Advertisement

Thursday, July 21, 2016

Dibutuhkan Konsultan/Tenaga Ahli dalam pelatihan wirausaha dan pendampingan start up usaha mikro untuk anak muda

TERM OF REFERENCE (TOR)
Rekrutmen Pelatihan dan Pendampingan wirausaha bagi anak muda di Cileungsi (Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal) dan Batam (Pulau Kasu, Pulau Bertam, Pulau Gare dan Pulau Lingga) yang tergabung dalam program ENERGY.
 
A.     Latar Belakang
ChildFund Indonesia adalah organisasi internasional di bidang anak yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1958 dan bekerja sama melaksanakan program pengembangan anak multi-sektoral. Berbagai jenis program yang diimplementasikan oleh ChildFund, diantaranya program pengembangan anak usia dini, pendidikan berkualitas, pengembangan pemuda dan keterampilan, tanggap darurat dan pengurangan risiko bencana, serta program perlindungan anak. Berkenaan dengan program pengembangan dan ketrampilan anak muda ChildFund Indonesia bekerja sama dengan Caterpillar Foundation yang memiliki komitmen tinggi untuk membangun tenaga muda produktif terutama anak-anak muda yang putus sekolah dan pengangguran yang sulit mendapatkan akses ke pekerjaan, magang atau wirausaha dikarenakan faktor budaya ataupun akses informasi. Childfund Indonesia dan Caterpillar foundation bersama Program Pembederdayaan Ekonomi Anak Muda di Cileungsi ini diharapkan dapat memberikan stimulan bagi forum/kelompok anak muda dan anak mudanya agar berdaya secara ekonomi.
 
Program Energy (Enhancing and empowering youth) Childfund Indonesia adalah program pemberdayaan ekonomi anak muda yang merupakan kolaborasi antara childfund Indonesia dengan Caterpillar Foundation di Batam dan Cilengsi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi anak muda terutama yang putus sekolah dan pengangguran untuk membekali anak muda di Batam yaitu di Pulau Kasu, Bertam, Lingga dan Gara serta di Cilengsi yaitu di Desa Pasir angin dan Desa Limus Nunggal agar mereka dapat berdaya secara ekonomi dengan siap kerja atau memulai usaha mikro melalui pelatihan kompetensi dasar dan pelatihan keterampilan yang difasilitasi oleh Childfund Indonesia bekerja sama dengan Caterpillar Foundation.
 
Salah satu Program pelatihan yang akan difasilitasi dalam program ini adalah pelatihan wirausaha dan pendampingan start up usaha mikro bagi anak muda Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal yang bertujuan untuk membekali mereka dengan keterampilan enterpreneur yang dibutuhkan agar mereka memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk memulai Usaha mikro yang dapat memberikan pendapatan yang berkelanjutan bagi kelangsungan hidup mereka.
 
Dalam implementasi pelatihan wirausaha dan pendampingan anak muda program Energy, ChildFund Indonesia akan bekerja sama dengan konsultan/tenaga ahli dalam pelatihan wirausaha dan pendampingan start up usaha mikro untuk anak muda. Adapun program pelatihan wirausaha ini akan mencakup:  
 
1.      Pelatihan wirausaha
2.      Pembentukan kelompok usaha & Pendampingan pembentukan usaha mikro bagi anak muda program Energy.
3.      Mentoring wirausaha dengan pengusaha-pengusaha di Jakarta, Bogor atau Cileungsi.
4.      Membuka akses ke lembaga-lembaga keuangan mikro bagi kelompok usaha atau individu yang sudah merintis usaha mikro.
5.      Monitoring program pendampingan usaha mikro anak muda
6.      Pelaporan
 
B.      Tujuan
1.      Membekali anak-anak muda di Batam yaitu di Pulau Kasu, Pulau Lingga, Pulau Bertam dan Pulau Gara serta Cilengsi yaitu Desa Pasir angin dan Desa Limus nunggal dengan keterampilan wirausaha agar mereka memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk memulai usaha.
2.      Mendampingi anak muda program Energy untuk membentuk kelompok usaha dan memulai usaha mikro di wilayah mereka.
3.      Menghubungkan kelompok-kelompok usaha yang sudah dibentuk dengan mitra-mitra pengusaha di area Batam, Jakarta, Bogor dan Cileungsi.
4.      Memberikan akses kepada kelompok usaha ke lembaga keuangan mikro.
 
