasi Perjalanan Dinas (if applicable) : Sesuai Surat Perintah Tugas
Masa Tugas : Mulai bulan Desember 2018, penuh waktu dalam masa kontrak 1 tahun dan dapat diperpanjang mengacu pada evaluasi kinerja tahunan
Tugas dan Tanggung Jawab
Staf Informasi Teknologi (IT) Proyek akan bertanggung jawab kepada National Project Manager (NPM) dan berkoordinasi dengan Communication Officer (CO) dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Adapun tugas dan tanggung jawab Staf Informasi Teknologi adalah sebagai berikut:
1) Membantu Communication Officer dalam pengumpulan data, konten dan cakupan upaya proyek yang relevan dan output dan laporan untuk mendukung perampingan kemajuan proyek, dan pelajaran untuk MIS Officer dan Monitoring dan Pelaporan Officer (untuk NRM Cluster);
2) Membantu untuk mendukung jaringan dan kemitraan dari proyek, berkoordinasi dengan MIS officer (untuk NRM cluster), dengan memastikan aliran efektif dari informasi yang tepat dan akurat dari unit E-PASS PMU dan bidang kepada para pemangku kepentingan, penonton lain yang sesuai dan masyarakat melalui website project, media sosial, E-Newsletter dan media yang efektif lainnya;
3) Membantu untuk Mendukung penyusunan konten info proyek di media yang dipilih, studi dukungan proyek/ hasil publikasi dan penyebaran bahan penerbitan proyek;
4) Membantu mengembangkan daftar kontak dari individu, kelompok, organisasi dan forum pendukung yang dapat membantu dalam mencapai kolaborasi untuk konservasi kebijakan/ advokasi;
5) Melakukan tugas-tugas lainnya yang mungkin diminta oleh National project Manager (NPM)
Kualifikasi
- Gelar Sarjana dibidang Informasi Teknologi atau bidang lain yang terkait dengan teknologi informasi;
- Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dibidang Teknologi Informasi, lebih disukai yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam memberikan bantuan dalam koordinasi dan pelaksanaan proyek;
- Mempunyai pengalaman bekerja dengan Kementerian / Lembaga Pemerintah Daerah yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan adalah nilai tambah;
- Memiliki keterampilan komputer yang kuat, khususnya penguasaan akan semua aplikasi paket MS Office, Internet dan design graphis;
- Memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, dan pengetahuan Bahasa Inggris yang baik adalah keharusan;- Memiliki kepribadian yang baik dan keterampilan berkomunikasi, kepekaan akan budaya yang kuat dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan berbagai budaya;
- Mampu bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggang waktu yang ketat; - Kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi dalam kerangka waktu yang ditentukan
Mohon mengirimkan lamaran lengkap via e-mail ke: rekrutmen.epass@gmail.com dan mencatumkan kode: IT-EPASS Project pada subject email paling lambat 22 November 2018, dengan melampirkan :
- Surat Lamaran
- CV dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja
- Gaji yang diharapkan dan kompensasi atau manfaat-manfaat lainnya
- Daftar 3 referensi (Nama, Jabatan, Hubungan dengan pelamar, nomor kontak/nomor HP)
Hanya kandidat terpilih akan dihubungi untuk wawancara

