Thursday, November 1, 2018

TERMS OF REFERENCE Dokumentasi Proses Workshop dan Pertemuan Monitoring & Evaluasi MAHKOTA


1.    Latar Belakang

MAHKOTA (Menuju Masyarakat Indonesia yang Kokoh dan Sejahtera) merupakan program yang didanai pemerintah Australian untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan sistem perlindungan sosial untuk menurunkan kemiskinan dan ketimpangan. Sebagai sebuah program empat tahun dengan pendanaan sebesar AUD 40 juta, MAHKOTA beroperasi sebagai sebuah fasilitas yang fleksibel dalam merespon prioritas Pemerintah Indonesia, menyediakan tenaga ahli terbaik dari Indonesia maupun internasional, dan juga memberikan kesempatan bagi Pemerintah Indonesia untuk mencoba inovasi dan inisiatif reformasi kebijakan. Tujuan MAHKOTA adalah terbentuknya sistem perlindungan sosial yang komprehensif dan setara di Indonesia pada tahun 2025 dan untuk menurunkan kemiskinan dan ketimpangan.

Dukungan MAHKOTA kepada Pemerintah Indonesia diberikan terutama melalui TNP2K (Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). TNP2K merupakan badan koordinasi dibawah Wakil Presiden yang mengkoordinasi upaya penanggulangan kemiskinan lintas lima belas kementerian. Informasi lebih lanjut mengenai TNP2K tersedia di http://www.tnp2k.go.id/. TNP2K terdiri dari tiga (3) Kelompok Kerja (Pokja) dan lima (5) Unit sebagai berikut: Bantuan Sosial (Bansos), Pokaj Kesehatan, Pokja Ekonomi, Unit Basis Data Terpadu (BDT), Unit Riset dan Kebijakan, Unit Komunikasi, Unit Advokasi dan Unit Monitoring & Evaluasi.
Sebagai tambahan, MAHKOTA juga memberikan bantuan teknis kepada kementerian lembaga yang memainkan peranan kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program perlindungan sosial Pemerintah Indonesia, termasuk Kementerian Sosial dan Kementerian BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Dukungan utama kepada Kementerian Sosial diberikan untuk Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), melalui sekretariat nasional SLRT
Workshop Monitoring merupakan salah satu strategi kunci untuk mengidentifikasi dan mendokumentasi capaian pada level outcomes yang telah dihasilkan oleh fasilitas MAHKOTA melalui dukungan kepada TNP2K dan SLRT Kemensos. Staf Monitoring & Evaluasi MAHKOTA melaksanakan workshop monitoring sejak tahun 2016 untuk memfasilitasi proses penilaian dan refleksi dari TNP2K dan SLRT atas capaian pelaksanaan inisiatif, isu dan tantangan yang dihadapi, serta pembelajaran yang diperoleh. Secara internal, MAHKOTA menggunakan informasi dari workshop dan pertemuan monitoring untuk menghasilkan laporan enam bulanan ke Pemerintah Australia. Dokumentasi proses yang berkualitas tinggi diperlukan untuk menangkap informasi-informasi signifikan yang dihasilkan dari proses diskusi selama workshop dan pertemuan monitoring.
Selain itu, sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi (M&E), MAHKOTA M&E tim juga menjalankan beberapa mekanisme pertemuan reguler seperti Community of Practice para penggiat M&E dari masing-masing unit/pokja, pertemuan bulanan dengan seluruh Pokja/Unit TNP2K dan SLRT, serta workshop dengan pemangku kepentingan eksternal seperti kementerian/lembaga dan donor lain.
Menimbang hal tersebut diatas, MAHKOTA berharap untuk dapat menarik minat individu-individu dengan pengalaman untuk melakukan dokumentasi proses seperti notulensi, transkrip, pencatatan pertemuan dan pembuatan ringkasan serta laporan pertemuan, terutama terkait topik/event yang relevan dengan area kerja MAHKOTA.

2.   Tujuan

Kegiatan dokumentasi proses ditujukan untuk mendokumentasikan keseluruhan proses workshop dan pertemuan M&E MAHKOTA selama period Desember 2018 – Juni 2019 serta untuk menghasilkan ringkasan laporan workshop dan pertemuan M&E MAHKOTA.

