Posisi
|
:
|
Digital
Media Consultant
|
Masa Kontrak
|
:
|
8 June – 31 December 2020
|
Wilayah Kerja
|
:
|
Jakarta
|
Supervisi
|
:
|
Media and Communications Officer Rutgers
|
Bahasa
|
:
|
Bahasa Indonesia, English (basic)
|
Metode Rekrutmen
|
:
|
Rekrutmen Terbuka
|
1. Latar belakang
Rutgers WPF Indonesia adalah lembaga nirlaba lokal yang
bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi
(HKSR), serta pencegahan kekerasan berbasis gender dan seksual. Rutgers WPF Indonesia
mengembangkan dan mempromosikan pendidikan seksualitas yang komprehensif untuk beragam kategori usia dan kebutuhan, serta
mendorong penguatan akses layanan kesehatan reproduksi dan seksualitas ramah remaja. Selain berfokus di isu HKSR, Rutgers juga berfokus pada isu kesetaraan dengan
mendorong pelibatan laki-laki dalam pencegahan kekerasan berbasis gender.
Rutgers WPF Indonesia saat ini mengimplementasikan
lima program
yaitu:
· Get Up Speak Out yang bertujuan untuk memperluas akses kaum muda ke informasi dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi (kespro) melalui pendidikan seksualitas yang komprehensif (CSE)
· Dance4life yang berfokus pada akses pendidikan, kesehatan reproduksi dan seksual yang ramah remaja serta penguatan partisipasi anak muda;
· Yes I Do yang berupaya untuk mencegah dan mengurangi perkawinan anak, kehamilan remaja, serta praktik berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan .
· Prevention + yang bertujuan mengurangi kekerasan terhadap perempuan melalui pendekatan pelibatan laki-laki.
· Explore4Action merupakan program penelitian 4 tahun yang bertujuan untuk memahami bagaimana sikap, perilaku, dan hasil kesehatan seksual dan reproduksi remaja, setelah mendapatkan pendidikan seksualitas komprehensif (CSE).
Sebagai upaya untuk menunjang keberhasilan program dan advokasi di lapangan, tim komunikasi Rutgers berperan aktif dalam melakukan kerja kampanye baik dalam ranah digital maupun offline. Beberapa kanal digital yang dimiliki Rutgers adalah website, media sosial, dan newsletter. Untuk melakukan kampanye yang lebih strategis, setiap program memiliki kanal media sosial mandiri dengan pesan kunci dan branding identity yang disesuaikan dengan fokus dan target advokasi masing-masing program.
Untuk meningkatkan jangkauan kampanye dan dampak yang lebih tinggi khususnya di ranah digital, memerlukan pengembangan strategi, peningkatan manajemen komunikasi, serta perhatian khusus dalam merawat kanal digital yang dimiliki Rutgers. Untuk itu, saat ini Rutgers memerlukan seorang Digital Media Consultant (Konsultan Media Digital) yang dapat membantu tim komunikasi dalam tugas-tugas tersebut.
Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan:
Digital communication strategy
Bersama Communications Officer, mengembangkan
strategi kampanye digital baik untuk kanal website maupun media sosial sesuai
dengan fokus dan target sasaran program.
Creative content making
Membantu merancang dan membuat konten secara
berkala untuk meningkatkan aktivitas di media sosial maupun website dan menerjemahkannya
menjadi produk komunikasi digital (artikel, foto, dan video)
Content Update
Merawat kanal media sosial maupun website
Rutgers dengan menyebarkan konten secara berkala yang terjadwal, sesuai dengan
fokus isu dan target sasaran.
Audience Engagement
Menjaga interaksi dengan audience di
media sosial serta berupaya untuk meningkatkan engagement dengan audience,
seperti likes, mention, comment, tagging, dan sharing.
Website and social media trend analytics
Melakukan
pemantauan dan menganalisis aktivitas di media sosial dan website Rutgers
maupun jaringan, serta berkontribusi pada pelaporan untuk evaluasi strategi
kampanye digital kedepan.
Keluaran Konsultan
- Terbentuknya strategi komunikasi untuk pemanfaatan kanal digital baik website dan sosial media.
- Tercapainya target Key Performance Indicators dalam aspek kampanye dan komunikasi dari masing-masing program (reach and engagement social media, visitor website).
- Aktivitas perawatan kanal digital secara berkala, baik website maupun media sosial .
- Laporan analisis berkala terkait hasil aktivitas media sosial dan website.
Coordination
and Reporting
Melakukan
koordinasi dengan anggota tim komunikasi yaitu Communications Officer dan
Graphic Designer Consultant serta pelaporan sesuai dengan alur supervisi untuk
seluruh tugas dan tanggung jawabnya.
Kualifikasi Konsultan
1.
Memiliki latar belakang pendidikan
minimal S1 dalam bidang komunikasi, jurnalisme, public relations, atau digital
advertising.
2.
Memiliki pengalaman bekerja minimal 3
tahun di bidang yang relevan, seperti: komunikasi, creative campaign,
maupun digital marketing.
3.
Berpengalaman dalam merancang dan
mengelola strategi komunikasi dengan baik
4.
Memiliki kemampuan mengembangkan konten
kreatif, baik dalam bentuk tulisan, foto, video, maupun produk komunikasi
digital lainnya.
5.
Mahir dalam mengoperasikan perangkat
komunikasi dan media digital, khususnya website dan media social.
6.
Mampu mengoperasikan basic photo and
video editing.
7.
Diutamakan yang memiliki pengalaman
bekerja atau pernah terlibat dalam proyek di NGO.
8.
Mampu berkomunikasi dengan baik dan
bekerja dalam tim.
9.
Mampu berbahasa Indonesia dengan baik,
dan Inggris (basic).
10. Memiliki
riwayat hasil pekerjaan atau portfolio yang pernah dilakukan dalam
pekerjaan yang relevan.
Ketentuan
hari kerja
Ketentuan
hari kerja konsultan adalah 4 hari / minggu (Pukul 09.00 – 17.00), dengan
rincian In house working 1 hari kerja, dan Work from home
3 hari kerja.
Bagi yang berminat, mohon
mengirimkan surat lamaran dan CV terkini melalui e-mail ke:recruitment@rutgers.id dengan menyebutkan posisi: Digital Media Consultant pada
bagian subject sebelum tanggal 15 Mei 2020 pukul 18.00 WIB. Hanya
kandidat terpilih yang akan mendapat pemberitahuan.
RutgersWPF Indonesia gives equal opportunity employment
regardless of gender, sexual orientation, religion.
Izin ya admin..:)
ReplyDeletePlayer vs Player WOW langsung saja kunjungin kami di ARENADOMINO tempat bermain Poker dan kartu yang sangat menyenangkan dan hadiah nyata menanti anda semua.. WA +855 96 4967353