1. LATAR BELAKANG
Pemanasan global (global warming) disebabkan oleh peningkatan jumlah Gas Rumah Kaca (GRK) pada lapisan atmosfer bumi. Gas Rumah Kaca (GRK) mampu memerangkap panas matahari yang sampai ke Bumi sehingga menyebabkan peningkatan suhu dari keadaan normal. Pemanasan global mempengaruhi berbagai perimeter iklim dan cuaca sehingga terjadi fenomena perubahan iklim.
Perubahan iklim menimbulkan perubahan pada periode musim sehingga sulit untuk diperkirakan. Pada beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Sigi, akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan yang berpotensi memicu bencana banjir dan tanah longsor, sementara pada pada wilayah Indonesia yang lain mengalami kekeringan yang berkepanjangan. Dampak perubahan iklim pada kehidupan diantaranya anacaman terhadap ketahanan pangan, kelangkaan air, ancaman Kesehatan, degradasi lingkungan, ekonomi, social- budaya dan bencana alam.
Perubahan
iklim telah memberi pengaruh besar pada kehidupan social ekonomi
masyarakat di kabupaten sigi. Masyarakat terutama petani secara alamiah
telah melakukan kegiatan adaptasi yang sederhana namun belum cukup mampu
menyasar jenis adaptasi yang sesuai. Untuk mengetahui jenis adaptasi
perubahan iklim yang sesuai, maka diperlukan kajian mendalam terhadap
kapasitas dan kerentanan masyarakat terhadap perubahan iklim berdasarkan
pengalaman mereka dalam menghadapi dampak-dampak perubahan iklim.
Metode yang digunakan berupa CCVCA (Climate Vulnerability C
2. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah:
- Menganalisis kerentanan terhadap perubahan iklim dan kemampuan beradaptasi pada tingkat komunitas
- Memadukan pengetahuan komunitas dan data ilmiah untuk menghasilkan pemahaman yang lebih besar soal dampak local perubahan iklim untuk Menyusun rekomendasi rencana aksi adaptasi.
- Meningkatkan pemahaman masyarakat di 4 lokasi dampingan mengenai dampak perubahan iklim untuk membangun strategi-strategi adaptasi perubahan iklim.
3. TARGET CVCA
Target kegiatan CVCA adalah sebagai berikut:
- Informan kunci antara lain Instansi Pemerintah kabupaten Sigi: BAPPEDA, BPBD, Dinsos, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PPPPA, dan Dinas PMD, Forum PRB kabupaten
- Pemerintah Kecamatan Gumbasa dan Kecamatan Dolo Selatan, Pemerintah dan stakeholder Desa Pakuli Utara, Simoro, Rogo dan Bulu Bete , kelompok Tani, kelompok perempuan, forum PRB, komite air, dan masyarakat
4. WILAYAH KAJIAN CVCA
Survei akan dilaksanakan di 4 desa di Kabupaten Sigi, detail wilayah program sebagai berikut:
No | Desa/Villages | Size of area (Km2) | Number of hamlet (dusun) | HH | Distrance from Sub-district (kecamatan) (km) | Total Population | Number of Farmer (HH) | |
Male | Female | |||||||
1 | Rogo | 59,24 | 4 | 549 | 1 | 879 | 840 | 280 |
2 | Bulu Bete | 72,44 | 6 | 472 | 1 | 871 | 817 | 280 |
3 | Pakuli Utara | 10,28 | 2 | 437 | 2 | 837 | 730 | 258 |
4 | Simoro | 14,27 | 2 | 269 | 4 | 484 | 467 | 250 |
5. HASIL YANG DIHARAPKAN
Adapun hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah:
- Laporan Kegiatan Kajian Kerentanan Perubahan Iklim dan kapasitas adaptif yang menggambarkan dampak perubahan iklim di 4 desa: Rogo, Bulu bete, Pakuli Utara dan Simoro
- Rekomendasi strategi adaptasi perubahan iklim berbasis komunitas di 4 desa: Rogo, Bulu bete, Pakuli Utara dan Simoro
- Dokumen Kajian Kerentanan Perubahan Iklim dan kapasitas adaptif di 4 desa ; Rogo, Bulu Bete, Pakuli Utara dan Simoro
6. TIMELINE PELAKSANAAN KEGIATAN
No | Kegiatan | Periode Pelaksanaan |
1 | Pengembangan dan review TOR | 10-17 Feb 2021 |
2 | Publikasi Recruitment konsultan | 17-25 Feb 2021 |
3 | Seleksi ekternal konsultan | 26-28 Feb 2021 |
4 | Input Data Konsultan (CPA) | 1 Maret 2021 |
5 | Penetapan konsultan dan Offeriing letter | 2-4 Maret 2021 |
6 | Konsultan konsultasi dengan INANTA dan CWS untuk penyempurnaan proposal included submit tools | 5-8 Maret 2021 |
7 | Presentase proposal dan review oleh konsultan | 10-12 Maret 2021 |
8 | Pelatihan fasilitator CVCA | 13-14 Maret |
9 | FGD, wawancara informan kunci, survei rumah tangga, analisis | 15-25 Maret 2021 |
10 | Konsultan memasukkan Draft laporan awal ke INANTA-CWS | 3 April 2021 |
11 | Revisi draft laporan awal oleh INANTA & CWS | 4-5 April 2021 |
12 | Feed backLaporan dari INANTA-CWS ke konsultan | 5-10 2021 |
13 | Final report: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris | 10 April 2021 |
14 | Pencetakan Laporan dan desiminasi | 10-15 April 2021 |
6. PELAKSANA
