Wednesday, March 1, 2023

Konsultan ICT Pengembangan New.beneficiary.id Islamic Relief Indonesia

 

 

TIPE PERJANJIAN

Penugasan berdasarkan konsultansi jangka pendek

DURASI

03 bulan

PROJECT

Project yang terkait dengan penggunaan aplikasi

LOCATION

Remote

 

I.    Latar Belakang dan Dasar Pemikiran

Yayasan Relief Islami Indonesia (YRII) adalah organisasi kemanusian dan pembangunan yang mandiri. YRII sebelumnya bernama Islamic Relief Worldwide adalah sebuah NGO internasional yang berbasis di Inggris. Di Indonesia Islamic Relief beroperasi sejak tahun 2003 setelah penandatanganan MOU dengan Kementerian Dalam Negeri. Tujuan program IR di Indonesia adalah untuk berkontribusi bagi kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia dan meringankan penderitaan. Sektor utama untuk program ini meliputi:

· Air dan Sanitasi

· Mata pencaharian yang berkelanjutan

· Pendidikan

· Kesejahteraan Anak

· Hunian sementara

· Pengurangan Risiko Bencana

Dalam melaksanakan program-program kemanusiaan dengan hasil yang baik, maka perlu pendataan yang baik. Untuk pendataan yang baik diperlukan aplikasi yang mampu mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan sesuai kebutuhan program, seperti profil data penerima manfaat, data kebutuhan penerima manfaat, data hasil monitoring, dan lainnya.  Saat ini Islamic Relief Indonesia telah memiliki Teknologi Informasi Komunikasi berupa aplikasi pendataan sistem Operasi Android yang diinstallasi didalam Telepon Genggam dari link yang disediakan. Sistim aplikasi ini cukup comprehensive (besifat end-to-end solution) yang mana sistim baru ini sama seperti sistim aplikasi beneficiary yang lama,  sistim ini juga sudah  mampu menyajikan data profil penerima manfaat yang telah disesuaikan SADDD, dan data kebutuhan penerima manfaat (lengkap dengan jenis, jumlah, harga dari masing-masing vendor menggunakan katalog setiap jenis produk menggunakan barkode), sehingga dengan adanya fitur ini, kesalahan dalam pengimputan nama barang oleh enumurator bisa diminimalisir. Aplikasi ini juga dapat menghasilkan output master list dan kupon secara otomatis., lengkap dengan photo dan barcode. Disamping itu sistim ini juga dapat merekam data distribusi berikut photo-photonya.

Namun demikian, kami bermaksud untuk menyempurnakan aplikasi ini dengan menambahkan/menyempurnakan beberapa fitur seperti: Koreksi Approval pada PEMBAYARAN TOKO (Request Pembayaran- approval pembayaran), Koreksi Data Logistic – Data Toko, Koreksi jumlah produk saat transaksi, Memaksimalkan fungsi tombol “UPDATE GAMBAR BARANG” pada “Daftar Barang Toko, Membatasi jumlah produk saat transaksi (maksimal 30 item barang per sekali transaksi), Penambahan menu Search by ID or Nama produk pada menu Merchant pada menu barang, Adanya dua server: (1) Server untuk transaksi, dimana hanya akan ada kegiatan kegiatan yang sedang berjalan. (2) Server database: dimana menyimpan data yang history lebih lengkap, untuk keperluan report dan lain sebagainya

Untuk itu Yayasan Relief Islami Indonesia (YRII) mengundang partisipasi dari para pegiat ICT untuk dapat menyempurnakan aplikasi ICT yang kami miliki agar lebih baik dengan ketentuan seperti di bawah ini.

