Tuesday, December 18, 2018

Technical Field Officer Kalimantan Tengah – Barito Selatan



Yayasan Bina Tani Sejahtera Foundation dari PT. East West Seeds Indonesia mencari 2 orang Technical Field Officer untuk ditempatkan di Kalimantan tengah.


Ruang Lingkup Pekerjaan:
Melaksanakan kegiatan technical knowledge transfer kepada para petani hortikultura sayuran dengan tujuan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Ruang lingkup kegiatan knowledge transfer antara lain:
1. Membuat demplot (percontohan) bersama petani kunci (key farmers) yang menjadi sarana pembelajaran bagi petani sekitarnya /anggota kelompok tani. Demplot menunjukkan teknis dan pengelolaan tanaman yang lebih baik dibandingkan dengan local practice (kebiasaan petani). Kelayakan ekonomis usahatani menunjukkan peluang keuntungan yang dapat diperoleh petani.
2. Menyusun anjuran (rekomendasi) teknis secara local specific kepada para petani hortikultura sayuran guna mendukung peningkatan efisiensi dan produktiftas usahatani.
3. Membangun peningkatan kapasitas petani dalam hal ini pengetahuan dan ketrampilan (knowledge and skill) melalui program training dan pembelajaran lapangan oleh petani (farmers’ field learning).
4. Meng-organize pelaksanaan hari lapang petani (farmers’ field day) untuk mendorong /memancing minat petani dan mitra lokal lainnya dalam hal upaya peningkatan produksi sayuran.
5. Mengumpulkan data usahatani dari demplot dan dari usahatani petani untuk dianalisa dari segi kelayakan ekonomi (analisis laba-rugi).
KUALIFIKASI:
- Sarjana S-1 atau Diploma D-3 bidang Pertanian atau bidang yang relevan dengan pengalaman dan skills sbb:
1. Kemampuan komunikasi pada berbagai level, khususnya kepada para petani dan mitra setempat
2. Kompetensi teknis agronomis dalam aspek-aspek utama pengelolaan tanaman
3. Kemampuan melakukan pelatihan bagi petani/mitra untuk menyebarkan/men-transfer pengetahuan serta mendorong /memfasilitasi transfer praktik-praktik pertanian yang baik melalui petani kunci ke kelompok tani.
4. Membina hubungan dan trust dengan masyarakat petani
5. Mampu berkoordiasi dengan mitra-mitra local seperti collector, input dealer/retailer, dan mitra relevan lainnya
6. Mampu mengelola waktu dengan baik
7. Mampu melakukan analisis biaya-penerimaan
8. Kemampuan problem solving, analytical thinking, and good and fast execution
9. Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia (kemampuan Bahasa Inggris dan bahasa local is a plus)
10. Ketrampilan computer (Word, Worksheet, Presentation, etc.), dan familiar dengan pengggunaan internet dan aplikasi Web/smart-phone
11. Bersedia ditempatkan di Kalimantan Tengah
Bagi yang berminat silakan mengirim CV diajukan ke alamat email: info@binatani.or.id atau ainunnisa.elfajrin@binatani.or.id paling lambat tanggal 1 January 2019. Cantumkan "Technical Field Officer- Kalimantan Tengah" pada subject email. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

No comments:

Post a Comment