Thursday, June 8, 2017

Lowongan "Tenaga Ahli (Praktisi) Pengolahan Pisang"

Pengumuman Rekrutmen Kemala: Tenaga Ahli (Praktisi) Pengolahan Pisang
Konsorsium Kemala merupakan konsorsium yang dibentuk oleh empat lembaga yang dipimpin oleh Lakpesdam PBNU yang mendapatkan grant MCA Indonesia Window 2 di bawah komponen PSDABM (Pengembangan Sumberdaya Alam Berbasis Masyrakat) untuk menjalankan proyek Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Miskin melalui Praktek Usaha Hijau yang didukung oleh Energi Terbarukan.
 
Proyek bekerja di 3 (tiga) desa/nagari di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Solok Selatan dengan tim pelaksana terdiri dari tim manajemen dan tim pelaksana lapangan. Proyek dilaksanakan selama 18 bulan dimulai Juli 2016 dan berakhir Desember 201.
Salah satu program yang dijalan oleh Konsorsium Kemala yaitu Program Sekolah Hijau. Sekolah Hijau memiliki kurikulum yang terdiri dari Pendid Dasar, Pendid Menengah, dan Pendid Lanjut.  Dalam Kurikulum Pendid Menengah masyarakat akan mendapatkan materi tentang keterampilan salah satu jenis usaha produktif sesuai dengan potensi lokal di tiap – tiap desa. Dalam rangka menjalankan salah satu materi pada Kurikulum Pendid Menengah tersebut, Konsorsium Kemala membutuhkan Tenaga Ahli (Praktisi) Pengolahan Pisang untuk lokasi kegiatan di Desa Rawasari dan Sungai Rambut, Tanjung Jabung Timur – Jambi.
Adapun persyaratan, tugas dan tanggung jawab, periode dan lokasi penugasan akan dijelaskan sebagai berikut.
 
 
Persyaratan:
 
1.       Memiliki pengalaman terkait proses pengolahan pisang
2.       Memiliki pengalaman  dalam mengurus ijin terkait industri rumah tangga
3.       Memiliki kemampuan dalam menyusun buku panduan atau modul pelatihan pengolahan Pisang menjadi Pisang Sale & Keripik
4.       Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menyusun laporan kegiatan maupun laporan program.
5.       Memiliki kemampuan menyampa presentasi dan berdiskusi dengan baik.
6.       Berpengalaman dan mampu bekerja dalam tim maupun secara individual secara baik, serta dapat bekerja dalam situasi tenggat waktu singkat.
7.      Mampu mengoperas computer/ laptop.
Tugas dan Tanggung Jawab:
 
1.       Pembuatan modul yang berisi:
-          Pengolahan keripik pisang dan sale pisang
-         Proses dan persyaratan untuk mendapatkan ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikasi halal
2.       Melakukan pelatihan terkait tema modul yang telah dibuat di Desa Rawasari dan Desa Sungai Rambut
3.       Melakukan pendampingan produksi usaha keripik pisang ddan sale pisang di Desa Rawasari dan Desa Sungai Rambut
4.       Melakukan proses monitoring dan evaluasi terkait usaha keripik pisang dan pisang sale yang dijalankan masyarakat di Desa Rawasari dan Desa Sungai Rambut (quality control)
Keluaran pekerjaan:
  1. Modul yang berisi pengolahan keripik pisang dan sale pisang serta syarat dan proses pengajuan ijin usaha, PIRT dan sertifikasi halal (Juni - Juli 2017)
  2. Melakukan pelatihan terkait tema modul yang telah dibuat (Agustus 2017)
  3. Laporan progress berisi pendampingan produksi usaha keripik pisang dan sale pisang, monitoring dan evaluasi produk serta kontrol kualitas produk (September – November 2017)
 
Periode Penugasan:
Staf diharapkan dapat mulai bekerja pada bulan Juni 2017 dan akan berakhir pada  bulan Desember 2017 (jumlah hari akan disesuakan dengan jadwal pelatihan di desa).
 
Lokasi  Penugasan:
Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi
 
Surat Lamaran dan CV lengkap yang sesuai dengan persyaratan dapat dikirimkan ke alamat email:  konsorsium.kemala@gmail.com. Paling lambat tanggal 10 Juni 2017 pukul 09.00 WIB.
 
Note: hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi di atas dan menyampanya dalam CV yang akan dihubungi lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment