- Partisiapasi anak dan kaum muda terutama perempuan
- Persiapan Sosial Masyarakat
- Program dan tata kelola
- Sponsorship Komunikasi
- Representasi Yayasan Plan International Indonesia di desa dan Kecamatan-Kecamatan di wilayah kerjanya
- Koordinasi dengan para pihak di desa dan kecamatan
- Administrasi project
R.1. Partisiapasi anak dan kaum muda terutama perempuan
- Mempersiapkan anak dan kaum muda terutama perempuan agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan sehingga mereka mampu berpartisipasi secara bermakna dalam pengambilan keputusan strategis di desa.
- Memperkuat organisasi anak dan kaum muda seperti Forum anak Desa, Karangtaruna dan organisasi kaum muda lainnya, agar mampu menyuarakan isue2 anak dan kaumm muda di level desa dan kecamatan
- Memastikan adanya keterwakilan anak dan kaum muda terutama perempuan dalam forum-forum strategis di desa dan kecamatan seperti : Musyawarah Perencanaan Pembangunan desa dan Kecamatan
- Menfasilitasi organisasi anak dan kaum Muda di desa dan kecamatan agar memiliki program kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan.
- Menfasilitasi anak dan kaum Muda di desa dan Kecamatan agar terlibat aktif dalam program pembangunan di desa.
R2. Persiapan Sosial Masyarakat
- Mempersiapkan masyarakat desa , CBO untuk mendukung dan berpartisipasi dalam semua tahapan program yang dilaksanakandi desa, baik yang dikelola CBO,NGO dan Mitra2 lain maupun yang dikelolah langsung oleh Plan.
- Mempersiapkan Tokoh Adat, Tokoh Agama. Tokoh Masyarakat agar mendukung semua program Plan Indonesia di desa.
R.3. Program dan Tata Kelola
- Mengidentifikasi isu2 yang berkaitan dengan anak dan kaum muda terutama perempuan di desa dan kecamatan
- Mengajukan prioritas project di desa berdasarkan isu dan CS mini
- Melakukan advokasi dan pendampingan ke pemerintah desa agar mengalokasikan dana desa untuk mendukung indicator desa layak anak
- Membangun jaringan dengan organisasi berbasis masyarakat (CBO) dan organisasi masyarakat sipil, bersama melakukan advokasi terhadap pemangku kewajiban tentang Desa layak Anak
- Memfasilitasi kelompok / organisasi anak dan kaum muda untuk menyuarakan keprihatinan dan kepentingan mereka atas pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak
- Membantu dalam koordinasi dan pemantauan proyek yang didanai Plan lainnya di masyarakat
R.4. Sponsorship / Pengelolaan komunikasi
- Memastikan komunikasi sponsor terintegrasi dengan baik dalam program-program masyarakat dan dikelola sesuai persyaratan Yayasan Plan International Indonesia dan pengembangan masyarakat yang berpusat pada anak
- Bertanggung jawab sepenuhnya atas kuantitas dan kualitas produk sponsorship komunikasi yang dihasilkan oleh CBO/relawan agar memenuhi semua persyaratan produk komunikasi sponsorship
- Bertanggung jawab dalam memastikan implementasi 9 komitmen sponsorship di wilayah kerjanya
- Memberikan orientasi, mendampingi dan memberikan penjelasan kepada sponsor yang mengunjungi desanya.
- Meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan apa yang harus dilakukan ketika hal tersebut terjadi
- Melakukan pengembangan kapasitas, pelatihan dan pendampingan bagi relawan dalam pengetahuan, peraturan dan keterampilan komunikasi sponsorship, memastikan bahwa semua relawan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang memadai sebelum bekerja untuk mendukung Yayasan Plan Internatinal Inadonesia
- Melakukan pertemuan minimal sekali setahun dengan seluruh SC dan keluarga untuk menjaga hubungan yang efektif dengan mereka
- Melakukan kunjungan rumah, membuat laporan dan follow up jika diperlukan
- Melakukan monitoring gap wellbeing SC sesuai dengan rencana kerja yang ditetapkan bersama
R.5. Representasi Yayasan Plan International Indonesia di desa dan Kecamatan di wilayah kerjanya
- Bertindak sebagai wakil Yayasan Plan International Indonesia di desa dan Kecamatan di wilayahnya.
- Memberikan laporan kepada desa dan kecamatan tentang Yayasan Plan International Indonesia, sponsor, proyek, dan lain-lain.
- Memastikan desa menyadari kontribusi Yayasan Plan International Indonesia di desa, dengan mengajikan informasi-informasi dari semua proyek, termasuk anggaran
R.6. Koordinasi dengan para pihak di desa dan kecamatan
- Menginformasikan setiap kegiatan Yayasan Plan International Indonesia di tingkat kecamatan dan desa
- Mendiskusikan semua isu dan persoalan anak dan kaum muda terutama perempuan di desa
- Memastikan Pemerintah desa/kecamatan terlibat dalam setiap kegiatan Yayasan Plan International Indonesia di desa/kecamatan
R.7. Administrasi
- Memastikan semua persyaratan monitoring dan pelaporan proyek terpenuhi
- Memastikan semua likuidasi dan dokumen keuangan tepat waktu dan berkualitas baik
KEY RELATIONSHIPS
Internal
- Program Coordinator: Dapat meminta masukan PO selama perencanaan Desa. Dapat mengumpulkan data dasar untuk PO. Berkordinasi bersama PO untuk mengetahui proyek Kecamatan / Kabupaten apa yang akan berdampak pada Desa.
