Advertisement

Monday, August 1, 2016

Evaluator Program Peduli - Yayasan Samin

LATAR BELAKANG
·      SAMIN berdiri pada tahun 1987 sebagai lembaga yang memberikan dukungan bagi orang, kelompok atau organisasi yang memiliki perhatian terhadap persoalan-persoalan anak. Program awal SAMIN adalah mempromosikan pendidikan alternatif bagi anak-anak di 2/3 propinsi di Indonesia yang ada pada saat itu. Isu lainnya yang pernah menjadi perhatian adalah anak jalanan, buruh anak, dan eksploitasi seksual komersial terhadap anak. Sejak tahun 1995, SAMIN mulai mendalami isu hak-hak anak yang kemudian dikembangkan sebagai perspektif kerja. Tujuan program mulai difokuskan kepada promosi atas hak-hak anak dan melakukan advokasi kepada Negara untuk menjalankan kewajiban-kewajibannya untuk menghargai, melindungi dan memenuhi hak-hak anak.
·         Pada tahun 2014 Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) terpilih sebagai salah satu Lembaga Payung yang bertanggungjawab penuh mengelola dana hibah PNPM Peduli untuk isu Inklusi Sosial pada kelompok Anak/Remaja Rentan dan pekerja anak dengan melibatkan mitra di tingkat provinsi/ Kabupaten/Kota (CSO Partner).
·         Program PNPM Peduli merupakan program yang dikembangkan oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (sebelumnya bernama Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat) dengan dukungan dana dari DFAT. Dalam pelaksanaannya DFAT dan Kementerian ini menunjuk TAF (The Asia Foundation) sebagai Managing Partner yang bertanggung jawab dalam pelaksaanaan program PNPM Peduli.
·         SAMIN sebagai salah satu EO, telah menandatangani Letter of Grant dengan The Asia Foundation (TAF), untuk pelaksanaan Program Peduli untuk periode 1 Januari hingga 31 Desember 2015. Dalam perjalanannya, terdapat kesepakatan untuk memperpanjang kerjasama antara TAf dan Samin dalam program Peduli hingga Oktober 2016.
·         Sebagai Mitra Payung untuk isu anak & remaja rentan, Samin bekerjasama dengan 8 mitra di Medan, Langkat, Lampung, Sambas, Bandung, dan Garut, dengan fokus issu : ESKA, anak buruh perkebunan, anak jalanan, dan anak lapas.
 
  
Tujuan Evaluasi akhir program Peduli :
Evaluasi akhir program Peduli ini diselenggarakan dengan maksud untuk melihat capaian keseluruhan dari program Peduli Samin, mengidentifikasi praktek terbaik yang dihasilkan, melihat lesson learned serta kemungkinan model yang dapat direplikasi atau menjadi masukkan dalam program Inklusi bagi anak dan remaja rentan selanjutnya.
Tujuan khusus dari evaluasi program Peduli Samin adalah :
·         Melihat relevansi pelaksanaan program Peduli dengan konteks budaya, ekonomi, dan politik Indonesia (atau masing-masing wilayah kerja Peduli).
·         Melihat kesesuaian pelaksanaan program berdasarkan design program dan kesepakatan yang ada.
·         Melihat kesesuaian pelaksanaan program dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, serta mengidentifikasi tantangan/hambatan yang ada selama pelaksanaan program.
·         Melihat/membuat rekomendasi keberhasilan program Peduli Samin dalam menghadapi tantangan yang ada dan dapat memenuhi target dalam batas waktu yang disepakati.
·         Menilai apakah kegiatan program dapat berkelanjutan di tingkat komunitas dan pemerintah daerah dan di antara organisasi pelaksana, dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan keberlanjutan komponen program dan tujuan.
 
METODOLOGI :
Penggalian informasi akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitative, yang terdiri dari wawancara mendalam, FGD, dan lokakarya bersama stakeholder.  Proses evaluasi akan terbagi ke dalam tiga tahap,  yaitu :
·         riviu document program,
·         kunjungan lapangan, dan
·         lokakarya stake holder.

Evaluasi ini akan dilakukan dengan menggunakan tim evaluator dari luar Program Peduli yang akan dipilih melalui proses seleksi. Proses seleksi akan ditentukan oleh tim Peduli Samin.
 
Waktu Pelaksanaan :
Waktu
Kegiatan
agustu 2016
Pengambilan data & kunjungan lapangan
september 2016
penulisan laporan
Oktober 2016
Pengiriman Laporan
Calon konsultan diharapkan memenuhi syarat berikut:
·   Minimum mempunyai pendidikan S2 di bidang Ilmu Sosial dan bidang terkait lainnya, dan atau memiliki pengalaman kerja minimum 5 tahun sebagai evaluator.


CV dapat dikirimkan ke:
Yayasan Samin
Jalan Perintis no 1,
Soragan, Rt. 02, Ngestiharjo, Kasihan,
Bantul, Yogyakarta 55182
(0274) 530 6210
 
CV paling lambat diterima pada tanggal : 4 Agustus 2016

No comments:

Post a Comment