Monday, December 3, 2018

ICCTF Senior Program Officer PMU UKCCU

INDONESIA CLIMATE CHANGE TRUST FUND
MENCARI KANDIDAT UNTUK SENIOR PROGRAM OFFICER PMU UKCCU

Penjelasan Singkat
Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah satu-satunya lembaga wali amanat nasional di Indonesia untuk penanganan perubahan iklim yang dilengkapi dengan mandat Pemerintah. ICCTF didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi koordinasi penanganan perubahan iklim di Indonesia sesuai dengan Rencana Aksi Nasional/Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN/RAD-GRK) dan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API). Sesuai dengan tujuan didirikannya, ICCTF mendukung target mitigasi penurunan emisi Indonesia sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan bantuan internasional di tahun 2030 dengan menyalurkan sumber daya domestik dan pendanaan internasional ke program-program yang selaras dengan pelaksanaan RAN/RAD-GRK. Satuan Kerja Majelis Wali Amanat ICCTF berada di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di www.icctf.or.id.


Posisi
Senior Program Officer PMU UKCCU
Periode            : 12 Bulan (Januari - Desember 2019)
Area Kerja       : Jakarta

Tugas dan Taggung Jawab

1.   Perencanaan dan Implementasi Program
q  Menyusun kerangka strategi implementasi program mitigasi berbasis lahan UKCCU.
q  Memberikan masukan terhadap proposal proyek terseleksi untuk meningkatkan atau menajamkan target, output, outcome, impact program jika diperlukan.
q  Memberi arahan dan mendampingi proponen menyusun log frame proposal.
q  Memberi arahan dan mendampingi proponen dalam menyusun kerangka strategi implementasi program.
q  Melakukan pendampingan kepada proponen dalam melaksanaan/mengimplementasi kerangka kerja yang telah disepakati dalam TOR/Dokumen Kerjasama
q  Membantu Team leader UKCCU menyusun kerangka kegiatan induction program dan keuangan. 
q  Membantu menyusun anggaran tahunan, anggaran program, kerangka acuan kerja, dan strategi penyerapan anggaran dan pencapaian program UKCCU.
q  Membantu Project Team Leader dan Direktur Operasional dalam menyusun daftar usulan pelatihan terkait program dan kelembagaan.

2.   Koordinasi dan Komunikasi
q  Berkoordinasi dengan pihak luar dan internal Bappenas untuk mendapatkan masukan terkait dengan pengembangan program mitigasi berbasis lahan UKCCU  untuk investment strategies ICCTF.
q  Mengikuti pelatihan, lokakarya atau workshop untuk mengembangkan Program UKCCU.
q  Bekerjasama dengan mitra pembangunan lain terkait dengan pengembangan Program UKCCU.
q  Menyusun laporan pembelajaran kegiatan Program UKCCU dan rekomendasi kebijakan sebagai lesson learned yang potensial untuk dikembangkan bersama dengan pemerintah pusat dan daerah, serta sektor non-pemerintah
q  Menyusun data untuk mendukung kegiatan komunikasi dan outreach ICCTF

3.   Pelaporan dan Monitoring Program
q  Memberi arahan dan mendampingi pelaksana menyusun kerangka pemantauan dan evaluasi atas project berjalan.
q  Membantu Project Team Leader dan Direktur Operasional terkait pengembangan panduan pemantauan dan evaluasi serta menyusun kerangka penilaian dampak program.
q  Bekerjasama dengan Manager Perencanaan, Monitoring & Evaluasi ICCTF menyusun laporan pemantauan dan evaluasi program UKCCU.
q  Menyusun capaian progres program baik bulanan dan triwulan proponen program UKCCU
q  Menyusun matrik capaian program per bulan untuk mendukung penyusunan matrik sandingan keuangan - program Program UKCCU
q  Menindaklanjuti hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pada mitra, terutama menyelesaikan permasalahan yang mungkin terjadi
q  Menyusun database capaian program UKCCU
q  Memberikan rekomendasi untuk mengurangi fire hotspots di provinsi yang menjadi target wilayah.
q  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diminta oleh Project Team Leader UKCCU, Manager Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi serta Direktur Operasional.

4.   Database dan Knowledge Management
q  Melakukan pengumpulan data mengenai kebakaran lahan gambut di provinsi yang menjadi target proyek selama satu dekade terakhir.
q  Mengidentifikasi fire hotspots dan melakukan trend analysis yang diperlukan untuk pengambilan keputusan
q  Menyaring gagasan dari pihak luar /isu /kebijakan baru /penelitian terbaru untuk dijadikan baseline atas proyek yang sedang berjalan.
q  Menyusun laporan pembelajaran program menjadi panduan pengelolaan program sederhana dan membantu Direktur Operasional mensintesiskan pembelajaran program menjadi bahan evaluasi program.


Persyaratan

1.    Minimum memiliki pendidikan S1/S2 di bidang Lingkungan/Kehutanan/Sumberdaya Alam/Pertanian, lulusan Universitas/Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
2.    Minimum pengalaman kerja 5 tahun dalam pengelolaan program di bidang lingkungan hidup, dan program pembangunan masyarakat.
3.    Memiliki pengetahuan tentang kegiatan mitigasi perubahan iklim, lahan dan ekosistem gambut.
4.    Berpengalaman dalam mengumpulkan data/survei di bidang kehutanan/pertanian, pengukuran karbon serta kegiatan mitigasi perubahan iklim.
5.    Berpengalaman dalam menjalin hubungan dan bekerja dengan instansi pemerintah, organisasi non pemerintah dan universitas dalam mengembangkan proposal proyek dan mengelola proyek.
6.    Berpengalaman dalam penelitian atau pemberdayaan masyarakat di bidang perubahan iklim/lingkungan.
7.    Berpengalaman dalam menyusun dan menulis konten laporan, artikel, dan buku hasil pembelajaran kegiatan lingkungan hidup di tingkat nasional maupun internasional.
8.    Berpengalaman sebagai penghubung (liason) dan bekerja dengan instansi pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga internasional dalam pengembangan proposal dan pengelolaan program.
9.    Berpengalaman bekerja dengan sistem pemerintahan/organisasi internasional dan sistem trust fund di Indonesia.
10. Memiliki kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan

Silakan mengirimkan surat lamaran beserta dokumen-dokumen di bawah ini:
1.    CV
2.    Scanned copy NPWP
4.    Scanned copy Ijazah

Lamaran dan dokumen persyaratan dikirimkan melalui email ke vacancy@icctf.or.id dengan subyek “Senior Program Officer PMU UKCCU”.

Catatan
·       Lamaran diterima hingga 17 Desember 2018.
·       Lamaran yang tidak dilengkapi lampiran persyaratan tidak akan mendapatkan tanggapan..
·       Hanya kandidat yang terpilih yang akan dihubungi untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya..

No comments:

Post a Comment