Wednesday, November 6, 2013

TOR: Konsultan Psychology - Plan Indonesia

Term of Reference (TOR)
Konsultan Psychology untuk Seleksi Peserta Pelatihan Otomotif
Proyek Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda Melalui Pelatihan Otomotif
 
 
A. Latar Belakang
Plan Indonesia adalah organisasi pemberdayaan masyarakat dan bagian dari Plan International yang berkantor pusat di Inggris. Plan beroperasi di 50 negara di dunia dan telah ada di Indonesia sejak tahun 1969. Kegiatan Plan berfokus pada pemenuhan hak-hak anak khususnya dalam bidang: pendidikan, kesehatan, perlindungan anak, air bersih dan sanitasi, manajemen bencana dan pemberdayaan ekonomi.

Sejak tahun 2010, Plan Indonesia menjalankan program pemberdayaan ekonomi bagi kaum muda dengan dukungan berbagai pihak seperti Bank Dunia dan perusahaan-perusahaan swasta asing. KOICA, Hyundai Motor Company dan Plan Indonesia bermaksud menjalankan proyek pemberdayaan ekonomi kaum muda melalui pelatihan di bidang otomotif untuk periode sampai dengan 3 tahun mulai tahun 2013.  Kegiatan proyek akan meliputi:
1.      Pembangunan dan renovasi tempat pelatihan dalam bidang otomotif
2.      Pelatihan otomotif bagi kaum muda laki-laki dan perempuan
3.      Pemagangan dan penempatan kerja.
4.      Pelatihan kewirausahaan dan dukungan bagi kaum muda untuk membuka usaha bengkel otomotif atau bidang lain yang terkait.
 
Kegiatan pelatihan otomotif mempunyai komponen utama yaitu tempat, guru/trainer, peserta/siswa, metode dan kurikulum/bahan ajar. Untuk mendapatkan peserta pelatihan yang memenuhi standar maka perlu dilakukan seleksi calon peserta pelatihan. Dalam rangka seleksi calon peserta pelatihan otomotif pada “Hyundai KOICA Dream Center Indonesia” maka diperlukan Konsultan/Lembaga Psikologi yang bertugas menyeleksi calon peserta dengan standar meliputi  IQ, minat, bakat dan kepribadian.
  
B.  Tujuan 
    Tujuaan dari kegiatan ini  adalah :
A.     Konsultan Psychology yang profesional mampu melakukan seleksi calon peserta pelatihan otomotif  sesuai standar.
B.      Pelatihan otomotif diikuti oleh peserta yang benar-benar membutuhkan (dari keluarga tidak mampu), mempunyai motivasi tinggi, minat bakat dan attitude yang baik.
C. Output
A.     Daftar calon peserta pelatihan otomotif dengan ranking berdasarkan hasil test seleksi
B.      Rekemondasi dari lembaga psychology tentang daftar calon peserta pelatihan tersebut.
D. Metode
Metode yang digunakan adalah:
1.      Studi literatur tentang phsycologi perekrutan
2.      Test tulis
3.      Evaluasi
E. Scope Pekerjaan  
Konsultan bertugas melakukan seleksi peserta yang berjumlah 500 pemuda melalui test tertulis dengan memperhatikan standar  IQ, minat, bakat dan kepribadian.
 
F. Kualifikasi Konsultan
     Konsultan berasal dari lembaga psychologi/perorangan yang ahli dan berpengalaman dalam test psychologi, seleksi, dan perekrutan calon siswa/ peserta pelatihan/pegawai.
 
G. Schedule Perekrutan calon peserta pelatihan otomotif
    
Tanggal
Kegiatan
Tempat
6 -  10 Nopember 2013
Pengiriman compony profile (Lembaga) atau CV (perorangan) dilengkapi dengan proposal (teknis dan budget) lewat email ke  HRD.Indonesia@plan-international.org dengan Subject: Konsultan Psychology.  Budget yang diajukan meliputi Fee Konsultan, bahan/alat test, transportasi,dll. Sedangkan tempat dan snack peserta seleksi disediakan oleh Plan Indonesia.
 
 
11 – 13 Nopember
Shortlist, verifikasi, Penentuan Konsultan
 
14 Nopember 2013
Penandatanganan kontrak kerja
Plan Indonesia, Alamat: “Menara Duta” Building Jl. HR. Rasuna Said, Kav-B-9 Kuningan Jakarta Selatan
18 - 20 Nopember 2013
Pelaksanaan test tertulis untuk 500 pemuda usia 18 – 24 tahun (seleksi calon peserta pelatihan otomotif)
Puslatdikjur, Jl. Rawaterate 2 No.1 Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
21 Nopember 2013
Pengiriman laporan
Puslatdikjur
 
__._,_.___

No comments:

Post a Comment