C.      Sasaran
Pelatihan ini akan menyasar anak muda di Batam yaitu di Pulau Kasu, Pulau Lingga, Pulau Bertam dan Pulau Gara serta Cilengsi yaitu Desa Pasir angin dan Desa Limus nunggal dengan persyaratan sebagai berikut:
 
1.      Anak-anak Muda
2.      Laki-laki atau perempuan
3.      Lulusan maximal SMA/SMK
4.      Saat ini sedang tidak bekerja atau sudah lulus/drop out sekolah
5.      Dapat membaca dan menulis
6.      Bersedia berkomitmen untuk mengikuti program
7.      Saat ini belum, sedang atau sudah memiliki usaha.
 
D.     Target
1.      Anak muda di Pasir angin & Desa Limus Nunggal, Cileungsi mengikuti pelatihan dan pendampingan wirausaha.
2.      Anak muda di Pulau Kasu, Pulau Bertam, Pulau Gare dan Pulau Lingga Batam mengikuti pelatihan dan pendampingan wirausaha.
3.      Terbentuknya kelompok usaha atau usaha yang dijalankan oleh perorangan di Batam dan Cileungsi.
4.      Terbentuknya rencana usaha (Business Plan) di Batam dan Cilengsi yang dibuat dan dijalankan oleh anak muda program Energy.
5.      Mentoring bagi kelompok usaha mikro untuk berjejaring atau menjadi anak asuh pengusaha pengusaha lokal baik di Batam, Cilengsi, Bogor dan Jakarta.
6.      Adanya akses ke lembaga-lembaga keuangan mikro di Batam dan Cilengsi atau Jakarta.
                   
 
     Data Jumlah anak yang pasti menyusul, masih menunggu konfirmasi dari pengumpulan
     Data di lapangan yang akan diselesaikan tgl 23 Juli 2016.
 
E.      Karakter penerima manfaat dan potensi usaha di kedua wilayah
Cilengsi: merupakan daerah industri dimana hampir sebagian besar industri dan pabrik berlokasi di Cilengsi, daerah intervensi program ini adalah Desa Pasir Angin dan Desa Limus Nunggal, kecamatan Cilengsi.
Anak muda penerima manfaat program Energy ini adalah sebagaian besar belum bekerja dan berlatar belakang pendidikan SD-SMA/SMK, banyak dari mereka yang menjadi buruh temporer di pabrik-pabrik atau sektor informal dan ada juga yang sudah memulai usaha mikro seperti jual pulsa, warung kelontong, butik online, las, bengkel,jual makanan. Di Cilengsi sendiri jarang ditemukan usaha yang bersumber dari sumberdaya alam lokal sehingga tidak banyak ditemukan usaha yang memproduksi hasil sumber daya alam yang ada.
 
Batam: wilayah intervensi proram di Batam adalah Pulau Kasu, Pulau Gare, Pulau Bertam dan Pulau Lingga. Untuk mencapai ke 4 pulau itu diperlukan kapal dari Batam. Pulau yang terbesar dan paling padat adalah Pulau Kasu sementara Pulau bertam, Pulau Lingga dan Pulau Gare tidak berjaukan lokasinya dari Pulau Kasu dan tidak memiliki populasi yang padat.
Anak muda penerima manfaat program Energy ini adalah sebagaian besar belum bekerja dan berlatar belakang pendidikan SD-SMA/SMK, banyak dari mereka yang menjadi nelayan dan memiliki usaha mikro seperti warung kelontong,jual makanan. Di ke 4 pulau tersebut potensi usaha yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat setempat adalah usaha penjualan makanan dengan bahan dasar ikan namun penjualannya masih dilakukan di seputaran wilayah ke 4 pulau tersebut dikarenakan kendala transportasi dan biaya untuk menjualnya ke Batam.
 
