Monday, October 3, 2011

Penawaran Lelang Media Placement SFCG

Search for Common Ground Indonesia (SFCGI) adalah sebuah lembaga nirlaba yang memiliki visi untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap konflik dari pendekatan yang menekankan pertentangan menjadi pendekatan yang berorientasi pada pencarian titik temu. SFCGI telah bekerja di Indonesia sejak tahun 2002 untuk melakukan aktivitas-aktivitas transformasi konflik terutama di wilayah-wilayah yang pernah mengalami konflik komunal. Dalam pendekatannya SFCGI menggunakan instrumen media massa termasuk drama radio, film dokumenter, komik, dan festival budaya untuk menyebarluaskan budaya damai pada masyarakat Indonesia.

Saat ini SFCG memiliki salah satu program yaitu Transformasi Kepemimpinan Perempuan. Program ini bertujuan untuk mendukung perempuan yang saat ini telah duduk di lembaga-lembaga pengambil kebijakan, dan mempersiapkan perempuan serta masyarakat agar memiliki kapasitas kepemimpinan yang efektif dimasa datang.

Patut diakui secara kuantitas saat ini jumlah perempuan di ruang atau lembaga pengambil kebijakan memang bertambah. Namun secara kualitas, kaum perempuan masih memiliki tantangan. Kepercayaan publik, dukungan dari masyarakat, tingkat kapasitas personal dan kepercayaan diri perempuan, dukungan keluarga, tokoh agama serta masyarakat adalah persoalan-persoalan yang juga masih dihadapi dan membayangi para perempuan.

Untuk itulah penyadaran yang bersifat massif hingga akar rumput menjadi penting dilakukan agar proses pemberdayaan dan pencerahan berjalan seiring di semua lini masyarakat. Salah satu yang kami akan lakukan adalah membangun kesadaran dan mendorong perubahan sikap masyarakat secara umum terhadap keikutsertaan perempuan dalam politik dan mengangkat hak-hak perempuan. Hal ini dilakukan antara lain melalui produksi serial drama radio yang akan disiarkan di beberapa daerah di Indonesia.

Sinopsis Drama radio ”Pemimpin Super” berisi rekaman obrolan ringan namun berisi di sebuah komunitas yang dinamakan Kedai Suara. Pembahasan perbincangan di kedai adalah seputar isu perempuan dengan segala dinamikanya dalam upaya berkiprah di masyarakat terutama soal ketidakadilan yang melingkupi kaum perempuan. Ada tiga tokoh utama dalam serial ini yaitu Swarawasti, Pak Bijak dan Pak Sanggah. Naskah serial drama radio ”Pemimpin Super” ditulis oleh Prie GS dan co-writer Nuning Purnamaningsih.

Informasi Teknis Pengudaraan Drama Radio “Pemimpin Super” dan Talkshow
• Total jumlah episode drama radio yang akan diudarakan adalah 25 episode.
• Setiap episode drama radio berdurasi 30 menit terbagi dalam tiga segmen, termasuk didalamnya pengudaraan 5X Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berdurasi sekitar 30-60 detik per episode pada opening program, ending segmen 1, ending segmen 2, ending segmen 3, dan closing program
• Metode Pemutaran Drama Radio: Stripping (Senin-Jumat), dengan sistem Blocking Time 30 menit, dan/atau semi blocking time 60 menit.
• Metode pengudaraan Talkshow: Dilakukan secara Live, interaktif, dan dilakukan selama 5 Kali. Waktu pelaksanaan Talkshow adalah, pada akhir pekan (Sabtu atau Minggu) atau, setelah penayangan 5 episode drama radio.
• Rencana pengudaraan Drama Radio dan Talkshow: Desember 2011- Januari 2012
• Area pengudaraan: Jakarta, Banten, Bandung, Semarang, Surabaya, Bengkulu, Kendari, Mataram (NTB)
• Target Pendengar:Kelas B dan C, usia 17-35 tahun, Pria-Perempuan (40%-60%).
• Estimasi besaran biaya yang diharapkan: Berkisar antara 350-375 Juta Rupiah

Berdasarkan deskripsi di atas, perusahaan dan/atau lembaga yang berminat diharapkan menyampaikan penawaran dengan menyertakan rincian keterangan untuk hal-hal berikut:
• Jumlah harga per radio dan total untuk pengudaraan 25 episode drama radio dan 5 ILM (Iklan Layanan Masyarakat), dengan metode blocking time 30 menit dan semi blocking time 60 menit.
• Jumlah harga per radio dan total untuk pengudaraan talkshow dengan metode blocking time 60 Menit,dan semi blocking time 60 menit.
• Profil stasiun radio yang ditawarkan
• Hal-hal lain yang menjadi competitive points dari penawaran Anda

Proses pemasukkan dokumen keikutsertaan penawaran lelang ini akan Kami tutup pada 14 Oktober 2011.

Sampaikan penawaran Anda ke:

Tim Lelang Media Placement Program ”Pemimpin Super”
Search For Common Ground Indonesia
Jalan Cipaku II, No. 7
Jakarta 12170
Atau E-mail ke: lnurohmah@sfcg.org.

No comments:

Post a Comment