Wednesday, December 19, 2018

Call for Proposal Implementing Partner untuk Program Sepak Bola Berketahanan 2018 - 2020

Call for Proposal
Implementing Partner untuk Program Sepak Bola Berketahanan 2018- 2020
Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra dari Save the Children


I.        Latar Belakang
Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mitra dari Save the Children bekerjasama dengan Arsenal Foundation akan mengimplementasikan program Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Kaum Muda Program ini akan diimplementasikan untuk tahun 2018-2020 dengan kemungkinan perpanjangan waktu implementasi.
Dalam mengimplementasikan program tersebut, YSTC  akan membangun kemitraan dengan organisasi lokal yang memiliki visi dan misi yang sama dalam berkomitmen mencapai terobosan bagi pemenuhan hak-hak anak.  Hal tersebut dapat terjadi melalui kerja sama yang di dalamnya terdapat semangat saling belajar dan tanggung jawab.
Oleh karena itu maka, YSTC membuka peluang untuk bekerjasama dengan organisasi-organisasi lokal yang bergerak dalam pemenuhan hak-hak anak untuk bekerjasama dengan YSTC dalam mengimplementasikan program Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Kaum Muda.

II.      Lingkup Proyek

a.         Latar Belakang Proyek
Lebih dari sejuta anak berusia 10-17 tahun tinggal di Jakarta. Jakarta adalah tempat tinggal bagi kurang lebih 300 komunitas miskin kota dimana anak dan keluarga hanya hidup dengan 1 USD per hari. Anak yang tinggal di wilayah ini kadang harus bekerja sebagai pemulung, pengamen jalanan, buruh harian dalan lain-lain untuk membantu keluarga mereka bertahan hidup. Dalam melakukan kesehariannya tersebut seringkali anak mengabaikan pendidikan, kesehatan dan berada dalam potensi-potensi kerawanan yang mengancam hak-hak anak.
Bukti mengatakan bahwa 4 dari 5 anak usia 2 hingga 15 tahun di Jakarta Utara pernah mengalami gangguan emosional[1], kondisi ini bisa mengarahkan anak untuk melakukan hal-hal yang berbahaya/tidak baik seperti merokok, narkoba, perkelahian termasuk kekerasan seksual pada usia dini[2].
Kita pun mengetahui bahwa kekerasan pada anak adalah masalah kunci yang terjaadi di luar maupun dalam sekolah yang kemudian hal tersebut bisa memicu perkelahian pelajar, bullying dan sebagainya. Kondisi ini menuntut anak memiliki daya tahan/ketahanan terhadap factor buruk yang mempengaruhinya.
Selain itu, Jakarta sebagai Ibukota negara yang terus bertumbuh juga memiliki beragam masalah lingkungan yang seringkali mengancam anak. Banjir, kebakaran, dan hal lain yang memungkinkan menngganggu kesehatan, Pendidikan dan psikologis anak.
Berdasarkan kondisi tersebut, Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mitra Save the Children, bekerjasama dengan Arsenal Foundation membuat inisiatif untuk memperkuat ketahanan (resiliency) anak melalui program perlindungan anak dan pemberdayaan kaum muda di Jakarta Utara sejak 2016 di 3 RPTRA.
Di tahun 2018, YSTC dan Arsenal Foundation akan melakukan tahap kedua dari program ini. Dimana ketahanan/resiliency anak dibangun dan didukung melalui kegiatan olahraga yang dilaksanakan di RPTRA. Pada tahap kedua, pelaksanaan program akan dilakukan di 7 RPTRA yang terdapat di Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

b.         Tujuan Umum
Menggunakan kekuatan sepakbola untuk meningkatkan fisik, emosional dan kesejahtaraan mental anak usia 12-18 tahun yang terdampak perang dan kekerasan dan meningkatkan kemampuan anak untuk bertindak bagi  dirinya sendiri dan mempengaruhi kebijakan yang berpengaruh pada anak.