3.   Cakupan Layanan

Individu-individu yang berminat diharapkan dapat melaksanakan tugas dan menghasilkan pekerjaan sebagai berikut:

  1. Melakukan perekaman audio dari proses workshop/pertemuan yang berlangsung sebagai backup file untuk melakukan klarifikasi dan re check dalam pembuatan laporan pertemuan/workshop.
  2. Mencatat proses pertemuan dengan detail dan kerapian yang akurat serta perhatian kepada poin-poin penting pembicaraan.
  3. Menghasilkan catatan workshop/pertemuan secara detail verbatim
  4. Menghasilkan laporan final pertemuan/workshop dengan standar yang dapat diterima

4.   Durasi

Individu-individu yang berminat, diharapkan memberikan ketersediaan waktu selama 1 – 2 hari penugasan workshop selama proses pertemuan monitoring & evaluasi yang berlangsung dalam periode Desember 2018 – Juni 2019.

5.   Deliverables

Individu-individu yang berminat diharapkan dapat memberikan jasa dan menghasilkan produk sebagai berikut:

No.KegiatanDeliverableFormal LaporanTanggal Penyelesaian
1.Briefing dengan tim MAHKOTA M&E sebelum proses workshop/meetingKehadiran dalam briefing, baik secara langsung maupun lewat percakapan telepon
Catatan yang dihasilkan sendiri atas point-point dari proses briefing awal
N/A 
Sebelum proses workshop/pertemuan
2.Pembacaan dan pengenalan terhadap topik dan isi dari proses workshop dan meetingCek list yang dihasilkan sendiri atas dokumen-dokument terkait yang diberikan oleh MAHKOTA sebagai bahan bacaan.N/ASebelum proses workshop/pertemuan
3Melakukan rekam audio dari proses workshop/meetingFile rekaman audioFile rekaman audioTanggal yang sama pada saat proses workshop/pertemuan selesai
4Melakukan peringkasan poin-poin pertemuan dalam bentuk laporanlaporan akhir catatan pertemuan/workshopHasil cross cek dengan catatan verbatim dan disubmit dalam format word dalam template yang disedikan oleh MAHKOTAuntuk proses 1 hari workshop/pertemuan, maksimum 3 hari setelah workshop/pertemuan
5Melakukan pencatatan proses pertemuan dalam bentuk verbatimCatatan verbatim pertemuan/worskhopDokumen format word dalam template dan format yang disediakan oleh MAHKOTAUntuk 1 hari workshop/pertemuan, catatan verbatim dikirimkan maksimal 3 hari setelah laporan akhir pertemuan/workshop(deliverable 5) diserahkan.

Pembayaran untuk deliverables di atas akan dilakukan melalui perhitungan delapan (8) jam kerja untuk satu hari atau 4 jam untuk setengah hari kerja. Persetujuan untuk proses pembayaran akan diberikan setelah MAHKOTA menerima dan melakukan review dari seluruh deliverables diatas.


6.   Kontrol Kualitas & Review

Individu-individu yang berminat harus dapat memastikan mekanisme jaminan kualitas secara sistematis untuk menghindari produk yang dibawah standar dan untuk meminimalisasi kesalahan pencatatan informasi. Mekanisme penjaminan kualitas tersebut termasuk:

  • Memeriksa kembali catatan ringkasan laporan pertemuan terhadap rekaman audio dari proses pertemuan / workshop;
  • Melakukan cek dan konfirmasi kepada MAHKOTA apabila terdapat hal yang perlu dikonfirmasi ulang.
  • Memastikan penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai dalam catatan verbatim dan laporan pertemuan/workshop.
  • Memberi perhatian kepada detail dan melakukan pekerjaan editing untuk mengkoreksi kesalahan ejaan atau kesalahan tulis.
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD dalam penulisan laporan pertemuan/workshop.

7.   Item yang diperlukan untuk aplikasi

Individu-individu yang tertarik dapat mengirimkan dokumen-dokumen di bawah ini ke alamat email humanresources@mahkota.or.id :
  1. CV, minimum dengan dua referees, diutamakan dari pekerjaan yang terkait
  2. Contoh hasil akhir laporan atau catatan rekam proses, diutamakan proses serupa seperti workshop dan pertemuan.
  3. Informasi mengenai rate per hari

Lamaran ditutup pada Senin, 5 November 2018, Pukul 17:00 WIB.


Mohon menuliskan format [Note Taker] [Nama Anda] pada kolom Subyek Email.

No comments:

Post a Comment