Monday, December 17, 2018

Lowongan kerja di Sumba NTT: Program Coordinator

Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW) bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mengimplementasikan program yang berfokus untuk ”Mendorong Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Dan Kesehatan Anak Serta Perubahan Sosial Pada Kabupaten Sumba Tengah”. Program ini akan beroperasi di desa–desa pada 5 kecamatan, di Kabupaten Sumba Tengah yaitu Kecamatan Katikutana, Kecamatan Katikutana Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kecamatan Mamboro, dan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat. Dengan dasar ini, YWKW membuka lowongan kerja dengan posisi yang dibutuhkan yaitu: 1 Orang Koordinator Program (Program Coordinator) dengan persyaratan sebagai berikut:

Posisi: Koordinator Program (Program Coordinator/PC)
Judul program: Mendorong Peningkatan Kualitas Kesehatan Serta Perubahan  Sosial Di Kabupaten Sumba Tengah 
Lokasi kerja: Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Melapor kepada: Direktur YWKW
Staf yang melapor ke posisi ini: 3 Project Officer, 1 MEAL Assistant, Logistic Officer,  Finance and Admin Officer, dan HR Assistant

Profil singkat organisasi
Yayasan Wahana  Komunikasi Wanita (YWKW) adalah lembaga swadaya masyarakat yang telah berdiri sejak 1992 dengan Akte Notaris nomor 35 tanggal 8 Desember 1992. Lembaga ini didirikan atas keprihatian berbagai pihak terhadap kondisi perempuan Sumba yang sering terabaikan dalam proses pembangunan dan pengambilan keputusan baik dalam keluarga, maupun lingkungan sosial. Ada fakta ketimpangan gender yang menyebabkan ketidakadilan gender. Kondisi ini melatar belakangi pendirian YWKW dengan fokus utama membangun jaringan perempuan lintas sumba mulai diorganisir, diperkuat kapasitasnya melalui berbagai program kegiatan pemberdayaan seperti issu pendidikan dan pelatihan bagi kaum perempuan, advokasi isu strategis perempuan, advokasi kasus kekerasan perempuan dan anak, pendidikan formal dan informal, perencanaan dan penganggaran partisipatif, penguatan kelompok perempuan melalui ekonomi berkelanjutan (pertanian) KSPP dll.

Ringkasan Posisi
Program Coordinator bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dan implemetasi aktivitas proyek. Program Coordinator juga akan memberikan informasi mengenai perkembangan  proyek dan mengkoordinir pelaporan secara rutin kepada pihak YSTC. Selain itu, Program Coordinator bersama dengan Direktur dan Finance Officer melakukan perencanaan dan memonitor penggunaan anggaran program.

Tugas dan tanggung jawab 
1.      Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi untuk memastikan panduan dan standar yang jelas bagi staf program, serta kesesuaian terhadap visi dan misi YWKW dan YSTC.
2..      Berkontribusi untuk menjaga sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan (termasuk pendokumentasian kegiatan) untuk memastikan keefektifan implementasi proyek.
3...      Mengelola, mensupervisi tim secara efektif untuk memastikan implementasi sesuai dengan tujuan program.
4..      Mengembangkan dan mendukung kapasitas tim agar bisa memenuhi tanggungjawab pekerjaannya.
5..      Bersama dengan tim mengatur perencanaan implementasi kegiatan proyek (termasuk menyiapkan workshop, pertemuan, dan memonitor rencana kerja tim) agar sesuai dengan rincian rencana implementasi (Detail Implementation Plan / DIP)
6..      Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan harian program dijalankan sesuai dana dan sumber daya yang sudah dialokasikan.
7..      Memastikan implementasi proyek yang dijalankan oleh tim sesuai dengan standar kualitas serta prosedur dan regulasi yang diminta oleh donor (YSTC).
8..      Memberikan laporan perkembangan implementasi program secara regular kepada Direktur dan pihak donor (YSTC).
9..      Berkontribusi dalam peningkatan kapasitas pemerintah lokal dan implementasi bersama untuk program kemitraan dengan YSTC, termasuk mengkoordinasikan pemilihan sekolah dan masyarakat dampingan, memobilisasi masyarakat, pelatihan, mentoring, monitoring serta kegiatan-kegiatan umum lainnya seperti diseminasi capaian program.
10.  Mengembangkan, menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan YSTC, stakeholder, masyarakat dan pihak–pihak lainnya untuk menjamin implementasi program berjalan secara efektif.
11..  Tugas-tugas lain sesuai arahan Direktur, selama masih sesuai dengan ruang lingkup posisinya serta tidak bertentangan dengan prosedur dan YWKW dan Lembaga donor.