- Finance Admin: Coordination in administration / koordinasi dalam administrasi
- Sponsorship Supervisor: Koordinasi dalam komunikasi sponsorship
- Deputy PIA Manager: Koordinasi dan Konsultasi
External
- Pemerintah Desa dan Kecamatan : Bertindak sebagai advokat, mentor, pelatih untuk meningkatkan tata kelola. Perwakilan Plan di Desa
- Community Groups (School, Health Center), leaders : Mempromosikan pemahaman, fasilitasi dan pemberdayaan
TECHNICAL EXPERTISE, SKILLS AND KNOWLEDGE
1. PERFORMANCE INDICATOR / INDIKATOR KINERJA:
- Berfungsinya lembaga perlindungan anak yang efektif bersama dengan masyarakat yang mempunyai pengetahuan yang baik tentang hak-hak anak.
- RPJMDES ( rencana pembangunan jangka menengah desa/ rencana pengembangan masyarakat yang baik ( partisipasi anak, partisipasi masyarakat secara penuh )
- Peningkatan tata pemerintahan lokal ditandai dengan anggaran yang berfokus pada anak.
- Pemahaman yang mendalam tentang Plan dan kerja sama yang baik di masyarakat dengan Plan
- Koordinasi dan kerja sama yang baik dengan Technical Spvs
- Komunikasi sponsor selesai tepat waktu dan sesuai dengan persyaratan
- Hasil audit yang baik
- Pendokumentasian dan pelaporan yang baik
- Proyek dan pengeluaran dilakukan tepat waktu dengan kualitas sesuai standar/ kebijakan / prosedur yang ditetapkan.
2. COMPETENCY REQUIREMENTS / PERSYARATAN KOMPETENSI :
Education / Pendidikan :
- Prefer a Bachelor’ degree or it equivalent in social/community development and other related fields. / Diutamakan gelar Sarjana atau setara di bidang sosial / pengembangan masyarakat dan bidang terkait lainnya.
Knowledge and Skill / Pengetahuan dan Ketrampilan :
- CCCD, Child rights /Pengembangan Masyarakat yang berpusat pada anak, hak-hak anak
- High culture sensitivity / Kepekaan budaya yang tinggi
- Conflict management / Manajemen konflik
- Facilitation
skills: group discussion and other participatory tools &
techniques for situation analysis, planning, monitoring, and
assessment/evaluation./ Ketera
mpilan fasilitasi: diskusi kelompok dan alat partisipatif lainnya & teknik untuk analisis situasi, perencanaan, monitoring, dan penilaian/ evaluasi - Program management: situation analysis; planning; monitoring; and assessment/evaluation./ Pengel
olaan program: analisis situasis, perencanaan, monitoring, dan penilaian / evaluasi. - Networking/partnership: coordinating, effectively communicating (speak, read, write, present, report), cooperating / Jaringan / kemitraan: koordinasi, komunikasi efektif (berbicara, membaca, menulis, menyajikan, pelaporan), bekerja sama
- Good understanding on good governance (budgeting, government planning mechanism etc) Pemahaman tentang tata kelola (anggaran, mekanisme perencanaan pemerintah dll) yang baik.
- Lobby advocacy / Advokasi dan lobi
Attitude/Sikap :
- High integrity / Integritas Tinggi
- Highly committed to community development/komitmen tinggi terhadap pengembangan masyarakat
Experience / Pengalaman :
- Two years experience in actual community organizing and development / Dua tahun pengalaman dalam pengembangan dan pengorganisasian masyarakat
We are open and accountable We create a climate of trust inside and outside the organisation by being open, honest and transparent. We hold ourselves and others to account for the decisions we make and for our impact on others, while doing what we say we will do.
We strive for lasting impact We strive to achieve significant and lasting impact on the lives of children and young people, and to secure equality for girls. We challenge ourselves to be bold, courageous, responsive, focused and innovative.
We work well together We succeed by working effectively with others, inside and outside the organisation, including our sponsors and donors. We actively support our colleagues, helping them to achieve their goals. We come together to create and implement solutions in our teams, across Plan International, with children, girls, young people, communities and our partners.
We are inclusive and empowering We respect all people, appreciate differences and challenge inequality in our programmes and our workplace. We support children, girls and young people to increase their confidence and to change their own lives. We empower our staff to give their best and develop their potential.
- Based at Program Implementasi Area, typical office environment and with some domestic/ international travel required.
Early application is encouraged as we will review applications throughout the advertising period and reserve the right to close the advert early.
A range of pre-employment checks will be undertaken in conformity with Plan International's Safeguarding Children and Young People policy.
As an international child centred community development organisation, Yayasan Plan International Indonesia is fully committed to promoting the realisation of children's rights including their right to protection from violence and abuse. That means we have particular responsibilities to children that we come into contact with.
Yayasan Plan International Indonesia believes that in a world where children face so many threats of harm, it is our duty to ensure that we, as an organisation, do everything we can to keep children safe. We must not contribute in any way to harming or placing children at risk. Equality, diversity and inclusion is at the very heart of everything that Plan International stands for. Our organisation is based on a culture of inclusivity and we strive to create a workplace environment that ensures every team, in every office, in every country, is rich in diverse people, thoughts, and ideas.
We will provide equality of opportunity and will not tolerate discrimination on any grounds. We foster an organisational culture that embraces and exemplifies our commitment to gender equality, girls’ rights and inclusion while supporting staff to adopt good practice, positive attitudes and principles of gender equality and inclusion.
No comments:
Post a Comment