 

II. Tujuan

Mengembangkan aplikasi pendataan dan distribusi dengan target keluaran:

1.     Menghindari “human error” untuk proses “Request Pembayaran”

2.     Menghindari “human error” untuk proses “Approval Pembayaran 1”

3.     Memaksimalkan fungsi “HAPUS” yang masih tercetak pada “Katalog Produk”, produk sudah dihapus namun masih tercatat di dbase, seharus nya sisa “5”

4.     Menghindari over quota produk, hal ini disebabkan karena human error/koneksi internet yang tidak bagus. Saat itulah vendor beberapa kali meng-klik jumlah produk yang dibeli sehingga over produk 

5.     Merombak sistem sinkronisasi data dan media antara Eppicollect dan IR Platform sehingga adanya efisiensi sinkronisasi agar media dapat muncul dengan benar di IR Platform

6.     Saat Vendor memasukkan jumlah produk yang terlalu banyak pada Aplikasi Merchant, server bekerja sangat keras sehingga ada kemungkinan lost koneksi antara Apps Merchant dan beban kerja  server yang mengakibatkan error pada saat checkout

7.     Memudahkan pedagang untuk mencari nama produk yang dibutuhkan RHs dengan menambahan menu Search by ID or Nama produk pada menu Merchant pada menu barang

8.     Membagi sistem penyimpanan diserver, hal ini untuk mengurangi beban server ketika sedang transaksi (Adanya sistem backup data untuk keamanan data dan sistem)

9.     Adanya setting kegiatan untuk bisa melakukan ceklist kategori scoring sehingga scoring bisa dikelolah

 

III.   Dokumen Rujukan

Untuk pengembangan New.beneficiary ini konsultan diminta untuk dapat menterjemahkan poin-poin yang dibutuhkan dalam lampiran. 

IV.   Profil Konsultan ICT Pengembangan New. Beneficiary

Disukai konsultan yang berpengalaman dalam mengembangkan sebuat aplikasi yang bersifat end-to-end solution seperti yang dimiliki Yayasan Relief Islami Indonesia (YRII), yakni sebuah aplikasi yang dapat mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data secara otomatis.

Konsultan yang memenuhi syarat ini akan diundang untuk mempresentasikan platform yang sudah pernah dibangun

Apabila anda mempunyai minat yang kuat dalam pekerjaan pembangunan dengan menghormati kerahasiaan dan komitmen terhadap keseluruhan maksud dan tujuan YRII, termasuk gender, kesetaraan dan kesempatan yang sama di semua aspek pekerjaan Islamic Relief.

YRII adalah organisasi non pemerintah berbasis agama yang menghargai keragaman dan inklusivitas. Pelamar dari berbagai agama, jenis kelamin, ras dan cacat fisik dapat melamar.

Akuntabilitas:

Semua anggota tim YRII diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada penerima manfaat kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional sambil secara aktif melibatkan komunitas penerima manfaat sebagai mitra yang setara dalam desain, pemantauan, dan evaluasi proyek lapangan kami.

Safeguarding:

YRII berpartisipasi dalam Skema Pelanggaran Antar-Agensi untuk memastikan bahwa operasi dan program kami, staf, perwakilan, anak-anak, remaja, dan orang yang berisiko dilindungi dari risiko bahaya dan pelecehan. Dengan pendekatan zero-tolerance YRII berkomitmen untuk menanggapi secara tepat dan konstruktif setiap dan semua informasi yang berkaitan dengan masalah pengamanan selama proses rekrutmen.

Cara melamar:

YRII mengundang konsultan/Perusahaan Konsultan yang berpengalaman dan terampil seperti dijelaskan di atas.

Silakan kirim aplikasi / proposal Anda (Teknis dan Keuangan) termasuk:

A. Proposal Teknis meliputi

- Pengalaman melakukan jenis tugas yang serupa

- Deskripsi metodologi

- CV pesaing/pemimpin

- Rencana Kerja Tentatif.

- Outline laporan yang tepat.

B. Proposal Keuangan meliputi

- Perincian Anggaran

Ke alamat email:

irid.recruitment@islamic-relief.or.id 

Lamaran dikirim langsung ke Kantor YRII tidak akan dilayani.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi. Wanita disarankan untuk melamar posisi ini.

Silakan klik TOR dan persyaratan detail di tautan berikut:

https://bit.ly/Beneficiary_id_TOR

https://bit.ly/Attachment_ToR

Batas waktu pengiriman aplikasi/proposal: 10 Maret 2023.

No comments:

Post a Comment