F.       Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh konsultan
1.      Pelatihan wirausaha bagi anak muda di Batam yaitu di Pulau Kasu, Pulau Lingga, Pulau Bertam dan Pulau Gara serta Cilengsi yaitu Desa Pasir angin dan Desa Limus Pembentukan kelompok usaha atau usaha mikro yang akan dilakukan oleh perorangan.
2.      Pendampingan pembentukan usaha mikro bagi anak muda program Energy di Batam dan Cilengsi.
3.      Mentoring wirausaha dengan pengusaha-pengusaha di Batam, Cilengsi, Bogor atau Jakarta.
4.      Pembuatan dan pengajuan proposal untuk akses kredit usaha mikro ke lembaga-lembaga keuangan mikro di Batam, Cilengsi, Bogor dan Jakarta.
5.      Monitoring program pendampingan usaha mikro anak muda
6.      Pelaporan
  
 
G.       Waktu & tempat
 
1.      Proses recruitment dan seleksi
Periode           : 19-28 Juli
 
2.      Proses finalisasi proposal dan perjanjian kerjasama
Periode           :  30 Juli – 8 Agustus
 
3.      Pelatihan Wirausaha
Periode           : Agustus - September 2016
Tempat           : Batam: Pulau Kasu & Pulau Bertam
                         Cilengsi: Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal
 
2.  Pembentukan kelompok usaha atau usaha mikro yang dilakukan oleh perorangan
Periode           : Agustus - September 2016
Tempat           : Batam: Pulau Kasu, Pulau Bertam, Pulau Lingga dan Pulau Gare
                         Cilengsi: Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal
 
      3. Pendampingan pembentukan usaha mikro bagi anak muda program Energy.
Periode           : September 2016
Tempat           : Batam: Pulau Kasu, Pulau Bertam, Pulau Lingga dan Pulau Gare
                         Cilengsi: Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal
 
       4. Mentoring wirausaha dengan pengusaha-pengusaha di Batam, Jakarta, Cilengsi
Periode           : September-Oktober 2016
Tempat           : Batam & Cileungsi.
 
       5. Pembuatan dan pengajuan proposal untuk akses kredit usaha mikro ke lembaga-
           Lembaga keuangan mikro.
Periode           : September-Oktober 2016
Tempat           : Batam, cileungsi, Bogor dan Jakarta
 
        6. Monitoring program pendampingan usaha mikro anak muda
Periode           : September-Oktober 2016
Tempat           : Batam & Cileungsi
 
        6. Pelaporan
Periode           : Oktober 2016
  
  
H.       Materi Pelatihan
 
Tenaga ahli/konsultan akan menyediakan materi dan modul pelatihan dan pengembangan wirausaha dengan dikonsultasikan ke Pihak Chilfund Indonesia.
 
 
I. Peran dan Tanggung Jawab:
 
       Konsultan/tenaga ahli sebagai pihak fasilitator program pelatihan dan pendampingan
       Wirausaha untuk peserta program Energy di Pasir angin dan Limus Nunggal bertanggung
       Jawab dalam:
 
1.      Membuat proposal dan anggaran kegiatan program di Batam & Cileungsi yang akan diserahkan ke Childfund Indonesia dan direview serta disepakati.
2.      Membuat design program, materi dan modul untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan wirausaha.
3.      Membuat pre test dan post test serta analisa hasilnya.
4.      Memfasilitasi peserta program Energy Childfund Indonesia dengan pelatihan wirausaha wirausaha di Batam & Cileungsi.
5.      Membentuk kelompok-kelompok usaha atau usaha perorangan di Batam & Cileungsi.
6.      Pendampingan dalam pembentukan usaha mikro yang akan dirintis oleh anak muda peserta program Energy.
7.      Pembentukan mitra/orang tua asuh bagi anak muda peserta program energy dengan pengusaha-pengusaha lokal di Batam & Cileungsi.
8.      Bersama dengan Childfund Indonesia dan YEP melakukan Koordinasi dengan pengusaha lokal baik di Batam, Cilengsi, Bogor atau Jakarta.
9.      Melatih YEP dan Forum Anak Bogor untuk membantu proses pendampingan usaha peserta program Energy.
10.  Monitoring kegiatan mentoring anak muda peserta energy dengan pengusaha lokal bersama dengan Childfund Indonesia dan YEP.
11.  Pendampingan Pembuatan dan pengajuan proposal untuk akses kredit usaha mikro ke lembaga-Lembaga keuangan mikro.
12.  Menyerahkan laporan akhir ke pihak Childfund Indonesia.
13.  Memastikan kegiatan pelatihan keterampilan Program energy childfund Indonesia berjalan sesuai rentang waktu dan anggaran yang telah disepakati.
 
