Saturday, January 5, 2019

Lowongan kerja di Sumba NTT: Program Coordinator

Stimulant Institute merupakan lembaga yang bekerja pada isu-isu kebijakan publik dan pelayanan publik melalui kegiatan riset, pengembangan masyarakat dan advokasi. Isu-isu dimaksud telah dikerjakan sejak tahun 2005 sampai dengan saat ini. Melalui visinya, Stimulant Institute mencita-citakan terwujudnya masyarakat Sumba yang kritis dan mandiri yang secara aktif dan dinamis mengawasi penyelenggaraan kebijakan dan pelayanan publik agar terpenuhi hak-hak dasarnya dalam mencapai kesejahteraan bersama.
Perkumpulan Stimulant Institute bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) menjalankan program peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan anak serta perubahan sosial di Kabupaten Sumba Barat. Program berbasis Sponsorship ini telah dimulai sejak tahun 2013 oleh YSTC dengan jumlah penerima manfaat telah mencapai lebih dari 20 ribu orang di Pulau Sumba secara keseluruhan. Dengan periode operasi program sampai tahun 2028, program yang diimplementasikan di 6 kecamatan di Sumba Barat ini akan berfokus pada isu pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak untuk anak Sumba Barat yang cerdas, sehat dan terlindungi.
Untuk menunjang pelaksanaan program dimaksud, Perkumpulan Stimulant Institute mencari individu berdedikasi dan berkepedulian anak untuk menempati posisi Koordinator Program (Program Coordinator/PC) yang akan bertanggung jawab atas seluruh tata kelola program kemitraan Sponsorship di Sumba Barat yang meliputi aspek manajerial, personalia, keuangan dan administrasi serta pencapaian program.
LINGKUP TANGGUNG JAWAB
Melapor ke: Direktur Perkumpulan Stimulant Institute
Staff yang melapor ke posisi ini: 3 Staf Proyek (Project Officer/PO), 3 Asisten (Finance and Admin, Logistic, dan MEAL Assistants)
Cakupan Peran: Dengan koordinasi yang intensif dengan YSTC, PC berperan dalam memastikan keseluruhan operasional program Sponsorship dan fungsi manajerial Perkumpulan Stimulant Institute berjalan dengan baik, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai kebijakan dan peraturan organisasi dan donor, mengembangkan rencana kerja bulanan dan tahunan, memastikan pelaksanaan dan kualitas kegiatan/program, mendokumentasikan  temuan, capaian serta praktik baik program ke dalam laporan yang dibuat secara berkala, serta berkolaborasi/berjejaring  dengan pemangku kepentingan terkait untuk mendukung kesinambungan program.
TANGGUNG JAWAB UTAMA
  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi untuk memastikan panduan dan standar yang selaras dan jelas bagi organisasi dan staf program, serta kesesuaian terhadap visi dan misi Perkumpulan Stimulant Institute dengan YSTC
  2. Bersama dengan tim mengatur perencanaan implementasi kegiatan proyek sesuai dengan rincian rencana implementasi (Detail Implementation Plan / DIP), dana dan sumber daya yang dialokasikan serta berkontribusi dalam merancang program tahunan Sponsorship berbasis kemitraan dengan YSTC
  3. Berkontribusi untuk menjaga sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan (termasuk pendokumentasian kegiatan) untuk memastikan efektivitas implementasi proyek. Memastikan implementasi kegiatan yang dijalankan oleh tim sesuai dengan standar kualitas serta prosedur dan regulasi yang disyaratkan oleh YSTC
  4. Berkontribusi dalam peningkatan kapasitas pemerintah lokal dan implementasi bersama untuk program kemitraan dengan YSTC, termasuk mengkoordinasikan pemilihan sekolah dan masyarakat dampingan, memobilisasi masyarakat, pelatihan, mentoring, monitoring serta kegiatan-kegiatan umum lainnya seperti diseminasi capaian program.
  5. Mengembangkan dan mendukung rencana penguatan kapasitas staf untuk mencapai kemandirian, kelancaran serta kualitas implementasi program
  6. Memberikan laporan perkembangan implementasi program secara berkala kepada Direktur dan YSTC
  7. Mengembangkan, menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan YSTC, pemangku kepentingan terkait, masyarakat dan pihak–pihak lainnya untuk menjamin implementasi program berjalan secara efektif
  8. Melaksanakan tugas tambahan lainnya sesuai kebutuhan organisasi dengan mempertimbangkan tingkat keahlian dan pengalaman
KEPRIBADIAN DAN PERILAKU
  1. Mengedepankan akuntabilitas dalam menjalankan tanggungjawabnya
  2. Memiliki ambisi
  3. Mengedepankan kerja kolaborasi
  4. Kreatif
  5. Jujur dan berintegritas
  6. Memiliki jiwa kepemimpinan dan tegas
KUALIFIKASI, PENGALAMAN DAN KEAHLIAN
  1. Berpendidikan minimal S1 (Ilmu Sosial / Pendidikan / disiplin ilmu yang relevan)
  2. Berpengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang pembangunan masyarakat dengan organisasi (LSM) internasional atau lokal utamanya di bidang Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) / Pendidikan Dasar / Kesehatan Masyarakat / Perlindungan Anak khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Pengalaman bekerja di seluruh bidang tersebut merupakan nilai tambah
  3. Memiliki keahlian dalam mengembangkan rencana implementasi, mengelola dan memonitor anggaran dan sumber daya untuk program sesuai target yang ditentukan
  4. Memiliki kemampuan analisa, pemecahan masalah serta kepribadian interpersonal yang baik
  5. Memiliki kemampuan dan berpengalaman melakukan advokasi, berkomunikasi dan memberikan presentasi utamanya di tingkat strategis (pemerintahan)
  6. Memiliki keahlian berkomunikasi secara verbal dan tertulis dalam Bahasa Inggris
  7. Berpengalaman memimpin dan mengelola sebuah tim
  8. Mampu menyusun sebuah laporan kegiatan yang berkualitas baik
  9. Mampu berkerja dengan sebuah tim yang majemuk dan multikultural untuk mendukung toleransi keberagaman
Pernyataan Minat
·       Jika Anda tertarik dengan posisi yang kami tawarkan silahkan mengirimkan surat lamaran beserta Curriculum Vittae (CV) Anda ke alamat email: stimulant.sumba@gmail.com
·       Harap menyebutkan posisi yang diinginkan pada subject email
·       Pengumuman rekruitmen ini akan ditutup pada tanggal 6 Januari 2019
·       Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk melanjutkan seleksi pada tahapan selanjutnya
·       Kandidat yang dinyatakan diterima diharapkan dapat bergabung dengan Stimulant Institute pada tanggal 20 Januari 2019

No comments:

Post a Comment