Baseline survei menggunakan konsultan yang direkrut berdasarkan prosedur CWS-INANTA. Konsultan baseline dapat berupa konsultan individu maupun perorangan. Tanggung jawab dan kualifikasi konsultan dijelaskan sebagai berikut:
a. Tanggung Jawab Konsultan
- Mengirimkan proposal CVCA (dalam Bahasa Indonesia) dan termasuk rencana analisis
- Melatih fasilitator lapangan dari SKPD terkait dan fasilitator lapangan yang berasal dari 4 desa dampingan untuk menggunakan alat bantu PRA (kajian partisipatif masyarakat desa dan cara memfasilitasi diskusi kelompok terarah (FGD) di 4 desa
- Membuat form PRA yang akan digunakan untuk pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif (Bahasa Indonesia)
- Melakukan wawancara dengan informan kunci
- Bersama dengan fasilitator lapangan yang telah dilatih, melaksanakan FGD di 4 desa dampingan
- Analisa dan dan penulisan laporan yang dihasilkan dari interview dan FGD dan data sekunder
- Draf Laporan dengan hasil survey pendahuluan untuk kuantitatif dan kualitatif (dalam Bahasa Indonesia) dimasukkan paling lambat tanggal 3 April 2021
- Mempresentasikan hasil draft laporan dengan hasil survey kepada tim INANTA-CWS setelah kegiatan lapangan dilakukan
- Finalisasi laporan/dokumen CCVCA (baik dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) termasuk ringkasan penelitian
b. Skill dan Kualifikasi Konsultan
- Memiliki latar belakang akademik, pengetahuan, pengalaman dan kapasitas yang menunjang untuk kajian CVCA dan pelaporan
- Menunjukkan keahlian dalam adaptasi perubahan iklim, manajemen risiko bencana / masalah pengurangan risiko bencana dan tanggap bencana
- Rekam jejak dalam mengembangkan dan melaksanakan berbagai jenis survei termasuk pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif
- Pengalaman dalam mengelola dan mengkoordinasikan evaluasi / latihan penelitian, menghasilkan keluaran yang disepakati tepat waktu dan sesuai anggaran
- Pengalaman dalam pengumpulan dan analisis data menggunakan metodologi partisipatif
- Pengalaman sebelumnya bekerja dengan pemerintah dan masyarakat menggunakan pendekatan partisipatif
- Kemampuan untuk bekerja dengan komunitas dalam bahasa lokal yang relevan (dalam hal ini Kab. Sigi akan diutamakan)
- Keterampilan entri data dan analisis kuantitatif yang kuat dan pengalaman sebelumnya menggunakan perangkat lunak analisis statistik
- Kemampuan untuk menanggapi komentar dan pertanyaan secara tepat waktu dan tepat
- Mampu menulis laporan berkualitas tinggi, jelas, ringkas dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
c. Budget yang dikelola oleh Konsulta
- Dana yang tersedia sebesar Rp 45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah) yang akan mencakup semua biaya antara lain: Transportasi, akomodasi, professional fee, pajak, pelaksanaan training fasilitator FGD dan pelaksanaan FGD di 4 desa
- Konsultan wajib mengajukan budget proposal yang berisi rincian rencana anggaran pelaksanaan kegiatan.
d. Prosedur Pendaftaran Ekternal Konsultan
Tahap Pertama:
Konsultan yang berminat harus menyerahkan Pernyataan Minat kepada INANTA: yayasaninanta@gmail.
- Profil Organisasi atau CV untuk individual konstultan.
- Proposal teknis dan budget yang memuat:
- Proposal Teknis yang berisikan:
- Latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, metodologi (desain sampling, teknik pengumpulan data, jenis alat bantu PRA, jenis data sekunder yang akan dikumpulkan dan format-format yang akan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan)
- rencana pelaksanaan yang meliputi jadwal studi dan jadwal waktu analisis data.
- Proposal teknis harus menunjukkan pemahaman etika studi, kualifikasi anggota tim studi dan CV tim, serta peran mereka dalam studi. Konsultan juga harus menjelaskan pengalamannya dalam melakukan survei serupa, serta kemampuan finansial dan teknis.
- Budget Proposal yang berisi rincian rencana anggaran seperti biaya konsultan dan tim, transportasi, alat tulis, dan keperluan survey lainnya.
- Tahap kedua:
- Berdasarkan proposal yang diterima, INANTA akan memilih kandidat berdasarkan kriteria yang dibutuhkan dan mengundang untuk wawancara teknis berdasarkan usulan proposal. INANTA kemudian akan melanjutkan dengan memilih dan menunjuk konsultan, dan membuat kontrak kerja dengan konsultan terpilih.
Info lanjut dapat mengkontak kami di : 0812 4749 9929 (INANTA)
Buat yang suka begadang, mari mainkan game poker online dari IONQQ".COM
ReplyDeleteInfo whatsapp +855 1537 3217, di tunggu yaa ^^
Sedia deposit pulsa juga (min 25rb)