C. Administrative and Finance Assistant
Jabatan : Administrative and Finance Assistant (1 posisi) Kode FAA akan ditempatkan di Unit Taman Nasional Lorelindu, Palu – Sulawesi Tengah
Nama Proyek : Enhancing the Protected Area Network in Sulawesi (E-PASS) for Biodiversity Conservation
Melapor Kepada : Koordinator Lapangan
Tempat Bertugas : UPT yang Ditempatkan
Lokasi Perjalanan Dinas (if applicable) : Sesuai Surat Perintah Tugas
Masa Tugas : Mulai bulan Desember 2018, penuh waktu dalam masa kontrak 1 tahun, dan dapat diperpanjang mengacu pada evaluasi kinerja tahunan
TUGAS dan TANGGUNG JAWAB:
Administrative and Finance Assistant diharapkan untuk dapat mendukung Kordinator Lapangan dalam setiap kegiatan proyek dengan memastikan pelaksanaan sistem pemrosesan yang efisien di dalam proyek. Dia akan bekerja sama sebagai tim dalam Unit Kordinasi Lapangan yang bertanggung-jawab dan menyiapkan layanan Keuangan dan Admin secara professional seperti berikut :
Administrative Tasks:
- Memelihara data-data kantor dan menjaga informasi yang ada di dalamnya serta menyusunnya untuk memudahkan dalam pengambilan
- Mempersiapkan korespondensi dan dokumen-dokmen penawaran yang diperlukan, catatan surat masuk/keluar
- Menyiapkan permohonan pengadaan peralatan kantor termasuk penyusunan spesifikasi peralatan, kumpulan penawaran harga dan menyiapkan PO
- Membantu dalam persiapan logistic dan pelaksanaan pelatihan, lokakarya, rapat dan kegiatan lainnya (pameran, kunjungan lapangan) yang berkaitan dengan proyek
- Memelihara catatan inventaris barang dan peralatan kantor secara tepat dan juga menyiapkan laporan yang sesuai
- Menindaklanjuti terkait perihal administrasi di dalam proyek dan juga kantor UNDP
- Membantu dalam menyusun bahan-bahan penjelasan, dokumentasi dan korenspondensi untuk keperluan pertemuan-pertemuan penting atau misi
- Memberikan penjelasan kepada personil proyek yang lain terkait hal-hal administratif
- Menterjemahkan laporan-laporan proyek/dokumen-dokumen pada saat diperlukan
- Mengingatkan janji dan mengatur rapat-rapat kantor kepada Kordinator Lapangan ataupun Staff dan menjawab panggilan telepon.
- Melakukan tugas kantor lainnya yang mungkin diminta oleh proyek
- Bekerja sama dengan Project Associate UNDP di PMU dalam hal administrative terkait proyek.
- Tugas-tugas administrative lainnya yang diperlukan.
- Financial Tasks:
- Memelihara dan memperbaharui anggaran proyek ( membantu dalam mempersiapkan revisi anggaran)
- Menyiapkan permohonan Direct Payment
- Memantau pengeluaran kegiatan, menyiapkan dan memelihara kontrol laporan keuangan yang penting
- Menangani uang belanja kecil harian (pembukaan, administrasi dan penutupan)
- Menyiapkan dan menindaklanjut pembayaran – pembayaran dan pengeluaran-pengeluaran lainnya.
- Menyiapkan laporan keuangan dan akunting proyek
- Memproses pembayaran-pembayaran (DSA, Remunerasi) dan menindaklanjuti akan kontrak staff proyek dan konsultan nasional (perpanjangan, dan pembaruan) dan memelihara catatan dan data-data para personil.
- Membantu dalam menyiapkan rencana kerja dan anggaran.
- Memberi kode pada semua pengeluaran-pengeluaran dengan mengacu kepada kode ATLAS di dalam rencana kerja ATLAS (Anggaran)
- Memastikan bahwa dokumen pendukung yang diberikan penyedia barang/jasa adalah tepat dan sudah di revisi dan juga melakukan pengumpulan dokumen dari penyedia barang/jasa sebelum dilakukan pembayaran.
- Tugas-tugas keuangan lainnya.
KUALIFIKASI
- Lulusan Sarjana bidang Keuangan, Akunting, Administrasi Bisnis, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ilmu Sosial atau bidang serupa;
- Memiliki pengalaman relevan minimal 3 tahun di bidang Administrasi dan Keuangan dalam hal bantuan teknis proyek ( lebih disukai proyek-proyek UNDP);
- Berpengalaman dalam penggunanan computer dan paket perangkat lunak (MS Word, Excel, etc.)
- Terbukti memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam bidang Manajemen Administrasi dan Keuangan pada proyek-proyek pembangunan;
- Terbukti memiliki kapasitas untuk bekerja secara independen dan memenuhi tenggat waktu yang ditentukan, dan secara efektif mengelola dan bekerja dalam sebuah tim multikultural dan dalam sebuah lingkungan yang penuh tekanan
- Mempunyai pengalaman bekerja dengan kementerian/ lembaga Pemerintah Daerah yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan adalah nilai tambah
- Familiar dengan kebijakan-kebijakan UNDP, proses dan prosedur adalah aset
- Lancar dalam menulis dan berbicara Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia
- Memahami pemakaian computer, terutama yang mempunyai pengalaman akan produk-produk Microsoft Office
Catatan Penting: Mohon kirim lamaran lengkap ke alamat email rekrutmen.epass@gmail.com dengan mencantumkan kode: FAA-EPASS Project pada subject email paling lambat tanggal 22 November 2018 dengan melampirkan:
- Surat lamaran
- Pas Photo Berwarna Terbaru Ukuran 4x6
- Gaji yang diharapkan dan kompensasi lainnya
- CV dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja
- Daftar 3 (tiga) orang referensi (nama, jabatan, hubungan dengan pelamar, telp kantor/ ponsel)
Hanya kandidat yang terpilih yang akan dipanggil untuk test selanjutnya.

No comments:

Post a Comment