Advertisement

Sunday, October 2, 2016

Job Vacancy: Field Facilitator KopWan Al Barokah - Proyek PLB

Sahabat Cipta (SC) adalah sebuah lembaga nirlaba yang didirikan di tahun 2007 oleh para tenaga ahli di bidang pengembangan masyarakat, memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu di Indonesia. Misi SC adalah untuk membekali masyarakat dengan keterampilan dan peluang baru agar mereka dapat menjadi mandiri. SC berfokus pada peningkatan manajemen proyek, bantuan teknis dan pelatihan di bidang pengembangan ekonomi lokal, pengembangan usaha kecil, pengembangan keterampilan pedesaan, keuangan mikro, dan pengelolaan lingkungan.

Sejak didirikannya, SC telah mengembangkan dan melaksanakan lebih dari 25 proyek dengan pendanaan dari mitra donor internasional dan donor dalam negeri, dan memposisikan dirinya di bidang investasi sosial dan pembangunan proyek-proyek berkelanjutan. SC mengadopsi pendekatan pengembangan pasar dalam meningkatkan pertumbuhan pro-rakyat yang akan menyebabkan peningkatan kesejahteraan.
Saat ini, dengan dukungan dana dari Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia), SC melaksanakan proyek Pertanian Lestari Berau (PLB) dengan bermitra bersama Koperasi Wanita Al-Barokah. Tujuan akhir Proyek adalah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan di lanksap sasaran secara berkelanjutan melalui pertumbuhan ekonomi rendah karbon. Untuk mencapai tujuan tersebut, proyek memiliki 2 tujuan spesifik, yaitu 1) meningkatnya pendapatan rumah tangga petani kakao dan lada, dan 2) berkurangnya emisi gas rumah kaca (GRK) dari penggunaan lahan.
Berkaitan dengan proyek tersebut, SC membantu dan memfasilitasi Koperasi Wanita Al-Barokah untuk mencari satu (1) orang staff untuk:
Posisi: Field Facilitator (FF)
Lokasi proyek: Berau, Kalimantan Timur
Daerah dampingan yang menjadi tanggungjawabnya: Merancang Ulu, Gunung Tabur (serta beberapa daerah lainnya sesuai kebutuhan proyek).
Durasi penugasan: s.d 31 Desember 2017
Tugas dan tanggungjawab utama:
1.       Menyusun rencana kegiatan bulanan berdasarkan Logframe Milestone-Matriks Perencanaan Program Tahunan.
2.       Menyusun dan melakukan pendampingan lapangan, bagi Kelompok Tani dampingan, dengan target:
  1. berfungsinya aspek-aspek (administrasi, organisasi, keuangan, usaha produktif, dan akseptasi/jaringan) di setiap POKTAN
  2. berfungsinya POKTAN yang mampu mengelola aktivitas bisnis (usaha) kelompok dan atau mendukung pengembangan usaha anggota di bidang komoditas kakao dan Lada;
  3. melakukan kunjungan lapangan (home visit) kepada anggota POKTAN
d.      berfungsinya dan pengembangan wadah pemasaran komoditas dan/ produk POKTAN dan anggota POKTAN,
3.       Memfasilitasi kebutuhan pendukung kegiatan pendampingan lapang dengan menyusun procurement plan, distribution plan, dan daftar serah terima barang.
4.       Di bawah pendampingan tenaga Ahli dan teknis komoditas Kakao, Lada  dan Senior FF memfasilitasi pembangunan dan pengawasan demoplot (ujicoba), Rumah Pembibitan, dan bisnis (usaha) perkebunan komoditas Kakao dan Lada ditingkat POKTAN dan anggotanya
5.       Di bawah pendampingan teknis Tenaga Ahli (TA) Pemasaran, menyediakan akses terhadap: informasi produk, pemasaran, akses pembiayaan serta pengembangan komoditas Kakao dan Lada
6.       Di bawah koordinasi TA,  Tenaga Teknis dan Koordinator Sekolah Lapang dan Senior FF, membantu pelaksanaan Sekolah Lapang, pendampingan teknis, pertemuan-pertemuan, dan Survey pasar produk.
7.       Membantu TA Knowledge Management, dalam mengembangkan pengetahuan, media dan informasi.
8.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan, meliputi:
-       laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan operasional secara jujur, akuntabel dan transparan
-       laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan program pendampingan secara jujur, akuntabel dan transparan
-       laporan pendampingan program berupa: laporan narasi, laporan perkembangan organisasi dan usaha POKTAN dan/ laporan profil POKTAN, hasil Sekolah Lapang, hasil panen komoditas dan/
-       produk yang dihasilkan POKTAN dan/ anggotanya.
-       laporan kegiatan pendampingan lapangan, yaitu time sheet dan laporan kegiatan harian secara periodik sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.
9.       Melakukan pengambilan data untuk mengukur perkembangan organisasi dan usaha PokTan..
10.   Melakukan pengambilan data untuk mengukur peningkatan produksi, parameter ekonomi anggota POKTAN, dan dampak pengurangan emisi GRK.
11.   Melakukan tugas-tugas lainnya yang layak atas permintaan Ketua Koperasi Wanita Al-Barokah dan Manajer Proyek PLB.
12.   Dalam menjalankan tugasnya, di bawah koordinasi dan tanggungjawab Ketua Koperasi Wanita Al-Barokah yang berhubungan dengan aspek administrasi, dan Manajer Proyek PLB yang berhubungan dengan aspek Teknis.

Syarat dan kualifikasi:
1.         Latar belakang pendidikan: Minimal D3 (bidang pertanian/perkebunan/sosial akan memberikan nilai tambah bagi kandidat yang bersangkutan).
2.         Pengalaman minimal 1 tahun.

Bagi kandidat yang tertarik dapat mengirimkan surat lamaran beserta dengan daftar riwayat hidup dan scan ijazah terakhir ke alamat email: recruitment.ysc@sahabatcipta.or.id dengan judul: FF – PLB [Nama Kandidat Pelamar] paling lambatnya 7 Oktober 2016 pk. 16.00 WITA.

 

No comments:

Post a Comment