Output yang diharapkan dari  posisi ini
1.      Terlaksananya kegiatan program sesuai dengan rencana kerja dan standar kualitas yang sudah ditetapkan.
2..      Penggunaan dana program yang sesuai dengan perencanaan dan prosedur serta regulasi yang sudah ditetapkan.
3..      Laporan implementasi program secara berkala  kepada  YWKW (Direktur) dan donor (YSTC).
4..      Terlaksananya pengelolaan team, pelaksanaan program, menetapkan tujuan, menyediakan bimbingan dan dukungan teknis serta mengevaluasi laporan secara teratur.
5.      Mengembangkan sistem dan instrumen fasilitasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan yang efektif (dokumentasi kegiatan) untuk memastikan efektifitas pelaksanaan program.

Kualifikasi
·       Latar belakang pendidikan minimal S1, lebih disukai dari jurusan Pendidikan atau Sosial.
·       Fasih Mengunakan bahasa Inggris (berbicara, menulis dan membaca).
·       Memiliki pengalaman kerja di LSM/NGO minimal 5  tahun di bidang  pendidikan atau bidang terkait, lebih disukai pengalaman kerja di NGO internasional.
·       Paham tentang Pendidikan, Kesehatan Nutrisi Sekolah dan Perlindungan Anak.
·       Berpengalaman mengembangkan rencana kegiatan program.
·       Memiliki pengetahuan mengenai bidang pendidikan atau perlindungan anak.
·       Memiliki kemampuan analisa, pemecahan masalah sertakomunikasi yang baik..
·       Berpengalaman mengelola dan memonitor budget program.
·       Berpengalaman memimpin dan mengelola sebuah tim.
·       Memiliki kemampuan dan berpengalaman melakukan advokasi.
·       Mampu membuat laporan dengan kualitas yang baik.
·       Mampu mengoperasikan program komputer umum seperti MS. Office dan internet.
·       Pengalaman kerja di daerah Sumba merupakan nilai lebih.
·       Memiliki semangat untuk belajar, mengembangkan diri dan bersedia bekerja di daerah terpencil dengan situasi yang sulit.

Persyaratan
·       Lamaran ditulis tangan dan besertakan tanda tangan di atas materai 6.000 (dapat di scan)
·       CV (Curriculum Vitae)
·       Foto Copy ijasah terakhir dan transkrip nilai 1 lembar
·       Foto Copy KTP 1 lembar
·       Pas Foto warna ukuran 3x4  1 Lembar
·       Usia minimal 25 Tahun Dan maksimal 45  tahun

Ketentuan
·       Pengiriman lamaran  paling lambat hari Rabu, 19 Desember 2018 melalui alamat email ke  ywkw.hr@gmail.com dengan subject email “PC”.
·       Hanya pelamar yang lolos seleksi administrasi yang akan diundang untuk mengikuti proses selanjutnya..                     
·       Untuk informasi lebih lanjut tentang kesempatan karir di posisi ini, silahkan menghubungi:
      Jeffry Umbu Sapu Jamilaga    ( 082 237 187 362 ) atau Farida Padu Leba   ( 082 237 295 680 )

No comments:

Post a Comment