Yayasan
Fondasi Hidup (FH) Indonesia adalah organisasi non-pemerintah independen yang
berbasis di Medan, Sumatera Utara dan beroperasi di Provinsi Sumatera Utara dan
Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat. FH Indonesia mulai bekerja di
Indonesia setelah tsunami Desember 2004 menewaskan 283.000 orang. FH Indonesia
bekerja dengan komunitas yang hancur untuk membantu mereka membangun kembali
kehidupan dan rumah mereka. Pada tahun 2011, FH Indonesia memulai pekerjaan
pembangunan jangka panjang dan saat ini kami berupaya untuk menangani semua
bentuk kemiskinan manusia, terlihat dan tak terlihat melalui mata pencaharian,
pendidikan, dan sektor kesehatan. Tujuan kami adalah meluluskan masyarakat dari
kemiskinan ekstrim.
Di
FH Indonesia, kami beroperasi di bawah seperangkat prinsip panduan yang kami
sebut "The Heartbeat" Ini mencakup Nilai, Visi, dan Tujuan kita, yang
menjadi penjelasan tentang siapa diri kami dan bagaimana kami bekerja sebagai
sebuah organisasi. Bersama-sama kita menanggapi penderitaan manusia dan
meluluskan masyarakat dari kemiskinan ekstrim.
Finance Officer (JOB CODE: FO) - Based
in Medan
Tujuan Posisi
Bertanggung jawab untuk memastikan
proses keuangan harian di FH-Indonesia khususnya kantor Medan berjalan sesuai
aturan dan kebijakan terkait Keuangan & Akuntansi, baik menurut Standar
Akuntansi Keuangan Indonesia, Standar Keuangan & Akuntansi FH, persyaratan
donor, Standar keuangan NGO & Internasional (GAAP/IFRS, dll) serta
peraturan dan perundang-undangan lainnya, dibawah supervisi dan arahan Manajer
Keuangan & Akunting; seperti: mengelola arus kas/dana untuk kebutuhan
kantor dan program, menyusun Laporan Keuangan, memastikan pengeluaran sesuai
anggaran, menyusun anggaran kebutuhan kantor, penyusunan dokumentasi keuangan,
dll
Tanggung Jawab:
·
Mengelola proses keuangan untuk kantor Medan
sesuai ketentuan;
·
Mengelola proses pembayaran atau pencairan
dana untuk pembiayaan program dan operasional kantor sesuai ketentuan
pembayaran;
·
Mengelola rekening bank organisasi khususnya
untuk kebutuhan dana rutin organisasi;
·
Melakukan konfirmasi penerimaan rekening
bank secara rutin;
·
Menyusun dokumentasi (filling) Slip Gaji
yang sudah ditandatangani oleh semua staf secara rutin;
·
Memastikan staf di kantor Medan memahami,
mengerti dan melakukan prosedur keuangan dengan baik sesuai ketentuan yang
berlaku di organisasi dan yang lazim dijalankan;
·
Melakukan kunjungan ke desa/cluster area
program organisasi sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun;
·
Melakukan pemotongan pajak terhadap
pembayaran yang berlaku ketentuan pemotongan pajak sesuai peraturan
perundang-undangan yang berlaku;
·
Membantu proses penyusunan anggaran
(budgetting) organisasi;
·
Membantu proses Audit dan Monthly/Year End
Closing (tutup buku bulanan/tahunan);
·
Mengirimkan laporan secara rutin kepada atasan;
·
Tugas lainnya yang berhubungan dengan
keuangan dan akunting yang diminta atasan.
Persyaratan:
·
Sarjana (S1) dari perguruan tinggi atau
universitas empat tahun di bidang ekonomi, keuangan atau akuntansi;
·
Pengalaman terkait sekurangnya dua tahun;
atau kombinasi pendidikan dan pengalaman yang setara;
·
Menguasai prinsip/standar akuntansi baik
standar akuntansi keuangan Indonesia maupun standar akuntansi keuangan
Internasional;
·
Menguasai system perbankan di Indonesia;
·
Menguasai system perpajakan di Indonesia;
·
Memiliki kemampuan mahir mengoperasikan
komputer, khususnya kemampuan dalam menggunakan Microsoft Office seperti Excel
dan Word, platform Google, dan teknologi informasi seperti email dan aplikasi
WhatsApp, dll;
·
Memiliki daya analisis yang baik, perhatian
terhadap akurasi/ketepatan, dan perhatian terhadap detail dan angka;
·
Memiliki kemampuan banyak (multi-tasking),
cepat belajar dan mampu bekerja independen dan berkerja dalam tim;
·
Mampu melakukan perjalanan dinas
sekurang-kurangnya 5% dari waktu bekerja selama setahun baik domestic dan
internasional (bila diperlukan)
·
Kemahiran berbahasa Indonesia secara lisan
dan tulisan, dan kemahiran berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
Kemahiran bahasa Melayu, Batak, Nias, atau Mentawai merupakan nilai tambahan.
Silahkan kirim lamaran anda beserta CV terbaru, scan
ijazah, gaji yang diharapkan dan 3 orang pemberi referensi (hp
dan email) ditujukan ke:
recruitment-ina@fh.org, dengan menyertakan JOB CODE pada Subject
Email, paling lambat 18 Maret 2018.
No comments:
Post a Comment