c.         Tujuan Khusus
Tujuan program adalah sebagai berikut:
-          Membangun ketahanan/resiliiensi anak melalui sepak bola.
Program ini akan menggunakan metode pelatihan yang dibangun oleh Save the Children bekerja sama dengan Arsenal Foundation yang dalam pelaksanaannya, anak akan mendapat beragam muatan resiliensi seperti emosi, menghargai sesame, pengambilan keputusan, dsb.
-          Penyediaan lingkungan yang aman dan akses layanan dasar.
Anak membutuhkan lingkungan yang aman untuk bersosialisasi, belajar dan bermain. Lapangan sepak bola di RPTRA merupakan salah satu wadah bagi anak untuk meluangkan waktu mereka, dimana mereka pun terjaga dengan adanya pengelola yang memberikan pengawasan.
-          Peningkatan pengetahuan dan prilaku orangtua.
Pengaruh orang dewasa khususnya orangtua tidak bisa dikesampingkan. Keterlibatan mereka bisa memperbesar dampak program bagi anak.
-          Memperkuat anak untuk dapat mempengaruhi kebijakan dan pelaksanaan kebijakan.
Untuk menyasar factor kunci yang berpengaruh pada ketahanan/resiliensi anak, YSTC akan bekerjasama dengan mitra strategis dan pengambil  keputusan baik pada level local maupun nasional, termasuk dengan mitra dari pemerintah yang memiliki pengaruh dalam perubahan kebijakan dan system.
-          Berpikir tentang masa depan dan berkelanjutan
Dampak dari program diharapkan tidak berhenti saat pelaksaan program ini selesai. Untuk itu program ini berupaya untuk memperkuat bukti nyata yang terdokumentasi dengan baik yang ke depan dapat menjadi materi dalam modeling program untuk perluasan dampak.

d.        Lokasi Program
Implementasi program akan berjalan di 7 RPTRA di Pademangan Barat, Koja, Penjaringan, Semper (North Jakarta), Cakung Barat, Cililitan (East Jakarta), Menteng Dalam (South Jakarta)

e.         Durasi Program
Pelaksanaan tahap pertama akan dilakukan pada Maret 2019-February 2020, dengan kemungkinan perpanjangan masa implementasi hingga 2021.  

f.          Target
Target penerima manfaat dari program ini adalah anak yang paling rentan dan komunitas di sekitar RPTRA dampingan.
·         Sepak bola berketahanan : anak berusia 12-18 tahun (1400 person)
·         Sepak Bola Reguler : untuk semua anak tanpa golongan usia (2100 person)
·         Forum anak
·         Komunitas dan orangtua

g.         Peran Mitra
·         Memobilisasi kaum muda untuk turut serta dalam kegiatan pengembangan yang dilaksanakan program di RPTRA, baik kegiatan pelatihan maupun kegiatan sepak bola
·         Memfasilitasi masyarakat dalam kegiatan pengembangan kapasitas, khususya yang terkait dengan issue perlindungan anak
·         Melakukan penguatan pada masyarakat dalam mendukung pembuatan mekanisme atau system perlindungan anak, khususnya di 7 RPTRA dampingan yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara
·         Bersama YSTCA membina dan membangun hubungan baik dengan mitra strategis

IV.    Kriteria Calon Mitra
Mitra terpilih YSTC disyaratkan untuk memiliki kualifikasi sebagai berikut:
a.         Memiliki badan hukum
b.         Memiliki struktur organisasi yang dilengkapi dengan personil dan program kerja organisasi
c.         Memiliki jumlah personil yang cukup untuk menjalankan implementasi program di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur
d.         Memiliki rekening organisasi yang diotorisasi atas nama 2 orang
e.         Memiliki aturan dan sistem pencatatan keuangan yang memadai
f.          Menghindari keterlibatan dalam setiap kegiatan kriminal, aktivitas-aktivitas yang melanggar hak-hak azasi manusia dan hak anak
g.         Tidak memiliki catatan pernah melakukan setiap bentuk pelecehan, diskriminasi, pelecehan fisik atau verbal, intimidasi atau eksploitasi
h.         Mitra (organisasi, pengurus dan anggota) tidak berafiliasi dengan partai politik, organisasi-organisasi atau gerakan terlarang seperti terorisme, dsb
i.           Memiliki pengalaman bekerjasama dengan organisasi Nasional, maupun Internasional
j.           Memiliki pemahaman yang kuat tentang hak-hak anak secara umum dan khususnya isu anak bekerja (keahlian dalam partisipasi anak lebih diutamakan)
k.         Berpengalaman dalam melakukan review kebijakan
l.           Bersedia mentaati kebijakan Child Safeguarding Policy YSTC

Catatan: Proses Asesmen Kelayakan Mitra secara lebih detail akan dilakukan kepada 3 calon mitra terbaik.





