Thursday, November 1, 2018

Yayasan Plan Interntaional Indonesia Need Consultant for Studi Endline Proyek Berani

 
Plan International Indonesia adalah organisasi yang bekerja untuk pengembangan masyarakat yang berpusat pada anak. Kami telah membangun kemitraan yang kuat selama lebih dari 75 tahun dan saat ini aktif beroperasi di lebih dari 70 negara. Di Indonesia, Plan Internasional Indonesia bekerja semenjak tahun 1969 dan saat ini bekerja di 7 provinsi dan mensponsori lebih dari 40,000 anak. Salah satu proyek yang dilakukan sebagai manifestasi misi Plan di Indonesia adalah Proyek BERANI (Bersama Anak Siaga Bencana Sejak Dini).
 
Konsultan Studi Endline Proyek Berani
Lingkup Pekerjaan : Konsultan diharapkan dapat membentuk tim dan melakukan kordinasi dengan pihak Plan International Indonesia. Adapun tugas serta tanggung jawab konsultan adalah sebagai berikut: Membuat Proposal yang detail mencakup metodologi dan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan studi endline. Merekrut, melatih, dan mengelola tim termasuk enumerator yang akan terlibat. Mempersiapkan dan mengusulkan formulir wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus, dan kuesioner yang akan digunakan didiskusikan terlebih dahulu dengan Plan International Indonesia. Melakukan data entry, dan analisis data baik secara kuantitatif maupun kualitatif (terpilah jenis kelamin dan usia). Bertanggung jawab terhadap oprasional lapang, termasuk logistik, izin untuk melakukan survey, form persetujuan dari individu (terutama anak) yang terlibat dalam proses studi endline. Berkoordinasi dengan tim proyek dalam pelaksanaan studi endline dan Menjaga kerahasiaan dari seluruh informasi yang diperoleh dalam pelaksanaan studi. 
 
Konsultan diharapakan : Mengembangkan studi endline yang mencakup rincian kerangka kerja, metodologi dan rencana kerja. Mengembangkan Instrumen studi untuk pengumpulan dan analisa data. Memasukan bahan presentasi dan laporan awal (kurang lebih 10 halaman, diluar lampiran), terdiri dari : Sampul standar dan ringkasan eksekutif, Latar belakang, tujuan, metodologi, batasan studi, deskripsi studi dan program, Temuan dan analisa , Kesimpulan, Rekomendasi programatik dan Lampiran: kerangka acuan, instrumen, data, daftar partisipan, daftar dokumen yang direview. Melakukan FGD temuan awal bersama tim proyek untuk mengkaji dan meninjau temuan awal dan rekomendasi. Memasukan laporan akhir (kurang lebih 30 halaman, diluar lampiran) yang memuat temuan dan analisa yang lebih rinci dari studi ini. Laporan akhir dilengkapi dengan ringkasan eksekutif (1 halaman) dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Memasukan ringkasan laporan akhir (5 – 7 halaman) yang memuat ringkasan metodologi, temuan utama dan rekomendasi utama dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Mempresentasikan temuan dan rekomendasi dalam Lokakarya diseminasi hasil studi endline.
 
Kerangka waktu Jangka waktu studi adalah 1,5 Bulan, mulai pada Awal November sampai dengan Pertengahan Desember 2018. 
 
Kualifikasi konsultan : Konsultan diharapkan memiliki latar belakang pengalaman dan pendidikan yang mendukung pencapaian tujuan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam studi ini, yakni: a) Latar belakang pendidikan dan/atau pengalaman yang kuat dalam hal pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim, pengembangan masyarakat, hak-hak anak, isu-isu anak muda, isu inklusi penyandang disabilitas dan isu gender. b) Latar belakang pendidikan/pengalaman yang kuat dalam desain metodologi riset, instrumen c) serta pengambilan data yang terkait dengan pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim, pengembangan masyarakat, hak-hak anak, isu-isu anak muda, isu inklusi penyandang disabilitas dan isu gender. c) Memiliki pengetahuan yang baik tentang wilayah studi. d) Memiliki kemampuan kuat dalam menulis laporan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. e) Memiliki pengalaman yang kuat dalam menyebarkan temuan studi / survey.
 
Protokol Pengajuan Lamaran : Tahap pertama, Konsultan mengirimkan lamaran melalui email kepada: HRD.Indonesia@plan-international.org.
Paling lambat tanggal 7 November 2018 dengan melampirkan dokumen: CV konsultan utama dan anggota tim. Proposal studi, terdiri dari: latar belakang, metodologi dan metode yang diusulkan, jangka waktu, rancangan anggaran. Contoh laporan studi yang pernah dilakukan. Tahap kedua, Konsultan yang telah memasukan dokumen penawaran, lolos seleksi dokumen dan wawancara akan menjadi konsultan terpilih untuk melakukan studi endline proyek BERANI. 
 
Contact Persons Alam Bakti (Alam.bakti@plan-international.org) Roby Lay (Roby.Lay@plan-international.org)

No comments:

Post a Comment