Childfund Indonesia sebagai penyelenggara dalam program pelatihan dan pendampingan wirausaha untuk peserta program Energy anak muda Pasir angin dan Limus Nunggal akan bertanggung jawab dalam:
 
1.         Membiayai keseluruhan program pelatihan dan pendampingan wirausaha untuk peserta didik program ENERGY Childfund.
2.         Membuat kontrak kerjasama dengan pihak konsultan/tenaga ahli yang akan disepakati keduabelah pihak.
3.         Review dan finalisasi anggaran program pelatihan keterampilan yang akan diajukan oleh pihak konsultan/tenaga ahli.
4.         Melakukan koordinasi dengan pihak desa, karang taruna dan pengusaha lokal di wilayah Cileungsi.
5.         Menyediakan logistik dan tempat untuk kebutuhan pelatihan.
6.         Melakukan koordinasi dengan peserta program dalam setiap kegiatan
7.         Melakukan monitoring dan supervisi program dengan melakukan kunjungan kegiatan.
8.         Review laporan yang akan diserahkan oleh pihak konsultan/tenaga ahli.
 
    
Yayasan Embun Pelangi sebagai mitra Childfund Indonesia dalam implementasi program di Batam bertanggung Jawab dalam:
 
1.      Cofasilitator dalam pelatihan wirausaha di 4 pulau.
2.      Membantu konsultan dalam proses pendampingan pembentukan usaha mikro yang akan dirintis oleh anak muda peserta program Energy.
3.      Melakukan Koordinasi dengan pengusaha lokal baik di Batam.
4.      Monitoring kegiatan mentoring anak muda peserta energy dengan pengusaha lokal.
5.      Melakukan koordinasi dengan pihak desa, karang taruna dan pengusaha lokal di wilayah 4 pulau dampingan.
6.      Menyediakan logistik dan tempat untuk kebutuhan pelatihan.
7.      Melakukan koordinasi dengan peserta program dalam setiap kegiatan
8.      Melakukan monitoring dan supervisi program dengan melakukan kunjungan kegiatan.
9.      Review laporan yang akan diserahkan oleh pihak konsultan/tenaga ahli.
 
Forum Anak Bogor sebagai mitra childfund Indonesia dalam implementasi program di Cilengsi bertanggung jawab dalam:
 
1.      Cofasilitator dalam pelatihan wirausaha di Desa Pasir angin & Desa Limus Nunggal.
2.      Membantu konsultan dalam proses pendampingan pembentukan usaha mikro yang akan dirintis oleh anak muda peserta program Energy.
3.      Melakukan Koordinasi dengan pengusaha lokal baik di Cilengsi.
4.      Monitoring kegiatan mentoring anak muda peserta energy dengan pengusaha lokal.
5.      Melakukan koordinasi dengan pihak desa, karang taruna dan pengusaha lokal di wilayah 4 pulau dampingan.
6.      Menyediakan logistik dan tempat untuk kebutuhan pelatihan.
7.      Melakukan koordinasi dengan peserta program dalam setiap kegiatan
 
 
J.     Anggaran kegiatan
Anggaran kegiatan akan dibuat oleh pihak konsultan dengan direview oleh childfund Indonesia dan akan disepakati oleh kedua belah pihak.
 
       Jika anda berminat, mohon mengirimkan proposal penawaran ke apane@childfund.org paling lambat tanggal 28 Juli 2016.

No comments:

Post a Comment