V.      Panduan Bentuk Proposal

Proposal ditulis singkat, dan mengambarkan strategi yang akan digunakan dalam implementasi program (silahkan menambahkan flowchart atau ilustrasi)

1.       Pengantar
a.       Gambaran tentang penerima manfaat program
Ø  Strategi dalam mengimplementasikan program bagi warga sekolah khususnya untuk anak, orangtua dan komunitas penerima manfaat program
Ø  Pelibatan komunitas dan mitra kunci dalam mengimplementasikan program agar  berkesinambungan
Ø  Bagaimana proses pendampingan yang akan dilakukan oleh lembaga mitra dalam memastikan kualitas program
Ø  Bagaimana membangun sistim kemitraan dengan stakeholder kunci dalam mengimplementasikan program, khususnya dengan SKPD, PSSI, dan lain-lain.
b.    Pengalaman lembaga dalam program pemberdayaan masyarakat khususnya dalam menjadi fasilitator implementasi program berbasis pemberdayaan masyarakat dan anak
2.       Strategi untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan program sesuai dengan detail peran lembaga mitra
3.       Strategi untuk membangun kesadaran anak, orangtua dan masyarakat dalam membangun resiliensi masyarakat khususnya anak
4.       Strategi di dalam melakukan monitoring:
·      Cara mendapatkan feedback dari anak dan komunitas penerima manfaat program
·      Cara melakukan monitoring untuk mengukur performa project ditingkat Lembaga (internal)
5.       Besaran pokok anggaran yang dibutuhkan (detail di lampiran form)
6.       Informasi mengenai pengalaman lembaga (terlampir form)
7.       Lampiran link publikasi tentang hasil kerja lembaga terkait program serupa

VI.    Kriteria Proposal
Proposal yang masuk ditelaah berdasarkan beberapa kriteria di bawah ini:
1.       Bentuk proposal mengacu pada format yang telah disiapkan dan dalam bahasa Indonesia (terlampir) dan panjang proposal maksimum 8 halaman (diluar lampiran)
2.       Desain kegiatan yang diusulkan mengacu pada pencapaian Tujuan Umum, Tujuan Khusus dan Hasil yang Diharapkan seperti yang telah disebutkan diatas
3.       Memiliki strategi dalam memastikan isu lintas sektor (gender, disabilitas, partisipasi anak dan humanitarian)
4..       Program menunjukkan inovasi-inovasi, baik dari sisi pendekatan, metode, strategi, dll.
5.       Proposal yang diajukan tidak boleh untuk memenuhi gap proposal dengan donor lain yang sedang dijalankan oleh mitra/CSO bersangkutan. Namun sebaliknya proposal bisa saja merupakan tindak lanjut dari rencana aksi project sebelumnya namun harus sejalan dengan milestone/panduan garis besar program yang disebutkan di atas
6.       Total budget yang diajukan tidak lebih dari Rp 450,000,000,- /tahun
Persentase komposisi budget untuk dukungan kebutuhan operasional (personal dan kebutuhan operasional kantor) dan kebutuhan program adalah 35 : 65



VII.  Proses Seleksi

Proses seleksi proposal:
Kegiatan
Tanggal
1.       Calon Organisasi Mitra yang berminat mengirimkan lamaran dan proposal.
15 – 31 Dec 2018
2.       Proses review proposal, anggaran dan kelengkapannya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan untuk memilih (3 kandidat terbaik)
5 Jan – 12 Jan 2019
3.       Assessment mitra oleh pihak YSTC bagi 3 mitra terbaik
14 Jan – 1 Feb 2019
4.       Penentuan mitra terpilih
6 Feb 2019
5.       Pengembangan rencana kegiatan dan budget bersama mitra terpilih
11 Feb – 22 Feb 2019
6.       Persetujuan akhir dan pembuatan MoU oleh kedua belah pihak
25 Feb 2019

.
VIII.            Tenggang Waktu dan Ketentuan Penyampaian Proposal
1.       Mengisi surat pendaftaran sesuai yang telah disiapkan
2.       Dokumen proposal, surat pendaftaran dan profil organisasi (termasuk dilengkapi dengan pengalaman bekerjasama dengan pihak lain untuk project tertentu) dikirimkan ke email Proposal dikirim melalui email ke : Procurement..indonesia@savethechildren.org
3.       Batas waktu memasukan proposal pada tanggal 31 Desember 2018, pukul 17.00 WIB

                 Untuk Informasi, silahkan kontak : Awards.Indonesia@savethechildren.org
              Atau dapat dilihat di https://www.stc.or.id/join-us/tender


IX.                Lampiran 

1.       Lampiran  1                 : Format proposal
2.       Lampiran  2                 : Format  Rincian anggaran dan Rencana Kerja
3.       Lampiran  3                 : Logika Kerangka Kerja
4.       Lampiran  4                 : Profile Singkat Organisas
__._,_.___

1 comment:

  1. Play AduQ, Bandar Poker, Play BandarQ, Capsa Susun, Play DOmino99, Play Poker, Sakong, bandar66.
    Pembawa hoki dalam kehidupan anda, gampang dapat JP dan gampang mainnya.
    Dilayani oleh CS profesional dan seksi 24JAM nonstop.
    hanya dengan min deposit 10rb anda sudah bisa bermain dengan banyak keuntungan.

    ReplyDelete